Kisah Hijrah Bisnis Hotel Sofyan Corp yang Pernah Dikenal Karena Diskotiknya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 27 November 2018 15:15
Kisah Hijrah Bisnis Hotel Sofyan Corp yang Pernah Dikenal Karena Diskotiknya
Merintis usaha hotel syariah, pada awalnya, tidaklah mudah.

Dream – Fenomena hijrah selama ini dikenal sebagai proses perubahan seseorang menuju cara hidup yang lebih syariah. Dalam skala besar, keputusan hijrah juga dilakukan sebagiah entitas bisnis.

Tak seperti manusia sebagai individu, proses hijrah di sebuah perusahaan tak selamanya berjalan mulus. Apalagi jika selama ini melekat label usaha yang sama sekali jauh dari kata syariah.

Pengalaman inilah yang dirasakan Chairman Sofyan Corp, Riyanto Sofyan. Pemilik jejaring bisnis hotel ini awalnya mengelola hotel konvensional. Tak hanya itu, hotel syariah di masa  lalu dikenal karena kehadiran diskotik dan barnya. 

Di tahun 1992 semua berubah. Sofyan hotel berhijrah. Bagi manajemen, mengubah haluan bisnis konvensional ke bisnis halal tak semudah membalik telapak tangan. Apalagi situasi saat itu sama sekali berbeda dengan era masa kini.

“ Era tahun 90-an pun masih belum banyak yang kenal bisnis halal dan perempuan belum banyak berhijab seperti sekarang ini”, kata dia di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 27 November 2018.

Kini 26 tahun telah berlalu. keputusan Sofyan mengubah haluan menampakkan hasil. Meski Riyanto mengatakan jika perjalanan menjalankan bisnis halal  harus dilalui dengan mengubah paradigma bisnis. Inilah pekerjaan besar yang harus diselesaikannya di awal  berhijrah. 

“ Paradigma bagaimana cara mendapatkan keuntungan yang bersih dan halal harus dapat diterapkan oleh pebisnis, seperti menolak dengan halus untuk tamu-tamu yang akan berbuat tidak sepatutnya, atau hal-hal kecurangan yang berisiko menghasilkan rezeki yang tidak halal,” kata dia.

Tak hanya lini bisnis yang sehat, Sofyan Corp juga harus membimbbing sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki. Sofyan Corp juga mendirikan beberapa institusi pendidikan Islam, seperti Madina Islamic School dan SDIT Amal Mulia.

Cikal bakal Sofyan Corp diawali dari bisnis perhotelan bernama Sofyan Hotel hingga sekarang berkembang menjadi empat sektor diantaranya jasa perhotelan dan pariwisata, pendidikan, properti, dan CSR.

Di sektor perhotelan, Sofyan Corp memiliki dua puluh porto folio pengelolaan hotel halal yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain jasa perhotelan, Sofyan Corp juga melakukan ekspansi di usaha tour and travel.

1 dari 1 halaman

Sofyan Hotel, Pionir Hotel Berkonsep Syariah di Indonesia

Dream - Semakin banyaknya wisatawan muslim dunia yang hobi melakukan aktivitas traveling, membuat industri wisata halal kian populer belakangan ini. Termasuk di Indonesia.

Para pelaku industri pariwisata pun tak mau melewatkan peluang ini. Mereka bersaing ketat menelurkan berbagai inovasi demi menggaet wisatawan muslim. Namun tentu saja, mereka yang muncul sebagai pionir dan unggul dalam hal pelayanan lah yang tampil sebagai juaranya.

Seperti Sofyan Hotel yang merupakan hotel pertama di Indonesia yang mengusung konsep syariah. Sofyan Hotel layak menjadi pilihan para wisatawan muslim yang mendambakan kenyamanan maksimal, namun tetap ingin menjaga prinsip-prinsip syari selama menginap.

Sofyan Hotel memiliki restoran yang menyajikan makanan halal yang telah bersertifikasi MUI. Untuk sajian bar misalnya, hanya meracik minuman herbal dan non-alkohol. Di hotel ini tersedia pula fasilitas kebugaran Fitness Center. Selain itu, di setiap kamar juga disediakan sajadah dan kitab suci Alquran.

 sofyan hotel© dream

Kualitas dari beragam fasilitas dan layanan Sofyan Hotel telah diakui banyak pihak. Tak heran jika hotel ini pun sukses menyabet sederet penghargaan pariwisata di level nasional bahkan global.

Pada 2015 misalnya, salah satu hotel milik jaringan Sofyan Hotels, Sofyan Hotel Betawi berhasil dinobatkan sebagai World's Best Family Friendly Hotel dalam ajang bergengsi internasional World Halal Travel Award 2015.

Selain kualitas dan sederet penghargaan yang diraih, hal lain yang menjadi keunggulan Sofyan Hotel adalah lokasinya yang strategis. Lokasi Sofyan Hotel Betawi contohnya, terletak di Jalan Cut Mutia No. 9 Menteng, Jakarta Pusat.

Lokasi ini begitu strategis. Mudah mengakses Stasiun Kereta Api Gambir serta berjarak cukup dekat dengan Monumen Nasional, Pusat Perbelanjaan Tanah Abang, Pusat Pemerintahan, Istana Negara, dan Kantor Gubernur DKI.

Ada pula Sofyan Inn Tebet yang lokasinya tak kalah strategis. Yakni di Jalan Dr. Soepomo No. 23, Tebet, Jakarta Selatan. Hotel satu ini dekat dengan Mall Kota Casablanka, Kebon Binatang Ragunan, hingga Bandara Halim Perdana Kusuma.

Melihat berbagai keunggulan yang ditawarkan, Sofyan Hotel bisa jadi pilihan menginap paling tepat bagi wisatawan muslim selama liburan. Informasi selengkapnya terkait Sofyan Hotel bisa Anda lihat di sini.    

[crosslink_1]

Beri Komentar
Masak Pintar dengan SHARP bersama Chef Deny Gumilang | Online Dream Camp 2020