Terkuak, Trik Nekat Penyelundup Smartphone Kelabui Petugas

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 20 Juni 2016 11:13
Terkuak, Trik Nekat Penyelundup Smartphone Kelabui Petugas
Mereka menyelundupkannya dengan cara...

Dream - Polisi di Shenzen kembali mencekal penyelundup smartphone. Mereka menyelundupkan piranti teknologi ini dengan melilitkannya di tubuh mereka.

Tak tanggung-tanggung, ponsel pintar yang diselundupkan ini adalah iPhone dan Samsung Galaxy S7 Edges. Ratusan gawai (gadget) yang diselundupkan ini ditaksir mencapai 1,3 yuan atau US$200 ribu (Rp2,64 miliar).

Dilansir dari Shanghaiist, Senin 20 Juni 2016, petugas pemeriksaan (checkpoint) mencurigai ada seorang pria yang berjalan dengan mencurigakan ketika melewati sistem keamanan. Setelah alat pendeteksi logam milik petugas berbunyi, pria itu kedapatan membawa 35 ponsel yang dililitkan di kaki dan pinggangnya.

Rupanya, dia tak sendirian. Ada enam orang penyelundup yang juga tertangkap petugas di pos pemeriksaan. Sekadar informasi, para penyelundup itu berusaha memasukkan smartphone ilegal dari Hong Kong ke China daratan untuk membuat keuntungan yang besar.

Sebelumnya, polisi juga menangkap penyelundup yang menggunakan cara ini. Bedanya, yang diselundupkan adalah uang tunai US$74 ribu atau Rp979,21 juta. Menurut aturan di Tiongkok, maksimal uang tunai yang boleh dibawa ke luar Tiongkok sebesar US$5 ribu atau Rp66,16 juta.

Lebih dari itu, yang bersangkutan harus mengantongi sertifikat bank yang dikeluarkan oleh otoritas. Sertifikat inilah yang tidak dimiliki pria paruh baya ini.

Beri Komentar