Tips Lancar Daftar CPNS 2019, Enggak Pakai Lama

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 13 November 2019 17:12
Tips Lancar Daftar CPNS 2019, Enggak Pakai Lama
Biasanya ada satu hal yang sering dilakukan oleh para pelamar.

Dream - Pendaftaran Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 masih berlanjut. Namun, tak sedikit pelamar mengaku mengalami kendala ketika registrasi dan memasukkan lamaran.

Kali ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) berbagi tips agar Sahabat Dream bisa mendaftar di situs sscn.bkn.go.id dengan 'lancar jaya'.

" #SobatBKN bingung dengan kelengkapan dokumen yang harus disiapkan, akreditasi atau yang berhubungan persyaratan pendaftaran? Simak tips dari mimin berikut ini," tulis BKN di akun Twitter @BKNgoid, Rabu 13 November 2019.

1 dari 5 halaman

Jangan Gunakan Calo

Yang pertama, kamu harus mendaftarnya secara mandiri dan tidak menggunakan calo pendaftaran. Tujuannya untuk melindungi data pendaftaran.

" Jangan lupa download dan baca buku panduan," tulis BKN.

BKN juga meminta masyarakat untuk menghubungi instansi yang dilamar seputar persyaratan pendaftaran.

Yang paling penting, kamu harus teliti dalam memasukkan data. " Datamu tanggung jawabmu," tulis instansi pemerintah ini.

2 dari 5 halaman

Kalau Crash, Lakukan Ini

Kalau mengalami kendala, harus bagaimana? BKN meminta masyarakat untuk membersihkan cache di browser, lalu mencobanya kembali. " Jika ada kendala, clear cache browser dan coba kembali," tulis BKN.

BKN juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mendaftar melalui smartohone.  Instansi ini mengingatkan masyarakat untuk menggunakan komputer atau laptop dengan jaringan komputer yang stabil.

BKN tidak menyarankan untuk pendaftaran melalui smartphone.

" #SobatBKN, kesekian kalinya & tak pernah lelah mimin ingatkan untuk lakukan pendaftaran dengan PC/Laptop, supaya menghindari data crash atau kesalahan input. Ingat! data yang sudah disubmit tidak dapat diubah kembali. #CPNS2019 #TheNewEpicBattle #BKNSemangatUntukNegeri #ReformasiBirokrasiBKN," tulis BKN.

3 dari 5 halaman

Ini Rinciannya

4 dari 5 halaman

Contoh Surat Lamaran CPNS 2019, Yuk Langsung Sontek

Dream - Sahabat Dream, pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah dibuka. Ada sederet dokumen yang harus disiapkan untuk diunggah dan dikirim saat pendaftaran CPNS 2019.

Sejumlah persyaratan yang diminta antara lain pindaian KTP, foto berwarna berukuran 3x4, dan selfie dengan KTP, serta dokumen surat lamaran.

Dari beberapa dokumen peryaratan tadi, kamu mungkin paling bingung membuat surat lamaran CPNS 2019. Sahabat Dream beruntung jika kementerian atau lembaga yang diincar telah menyediakan contoh surat lamaran CPNS 2019 beserta formatnya.

Salah kementerian yang membuat contoh surat lamaran adalah Kementerian Agama. Di surat lamaran, terdapat alamat surat yang ditujukan kepada Menteri Agama.

5 dari 5 halaman

Jangan Lupa Isi Ini

Kemudian, ada formulir data diri yang berisi nama, tempat dan tanggal lahir, agama, kewarganegaraan, pendidikan terbaru, alamat, serta nomor telepon/ponsel yang bisa dihubungi.

Selanjutnya, pelamar harus mengisi formasi yang dituju di surat lamaran.

 Surat Lamaran CPNS Kementerian Agama

Jangan lupa juga menyertakan dokumen-dokumen syarat administrasi seperti pindaian KTP, foto berwarna, dan ijazah.

Di surat lamaran ini, Sahabat Dream juga harus menempelkan materai Rp6 ribu dan membubuhkan tanda tangan di atasnya.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone