Negara Lain Cuma Menteri, Ini Alasan Jokowi Pimpin Langsung KNKS

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 8 Februari 2019 19:20
Negara Lain Cuma Menteri, Ini Alasan Jokowi Pimpin Langsung KNKS
Kalau di negara lain, ketua komite keuangan syariah adalah menteri.

Dream – Pemerintah Indonesia membentuk Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).  Untuk menunjukan komitmennya mengembangkan keuangan syariah di Indonesia, komite ini langsung dipimpin oleh presiden.

Keberadaan presiden dalam sebuah komite termasuk langka diantara negara-negara lain di dunia. Biasanya komite keuangan syariah hanya dipimpin pejabat setingkat menteri.

Dikutip dari setkab.go.id, Jumat 8 Februari 2019, Jokowi mengatakan keuangan syariah Indonesia baru 5 persen, sedangkan Malaysia sudah 23 persen, Arab Saudi 51 persen, dan Uni Emirat Arab 19 persen.

Kenapa saya sendiri? Saya melihat Indonesia sebagai sebuah negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia,” kata dia di Jakarta.

Jokowi mengatakan Indonesia merupakan pasar yang besar untuk ekonomi dan keuangan syariah. Tapi, pangsa pasarnya kalah dari Inggris, Perancis, dan Korea.

“ Ini ada sesuatu yg harus kita benahi, kita perbaiki. Penduduk kita 260 juta. 87 persen kita muslim, artinya sekali lagi Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia tapi keuangan syariahnya baru 5 persen, ini ada sesuatu,” kata dia.

Kalau sudah jalan, kata Jokowi, dia akan menyerahkan KNKS kepada menteri yang terkait. Mantan gubernur DKI Jakarta ini menyebut KNKS tidaklah mudah atau gampang. Ada banyak hal yang harus diluruskan.

“ Sehingga saya juga pengen ngerti ini ada tantangannya di mana, hambatannya di mana, saya pengen ngerti, sudah saya ketuai sendiri,” kata dia.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
TOP 3 | Iriana Jokowi Bersih-Bersih Pantai Ambon