Ajakan Benci Produk Asing Ramai Dibahas, Jokowi: Boleh Kan?

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 5 Maret 2021 12:45
Ajakan Benci Produk Asing Ramai Dibahas, Jokowi: Boleh Kan?
Jokowi ingin mendorong penggunaan produk dalam negeri yang lebih dominan.

Dream - Presiden Joko Widodo menanggapi ramainya tanggapan terkait pernyataannya mengajak untuk benci produk asing. Menurut Jokowi, semua pihak boleh menentukan pilihan terhadap suatu produk.

" Boleh saja kita ngomong tidak suka pada produk asing, tidak suka. Masak kita enggak boleh bilang tidak suka, kan boleh saja?" ujar Jokowi dalam sambutannya membuka Rapat Kerja Nasional XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), disiarkan channel YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi juga menyinggung riuhnya komentar mengenai pernyataannya. Dia meminta publik tidak terlalu mempersoalkan pernyataannya.

" Saya ngomong benci produk asing gitu saja ramai. Boleh kan kita tidak suka dengan produk asing?" kata dia.

Pernyataan Jokowi disampaikan dengan maksud mengajak semua pihak lebih cinta produksi dalam negeri. Sehingga dapat mengurangi penggunaan produk-produk impor.

" Untuk bangga terhadap produk Indonesia," kata Jokowi.

1 dari 1 halaman

Harga dan Kualitas Harus Baik

Jokowi menerangkan untuk menuju loyalitas terhadap produk dalam negeri, terdapat syarat-syarat yang harus terpenuhi. Baik harga maupun kualitas.

" Kalau harganya kompetitif, tentu saja. Kalau kualitasnya baik, tentu saja," kata dia.

Dari sisi produsen, Jokowi mendorong harus terus memperbaiki kualitas. Termasuk pengemasan dan desain produk.

" Kita juga senang, kalau dulu kita banyak impor, misalnya serat rayon, impor bijih plastik, sekarang sudah diproduksi di dalam negeri," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyatakan selalu memperbesar penggunaan komponen dalam negeri dalam proyek-proyek di lembaga negara maupun BUMN. Dia menegaskan jangan sampai proyek BUMN menggunakan komponen impor.

" Kalau itu bisa dikunci, itu menaikkan permintaan produk dalam negeri yang tidak kecil, gede banget," ucap Jokowi.

Beri Komentar