Ethiopian Airlines Jatuh, Pesawat yang Dipakai Setipe Lion Air JT610

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 11 Maret 2019 11:50
Ethiopian Airlines Jatuh, Pesawat yang Dipakai Setipe Lion Air JT610
Seluruh penumpang dan kru berjumlah 157 orang tewas.

Dream - Boeing 737 Max 8 kembali jadi sorotan publik usai jatuhnya pesawat milik maskapai Ethiopian Airlines kode penerbangan 302. Pesawat itu jatuh dan menewaskan 157 orang pada Minggu, 10 Maret 2019.

Boeing 737 Max 8 merupakan tipe pesawat serupa dengan milik Lion Air JT610. Diketahui, JT610 jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat pada Senin, 29 Oktober 2018.

Terkait insiden ini, pihak Boeing menyampaikan duka cita mendalam.

" Boeing berduka cita sedalam-dalamnya atas kecelakaan yang menimpa penumpang dan kru pesawat Ethiopian Airlines bernomor 302, sebuah pesawat 737 Max 8," demikian pernyataan resmi Boeing, dikutip dari The Washington Post, Senin 11 Maret 2019.

Produsen pesawat ini menyiapkan tim untuk asistensi investigasi. " Kami turut bersimpati kepada keluarga penumpang dan kru, yang ditinggalkan," kata Boeing.

 

1 dari 1 halaman

Boeing Terjunkan Investigator

Chief Executive Officer (CEO) Boeing, Dennis Muilenburg, berjanji mempelajari penyebab kecelakaan tersebut. Produsen pesawat asal Amerika Serikat ini juga bakal meningkatkan sistem keamanan.

" Kami akan mempelajari kecelakaan ini dan terus meningkatkan catatan keamanan (Boeing 737 Max 8)," kata Muilenburg dalam keterangan tertulisnya.

Otoritas kecelakaan penerbangan Addis Ababa telah menerjunkan tim untuk menggelar investigasi terkait jatuhnya pesawat ini. Hingga saat ini, penyebab jatuhnya pesawat tersebut masih dalam pelacakan.

Sebagai catatan, pada Oktober 2018, Lion Air dengan kode pesawat PK-LQP jatuh di Tanjung Karawang. Insiden itu menyebabkan 189 orang tewas.

Pesawat tersebut merupakan generasi terbaru dari seri 737 yang oleh Boeing diberi kode tipe MAX 8. Dugaan sementara, pesawat tersebut jatuh akibat kerusakan pada sensor ketinggian.

Sementara, pesawat kode 302 merupakan salah satu dari lima unit Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikan Ethiopian Airlines. Kabarnya, maskapai asal Ethiopia itu tengah memesan 25 unit pesawat tersebut.(Sah)

Beri Komentar
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival