10 Tips dan Cara Menghilangkan Selulit dengan Bahan Alami dan Perawatan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 4 Oktober 2019 14:36
10 Tips dan Cara Menghilangkan Selulit dengan Bahan Alami dan Perawatan
Sebal dengan keberadaan selulit yang tak kunjung hilang? Coba tips dan cara menghilangkan selulit berikut ini.

Dream - Selulit umumnya terjadi pada wanita, tapi tidak menutup kemungkinan dialami pria. Penyebab utama selulit ialah penumpukan lemak dan penurunan kadar estrogen, yang mempengaruhi aliran darah ke jaringan ikat di bawah kulit.

Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat bisa jadi pemicu kemunculan selulit, seperti terlalu banyak mengonsumsi lemak, makanan berkarbohidrat dan garam berlebihan. Merokok dan konsumsi alkohol juga jadi salah satunya.

Kondisi kulit yang memiliki selulit tentu sangat mengganggu penampilan, terlebih kalau muncul di area kulit terbuka. Walau umumnya, selulit muncul di bagian tubuh berlemak, seperti paha, bokong, perut bagian bawah dan bisa juga muncul di lengan atas.

Sahabat Dream tak perlu khawatir, ada banyak cara menghilangkan selulit yang bisa dilakukan, baik dengan menggunakan perawatan alami dan bahan alami, atau bisa juga dengan terapi atau perawatan medis yang canggih.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Selulit dengan Bahan Alami

Salah satu cara menghilangkan selulit ialah dengan menggunakan perawatan kulit alami. Konsistensi dan rutinitas menjadi kunci utama untuk mendapatkan kulit halus tanpa selulit. Pemilihan produk perawatan kulit juga penting, dan kopi bisa jadi bahan alami yang cocok untuk menghilangkan selulit.

1. Membuat Scrub Kopi

Kandungan kafein dalam kopi sangat baik untuk merangsang drainase limfatik dan baik untuk mengencangkan kulit. Manfaat kopi ini bisa diperoleh untuk menghilangkan selulit dengan cara menggunakannya sebagai lulur atau scrub.

Sahabat Dream bisa membuat sendiri scrub dengan menggiling biji kopi atau memilih produk scrub berbahan kopi. Selain itu, bubuk kopi yang digunakan sebagai scrub juga ampuh untuk mengangkat sel kulit mati dan memperbaharui sel kulit.

 Cara Menghilangkan Selulit

2. Pijat Rutin

Selain dengan menggunakan produk perawatan kulit, perawatan seperti pijat juga efektif untuk menghilangkan selulit. Sahabat Dream bisa memijat sendiri bagian tubuh yang berselulit atau menggunakan jasa pijat.

Pijatan yang dilakukan secara rutin, akan membantu merangsang sirkulasi dan memecah penumpukan cairan di bawah kulit. Selain itu, pijat juga mampu menghilangkan racun di lapisan lemak. Jadi, jangan lewatkan pijat harian bila ingin selulit cepat hilang, ya Sahabat Dream.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Selulit dengan Gaya Hidup Sehat

3. Diet Sehat

Salah satu penyebab selulit ialah penumpukan lemak dan penambahan berat badan. Jadi, cara menghilangkan selulit yang disebabkan oleh masalah ini ialah dengan melakukan diet sehat dan menurunkan berta badan. Diet sehat bisa berfokus pada pengurangan garam, makanan berlemak dan makanan yang berkarbohidrat tinggi. Ganti dengan buah segar, sayuran dan biji-bijian.

 Cara Menghilangkan Selulit

4. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Tubuh dehidrasi atau kekurangan air, dapat membuat kulit jadi tipis dan kurang elastis. Kondisi ini dapat memicu kemunculan selulit. Untuk menghindari dehidrasi, usahakan minum mininaml 8 gelas air putih setiap harinya, dan kurangi minuman berkarbonasi.

5. Jangan Malas Bergerak

Penggumpalan lemak di bagian tubuh tertentu dapat menyebabkan selulit. Gumpalan lemak ini bisa dihancurkan dengan latihan dan olahraga teratur, seperti yoga, berenang, atau pergi ke gym. Selain mampu menghilangkan selulit, olahraga akan membuat tubuh jadi bugar dan kuat.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Selulit dengan Terapi

6. Acoustic Wave Therapy

Sesuai dengan namanya, Terapi Gelombang Akustik atau Acoustic Wave Therapy, adalah metode memecah gumpalan lemak di bawah kulit dengan menggunakan gelombang suara, yang menyerupai suara petikan gitar akustik.

Terapi ini bisa dilakukan di klinik perawatan kulit atau dokter kulit. Sebelum menjalani perawatan ini, dokter akan memeriksa seberapa parah selulit yang dialami, dan kemudian mentrasmisikan gelombang dari perangkat genggam ke bagian kulit yang berselulit. Hasil perawatan ini akan terlihat setelah melewati beberapa sesi terapi dan tidak bisa langsung terlihat.

 Cara Menghilangkan Selulit

7. Carboxytherapy

Kalau Terapi Gelombang Akustik menggunakan gelombang untuk memecah gumpalan lemak, Carboxytherapy menggunakan gas karbondioksida. Prosedur untuk menghilangkan selulit dengan terapi ini cukup beresiko dan efek sampingnya cukup serius.

Terapi ini cukup berisiko karena metodenya berupa pemompaan gas ke dalam kulit untuk memecah gumpalan lemak. Setelah menjalani terapi ini, pasien akan mengalami memar dan rasa tidak nyaman, tapi hasilnya sangat efektif menghilangkan selulit dalam waktu yang cukup singkat.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Selulit dengan Perawatan Khusus

8. Perawatan Laser

Perawatan laser tidak hanya digunakan untuk menghilangkan noda hitam saja, tapi juga ampuh untuk menghilangkan selulit. Tapi, hasil dari perawatan ini bisa bertahan hingga satu tahun setelah perawatan. Kelebihannya, perawatan laser juga akan mengenyalkan kulit dan merangsang produksi kolagen sehingga kulit juga lebih sehat.

 Cara Menghilangkan Selulit

9. Subcision

Kalau untuk perawatan kulit ini, dokter akan menyuntikan cairan ke dalam kulit untuk memutus pita di jaringan ikat, jaringan yang menyebabkan kemunculan selulit. Metode ini cukup aman dan lebih efektif dibanding perawatan laser, karena mampu bertahan hingga dua tahun setelah perawatan.

10. Vacuum-assisted Precise Tissue Release

Perawatan khusus untuk menghilangkan selulit yang terakhir ialah dengan Vacuum-assisted Precise Tissue Release, yaitu metode pemotongan pita fibroid di bawah kulit. Ikatan jaringan yang terputus ini akan bergerak ke atas untuk mengisi ruang kulit yang kosong, sehingga tampilan selulit akan tertutupi. Hasil yang diberikan metode ini cukup menjanjikan, bisa bertahan hingga tiga tahun setelah perawatan.

Bingung mau pakai metode yang mana untuk menghilangkan selulit? Segera berkonsultasi ke dokter kulit, ya Sahabat Dream, agar hasilnya maksimal dan minim efek samping.

Sumber: The Health Site

Beri Komentar
Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir