Raih Sertifikasi, Takaful Keluarga Perkuat Posisi di Industri

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 3 Mei 2019 15:44
Raih Sertifikasi, Takaful Keluarga Perkuat Posisi di Industri
Sertifikasi ini bisa meningkatkan nilai kompetitif perusahaan.

Dream – Takaful Keluarga mendapatkan sertifikasi SMM ISO 9001:2015. Dengan sertifikasi ini, perusahaan itu memperkuat posisinya di industri asuransi syariah.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 3 Mei 2019, sertifikasi SSM ISO 9001:2015 untuk ruang lingkup sertifikasi Provision for Life Insurance.

Penyerahan Sertifikasi SMM ISO 9001: 2015 ini dilakukan oleh Vice President SBU Serco PT SUCOFINDO (Persero), Triyan Aidilfitri, badan sertifikasi yang melakukan resertifikasi audit ISO kepada Direktur Utama PT Asuransi Takaful Keluarga, Arfandi Arief di Graha Takaful Indonesia, Kamis 2 Mei 2019.

Arfandi mengatakan, dengan sertifikasi itu, Takaful Keluarga telah memenuhi tuntutan prinsip SSM ISO 9001:2015, yaitu customer focus, leadership, process approach, engagement of people, improvement, evidence based decision making, dan relationship management.

Pencapaian Sertifikasi SMM ISO 9001:2015 ini, tambah Arfandi, menjadi wujud komitmen dalam memberikan layanan prima dan menerapkan prosedur operasi berstandar internasional mulai dari penerbitan polis, pembayaran kontribusi, pengelolaan investasi, hingga pelayanan klaim.

“ Pencapaian sertifikasi ISO 9001:2015 juga akan meningkatkan nilai kompetitif perusahaan khususnya asuransi syariah yang saat ini belum begitu banyak dimiliki asuransi lain sehingga tentunya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat,” kata pria yang akrab dipanggil Angki.

Dengan sertifikasi ini, Angki memastikan efektivitas dan efisiensi di tingkat operasional perusahaan melalui pendekatan manajerial yang kolaboratif, inovatif, bertindak berdasarkan data yang valid dan andal, mengutamakan kepuasan customer, serta mengoptimalisasi pemanfaatan teknologi informasi untuk kecepatan dan akurasi proses bisnis.

Selanjutnya, dengan adanya prosedur operasi berstandar internasional lewat jaminan sertifikasi SMM ISO 9001:2015 ini diharapkan dapat menambah daya saing perusahaan dalam industri asuransi serta meningkatkan kepercayaan masyarakat akan asuransi syariah.

“ Untuk bisnis korporasi dan bancassurance, sertifikasi ini menjadi bukti komiten kami dalam meningkatkan layanan terhadap mitra bisnis. Di samping itu, juga menjadi nilai tambah perusahaan dalam bisnis korporasi dan bancassurance yang mensyaratkan adanya sertifikasi sistem manajemen mutu untuk menjalin kemitraan,” kata dia.

Sekadar informasi, pada kuartal I 2019, Takaful Keluarga mencatatkan kinerja positif dengan menunjukkan pertumbuhan kontribusi tabaru sebesar 12 persen daripada kuartal I 2018. Dalam hal solvency, perusahaan juga menunjukkan peningkatan rasio solvabilitas dana tabarru dan dana tanahud dari 174,83 persen pada 2017 menjadi 307,49 persen pada 2018.

1 dari 3 halaman

Rebranding Logo, Takaful Keluarga Bidik Premi Rp3 Miliar

Dream – Potensi industri asuransi jiwa syariah di tanah air masih sangat besar. Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) mencatat tujuh bulan pertama tahun ini, penetrasi asuransi jiwa syariah meningkat dari posisi sama tahun lalu sebesar 0,076 persen menjadi 0,1 persen.

Meski masih di bawah 5 persen, angka penetrasi asuransi jiwa syariah terus tumbuh seiring meningkatnya permintaan.

Salah satu asuransi syariah, Takaful Keluarga, mendorong peningkatan penetrasi asuransi jiwa syariah. Caranya dengan melakukan transformasi logo (rebranding) dan meluncurkan produk terbarunya, Takaful Falah.

Dikutip dari keterangan tertulis Takaful Keluarga yang diterima Dream, Direktur Utama PT Asuransi Takaful Keluarga, Arfandi Arief, mengatakan transformasi logo ini bertujuan untuk menyegarkan perusahaan dan memberikan pengalaman baru kepada nasabah.

Perusahaan ini juga meluncurkan produk terbarunya Takaful Falah Series serta layanan Customer Portal yang dapat diakses melalui www.takaful.co.id.

“ Kami menargetkan Takaful Keluarga tidak hanya sebagai pelopor asuransi syariah di Indonesia tapi menjadi pilihan pertama dan market leader dalam industri asuransi jiwa syariah yang menghadirkan one-stop sharia life insurance solution untuk seluruh masyarakat Indonesia,” kata Arfandi di Jakarta.

Sekadar informasi, asuransi Takaful Falah Series ini meliputi Takaful Falah Proteksi dan Takaful Falah Saving. Produk asuransi terbaru ini menawarkan dua manfaat, yaitu proteksi finansial dan dana tabungan.

Takaful Falah Proteksi memprioritaskan proteksi finansial bagi nasabah atas risiko hidup, sementara Takaful Falah Saving mengutamakan pengembangan dana yang optimal lewat tabungan. Unsur proteksi pada Takaful Falah menggunakan akad tabarru, sedangkan unsur investasinya menggunakan akad mudharabah.

2 dari 3 halaman

Jawab Kebutuhan Nasabah

Direktur Operasional PT Asuransi Takaful Keluarga, Yurivanno Gani, mengatakan masyarakat membutuhkan solusi perlindungan jiwa dan perencanaan investasi yang sederhana, aman serta sesuai syariah. Hal ini bertujuan agar tujuan keuangannya tercapai.

“ Takaful Falah mencoba menjawab kebutuhan customer yang ingin berasuransi sambil menabung. Jika hanya menabung, maka hanya akan mendapatkan sejumlah saldo tabungan, sedangkan Takaful Falah tidak hanya memberikan saldo tabungan saja, tetapi juga manfaat dari tolong menolong untuk proteksi finansial atas risiko hidup sesuai kebutuhan,” kata kata Yurivanno.

Dia mengatakan Takaful Falah membidik nasabah ritel dengan profil investasi konservatif sampai moderat yang ingin berasuransi sambil menabung. Produk asuransi ini dipasarkan dengan nilai kontribusi mulai dari Rp300 ribu dan manfaat proteksi finansial (Manfaat Takaful) mulai dari Rp150 juta.

Apabila usia customer mencapai akhir masa perjanjian asuransi, maka yang diterima adalah manfaat dana tabungan. Sementara bila terjadi risiko hidup pada customer dalam masa akad asuransi, maka yang diterima berupa manfaat proteksi finansial (Manfaat Takaful) ditambah saldo dana tabungan yang terbentuk.

3 dari 3 halaman

Bidik Rp3 Miliar dari 300 Premi

Yurivanno menargetkan ada 300 tambahan polis dengan premi senilai Rp3 miliar pada 2018. Hingga 2019, Takaful Keluarga menargetkan tambahan polis baru senilai Rp20 miliar.

Di sisi lain, untuk meningkatkan layanannya Takaful Keluarga juga memperkenalkan Customer Portal yang dapat diakses melalui www.takaful.co.id. Dia mengakan kehadiran Customer Portal Takaful Keluarga bisa menjawab kebutuhan layanan asuransi yang mudah dan cepat.

Melalui layanan Customer Portal, nasabah dapat dengan mudah mengakses informasi polis, klaim, dan tabungan/investasi mereka baik melalui komputer maupun gadget. Informasi yang bisa diperoleh meliputi informasi data diri peserta, polis, klaim dan progres klaim, saldo tabungan dan unit link, serta laporan investasi tahunan. Tidak hanya melalui Customer Portal, upaya optimalisasi digital juga dilakukan Takaful Keluarga melalui pengembangan layanan customer di media sosial.

“ Kami berupaya menghadirkan pengalaman berasuransi terbaik dengan mengedepankan kemudahan, kecepatan, serta kepraktisan dalam mengakses produk dan layanan Takaful,” kata dia. 

Beri Komentar