Ilustrasi Belanja Online.
Dream – Pandemi Covid-19 juga berdampak pada cara belanja masyarakat. Kini banyak orang memilih memenuhi kebutuhan secara online. Di tengah berlangsungnya imbauan #dirumahaja para pelanggan mulai beralih ke platform e-commerce untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Selain pertumbuhan yang terjadi untuk kebutuhan produk makanan dan produk kebersihan sehari-hari yang banyak dicari pelanggan, ada juga pertumbuhan barang-barang kategori lain yang marak dicari.
Dikutip dari keterangan tertulis Blibli, Sabtu 16 Mei 2020, kategori-kategori lainnya adalah Komputer & Laptop, Peralatan Elektronik, Home & Living, dan produk Handphone & Tablet. Keempat kategori produk tersebut menyediakan berbagai pilihan produk yang banyak digunakan untuk mengisi aktivitas sehari-hari di rumah.
Berikut ini adalah rinciannya:
Kategori ini tumbuh karena ada perubahan pola aktivitas bekerja dan mencari hiburan yang dilakukan selama WFH dan stay at home. Semua kategori produk komputer dan laptop tumbuh, termasuk komputer, printer & refill, dan juga peralatan gaming (termasuk gaming laptop) tercatat sebagai tiga produk dengan pertumbuhan tertinggi sejak diterapkannya WFH.
Produk aksesoris komputer dan peralatan gaming mengalami pertumbuhan sebesar dua kali lipat bila dibandingkan sebelum diberlakukannya WFH.
Kategori peralatan elektronik yang menyediakan kebutuhan perlengkapan elektronik rumah tangga juga mengalami pertumbuhan yang positif. Tiga produk yang paling banyak diburu oleh pelanggan untuk kategori ini termasuk produk microwave dan oven, produk perlengkapan dapur, serta perangkat kualitas udara yaitu produk air purifier.
Tercatat produk microwave dan oven naik tiga kali lipat karena pelanggan lebih banyak melakukan kegiatan di rumah. Khususnya, untuk mempersiapkan makanan sehari-hati.
Kategori Home and Living yang menyediakan peralatan dan perlengkapan rumah tangga mencatat pertumbuhan selama masa WFH diberlakukan. Tiga produk yang paling banyak dicari oleh pelanggan selama masa WFH termasuk produk perlengkapan dapur, perlengkapan ruang keluarga, serta peralatan taman dan aktivitas luar ruang.
Data Blibli mencatat pertumbuhan yang signifikan sebanyak empat kali lipat untuk perlengkapan dapur setelah masa WFH berlangsung.
Dari sisi kategori Handphone & Tablet, data Blibli menunjukkan 3 produk yang paling banyak dicari selama pelanggan beraktivitas di rumah termasuk produk wearables, produk tablet, produk aksesoris handphone. Adapun pertumbuhan transaksi selama masa WFH berlaku dibandingkan fase sebelum beraktivitas di rumah, Blibli mencatat pertumbuhan yang cukup signifikan yaitu di produk wearables di mana tumbuh sebesar tiga kali lipat.
“ Kami melihat tren pertumbuhan positif terkait perubahan prilaku konsumen dalam berbelanja yang mulai berpindah ke platform e-commerce yang sebelumnya ragu untuk bertransaksi secara online,” kata Executive Vice President of Consumer Electronic Category Blibli, Wisnu Iskandar, di Jakarta.
Selama bulan Ramadhan ini, Blibli juga menghadirkan program promo bertajuk #RamadanLebihBaik. Promo Ramadan dari Blibli tahun ini menghadirkan berbagai macam promo menarik termasuk diskon hingga 90 persen voucher belanja dengan total nilai miliaran rupiah, penawaran brand deals setiap hari, dan gratis ongkir untuk semua produk selama promo #RamadanLebihBaik berlangsung.
Selain itu, pelanggan Blibli juga dapat memainkan game Sebar Pahala yang dapat diakses melalui aplikasi Blibli di perangkat smartphone untuk meraih kesempatan mendapatkan berbagai macam voucher. Misalnya, Voucher Kebaikan diskon hingga 90 persen, Voucher Bagi-Bagi Ketupat dengan nilai hingga Rp500 ribu dan Voucher Mudik Online dengan nilai hingga Rp200 ribu.
“ Blibli terus berkomitmen untuk menghadirkan berbagai pilihan produk dengan kualitas terdepan, fasilitas gratis ongkir, kemudahan pembayaran, dan juga menjaga keamanan data dalam sistemnya agar pelanggan Blibli dapat dengan dapat terus melakukan kegiatan rutin di rumah dan tetap dapat mengisi waktu luang di setiap harinya,” kata Wisnu.
Advertisement
4 Komunitas Seru di Depok, Membaca Hingga Pelestarian Budaya Lokal
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
UU BUMN 2025 Perkuat Transparansi dan Efisiensi Tata Kelola, Tegas Anggia Erma Rini
Masa Tunggu Haji Dipercepat, dari 40 Tahun Jadi 26 Tahun
Viral Laundry Majapahit yang Bayarnya Hanya Rp2000
Azizah Salsha di Usia 22 Tahun: Keinginanku Adalah Mencari Ketenangan
Throwback Serunya Dream Day Ramadan Fest bersama Royale Parfume Series by SoKlin Hijab
Benarkah Gaji Pensiunan PNS Naik Bulan Ini? Begini Penjelasan Resminya!
Timnas Padel Indonesia Wanita Cetak Sejarah Lolos ke 8 Besar FIP Asia Cup 2025
Hore, PLN Berikan Diskon Tambah Daya Listrik 50% Hingga 30 Oktober 2025
Ada Mobil Listrik di Konser Remember November Vol.3 - Yokjakarta
75 Ucapan Hari Santri Nasional 2025 yang Penuh Makna dan Bisa Jadi Caption Media Sosial
4 Komunitas Seru di Depok, Membaca Hingga Pelestarian Budaya Lokal