Tahun Ini, Afrika Jadi Tuan Rumah Pertemuan Ekonomi Islam

Reporter : Ramdania
Senin, 8 Juni 2015 10:20
Tahun Ini, Afrika Jadi Tuan Rumah Pertemuan Ekonomi Islam
Pertemuan IDB Tahun ini akan diselenggarakan di Afrika. Ini bukti tumbuhnya perekonomian Islam di benua hitam tersebut.

Dream - Dr Ahmad Mohamed Ali, presiden Bank Pembangunan Islam (IDB), menyatakan bahwa persiapan telah dilakukan kelompok IDB untuk menggelar pertemuan tahunan, yang dijadwalkan berlangsung tahun ini di Maputo, Republik Mozambik.

Seperti dikutip dari GNN Liberia, Senin, 8 Juni 2015,Ini adalah pertama kalinya pertemuan Dewan Gubernur IDB terjadi di bagian paling selatan Afrika. Wilayah ini menjadi prioritas IDB dalam program dan rencana pembangunannya.

IDB telah beberapa kali menggelar pertemuan di sejumlah negara anggota di Barat, Timur dan Utara Benua Afrika. Ini menunjukkan komitmen IDB untuk mendukung upaya pembangunan di benua itu.

Pertemuan, yang dimulai pada Rabu, 10 Juli 2015, akan dibuka oleh Nyusi Filipe, Presiden Republik Mozambik dan akan dihadiri oleh para menteri dan pejabat senior pemerintah Mozambik. Pertemuan ini juga dihadiri oleh menteri keuangan dan urusan ekonomi dari 56 negara anggota IDB.

Selain itu, pertemuan dan acara sampingan juga akan dihadiri oleh sejumlah besar perwakilan dari sektor publik dan swasta di negara-negara anggota, lembaga pembiayaan internasional dan regional, bank syariah, federasi dari kontraktor dan konsultan serta bank pembangunan nasional dan pendanaan di negara Muslim.

Pertemuan tahunan Dewan Gubernur yang memasuki episode 40 ini akan membahas sejumlah masalah dan laporan penting. Seperti laporan tentang kerangka kerja strategis sepuluh tahun IDB, yang telah disetujui oleh Dewan Gubernur tahun lalu di Jeddah.

Dalam kerangka kerja tersebut IDB akan bereaksi lebih efektif untuk perkembangan sosial dan ekonomi di negara-negara anggotanya.

Agenda lainnya adalah laporan tahunan ke-40 dari IDB dan pembahasan audit tahunan IDB yang meliputi rekening, program dan dana khusus.

Di samping pertemuan Dewan Gubernur tahunan ke-40, IDB juga menjadi ajang pertemuan tahunan anggotanya, seperti Islamic Corporation for the Insurance of Investment and Export Credit (ICIEC), Islamic Corporation for the Development of the Private Sector (ICD), International Islamic Trade Finance Corporation (ITFC), dan Islamic Solidarity Fund for Development (ISFD).

Republik Mozambik menjadi negara anggota IDB pada bulan November 1995 dan telah mempertahankan hubungan baik dan kerjasama dengan anggota IDB lainnya. Jumlah dana keseluruhan yang disetujui IDB untuk proyek-proyek di Mozambik hingga saat ini telah mencapai sekitar US$ 208 miliar.

Beri Komentar