Terkuak! Ini Nasabah WNI yang Pindahkan Uang Rp18,9 Triliun

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 10 Oktober 2017 10:13
Terkuak! Ini Nasabah WNI yang Pindahkan Uang Rp18,9 Triliun
Transfer dana jumbo ini menarik perhatian publik belakangan ini.

Dream - Kasus transfer dana sebesar Rp18,9 triliun menjadi perhatian publik akhir-akhir ini. Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP) telah mengantongi nasabah yang mentransfer dana jumbo itu. 
 
Dirjen Pajak, Ken Dwijugiasteadi, mengatakan nasabah yang melakukan transfer dana jumbo dari Bank Standard Chartered Inggris ke Singapura ini bukan dilakukan satu orang. Dana Rp18,9 triliun ini berasal dari 81 nasabah. 
 
" Dalam data dimaksud terdapat 81 Warga Negara Indonesia (WNI) dengan nilai US$1,4 miliar. Jadi, bukan satu orang saja," kata Ken di Jakarta, semalam. 
 
Dia menegaskan, dari 81 nasabah WNI itu sebanyak 62 nasabah di antaranya telah mengikuti program amnesti pajak. Data ini didapat dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). 
 
Ken menargetkan penelusuran data terhadap 81 orang nasabah ini rampung bulan Oktober 2017. 
 
Sebelumnya, New York Times menyebut jumlah uang yang ditransfer sejumlah nasabah itu mencapai US$1,4 miliar atau sekitar Rp18,9 triliun. Sebagian klien diduga memiliki hubungan dengan militer Indonesia.

Laman BBC, yang mengutip laporan Bloomberg, menyebut rekening-rekening itu ditandai sebagai akun mencurigakan. Media asal Inggris ini melaporkan, pihak Standard Chartered Plc menolak berkomentar. Demikian pula dengan Otoritas Layanan Keuangan Britania.

Sementara, laman International Investment mencurigai waktu terjadinya transfer dari Guernsey ke Singapura ini. Sebab dilakukan pada semester ke dua tahun 2015, sebelum Guernsey mengadopsi Common Reporting Standard, peraturan global untuk pertukaran data pajak, yang dimulai pada 2016. (ism) 
 

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis