Upgrade Skill Santri, 1.000 Balai Latihan Dibangun di Ponpes

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 8 Februari 2019 18:20
Upgrade Skill Santri, 1.000 Balai Latihan Dibangun di Ponpes
Pemerintah juga akan menyediakan fasilitas kerja dan pelatihan di balai latihan usaha.

Dream – Tak hanya Bank Wakaf Mikro (BWM), pemerintah juga membangun balai latihan kerja di berbagai pondok pesantren. Tahun ini, pemerintah berencana membangun seribu balai latihan usaha (BLU) di pondok-pondok pesantren.

“ Memang baru seribu, tapi itu jumlahnya banyak,” kata Presiden Joko Widodo, dikutip dari setkab.go.id, Jumat 8 Februari 2019.

Presiden yang karib disapa Jokowi ini mengatakan, balai latihan usaha yang dibangun ini berupa gedung dan fasilitas. BLU ini menyesuaikan permintaan pondok pesantren.

“ Sebuah pondok ingin skill yang ingin di-upgrade garmen, ya berarti kita berikan di situ peralatan yang berkaitan dengan garmen atau pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan garmen,” kata dia.

Bagi yang menginginkan teknologi informasi, pemerintah juga menyiapkan peralatan yang berhubungan dengan IT. Begitu pula dengan industri kreatif. Pemerintah akan menyiapkan BLU untuk industri ini.

“ Yang seribu (ini) nanti kami evaluasi, kami koreksi,” kata dia.

1 dari 1 halaman

Dorong Ekonomi Umat

Jokowi menambahkan, pemerintah juga telah mengembangkan hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi keumatan, seperti membangun BWM. Dia mengklaim perekonomian umat membaik setelah keberadaan pinjaman dari BWM.

“ Yang dulunya misalnya di lingkungan itu ada bakso di gerobak, setelah mendapatkan pinjaman dari Bank Wakaf Mikro bisa memiliki warung, jualan di warung. Yang dulunya jualan gorengan, setelah mendapatkan bantuan dari Bank Wakaf Mikro bisa berjualan gorengan dan nasi uduk,” kata dia.

Mantan walikota Solo ini menambahkan, BWM ini memang menyasar pelaku usaha super mikro seperti penjual bakso dan gorengan.

“ Kami mendirikan di pondok-pondok yang memiliki lingkungan komunitas bisnis yang baik, sehingga berkembanglah ekonomi umat. Karena saya juga cek langsung ke beberapa pondok yang berjalan ini, Alhamdulillah sangat baik,” kata dia.

Beri Komentar
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida