11 Manfaat Vitamin D untuk Pria, Jaga Kualitas Sperma & Meningkatkan Kejantanan

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 26 November 2021 15:45
11 Manfaat Vitamin D untuk Pria, Jaga Kualitas Sperma & Meningkatkan Kejantanan
Manfaat vitamin D untuk pria dikenal memiliki kaitan erat dengan kesehatan tulang hingga atasi masalah kejantanan.

Dream - Tubuh memerlukan berbagai macam vitamin supaya berfungsi secara maksimal. Kekurangan vitamin bisa menyebabkan kelelahan hingga gangguan pada kesembuhan luka. Salah satu vitamin yang penting, khususnya bagi pria, adalah vitamin D.

Manfaat vitamin D untuk pria dibutuhkan agar tubuh dapat bekerja secara optimal. Manfaat vitamin D untuk pria dikenal memiliki kaitan erat dengan kesehatan tulang hingga atasi masalah kejantanan. Selain itu, masih banyak manfaat vitamin D untuk pria, seperti mengurangi risiko depresi hingga kanker.

Vitamin D terbagi menjadi dua jenis, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Vitamin D2 berasal dari sumber nabati atau tumbuhan. Sementara vitamin D3 berasal dari hewan. Kedua vitamin D ini bisa hadir dalam berbagai bentuk suplemen.

Tidak seperti kebanyakan vitamin lainnya yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, vitamin D justru dapat dihasilkan langsung oleh tubuh. Sebab, vitamin D merupakan prohormon atau pendahulu hormon.

Tubuh manusia mampu menghasilkan vitamin D melalui paparan sinar matahari pagi secara langsung pada kulit tubuh. Selain itu, Sahabat Dream juga bisa mendapatkan vitamin D dari makanan atau suplemen tertentu. Agar lebih jelasnya, berikut manfaat vitamin D untuk pria yang perlu kamu ketahui.

1 dari 6 halaman

1. Mengatasi Depresi yang Memicu Impotensi

Ilustrasi© Freepik.com

Beban kerja dan padatnya rutinitas menjadikan seseorang memiliki risiko depresi. Dengan mengonsumsi vitamin D mampu meningkatkan fungsi otak.

Manfaat vitamin D untuk pria sangat penting untuk menjaga mood agar tetap baik dan menangkal depresi. Sebab, apabila kadar vitamin D di dalam tubuh tinggi, akan menurunkan risiko depresi. Sementara jika vitamin D di dalam tubuh rendah, risiko depresi serta gangguan saraf dan otak akan meningkat.

Kamu perlu tahu, depresi merupakan salah satu di antara sumber masalah seksualitas pria. Vitamin D juga akan membantu meminimalisasi risiko gangguan di Mr. P kamu, Sahabat Dream.

2 dari 6 halaman

2. Jaga Kesehatan Tulang

Manfaat vitamin D untuk pria juga baik bagi kesehatan tulang, lho. Fungsi vitamin D adalah untuk mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam darah. Kedua faktor ini sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan tulang.

Manfaat vitamin D untuk tulang juga akan membantu menyerap kalsium sehingga mendorong pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat dan sehat. Maka dari itu, tidak mengherankan jika vitamin D sangat penting untuk menangkal penyakit tulang, seperti rakitis, osteomalacia, dan osteoporosis.

3. Bantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat vitamin D untuk pria selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Dalam penelitian terbitan British Journal of Nutrition menunjukkan, orang yang mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D setiap hari mampu menurunkan berat badan dengan lebih efektif.

Para ilmuwan juga menyebutkan, kalsium dan vitamin D tambahan memiliki efek yang dapat menekan nafsu makan sehingga mendorong terjadinya penurunan berat badan.

3 dari 6 halaman

4. Melindungi dari Infeksi Saluran Pernapasan

Ilustrasi© Freepik.com

Manfaat vitamin D untuk pria dipercaya dapat meningkatan kekebalan tubuh. Sebenarnya tidak hanya pada pria saja, tetapi juga wanita. Sebab, vitamin D memiliki efek perlindungan terhadap virus influenza.

Tak hanya itu, satu penelitian dari International Journal of Molecular Sciences menemukan, dari 25 uji coba terkontrol yang melibatkan sekitar 11.300 orang menunjukkan peserta yang kekurangan vitamin D mengalami penurunan risiko infeksi pernapasan setelah mengonsumsi suplemen vitamin D. Akan tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi kedua efek tersebut.

5. Mengurangi Risiko Multiple Sclerosis

Manfaat vitamin D untuk pria lainnya adalah mengurangi risiko multiple sclerosis. Berdasarkan bukti eksperimental, vitamin D dapat berfungsi sebagai imunomodulator yang kuat, sehingga bisa menurunkan risiko multiple sclerosis.

Lagi-lagi, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaat yang satu ini.

4 dari 6 halaman

6. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat vitamin D untuk pria juga dipercaya bisa mengatasi kanker usus besar dan kanker prostat. Hal ini karena vitamin D memiliki kandungan bernama calcitriol.

Kandungan itulah yang mampu mengurangi perkembangan sel kanker dan meningkatkan kematian sel kanker. Memenuhi asupan nutrisi vitamin D bagi tubuh mampu memperlambat pertubuhan dan perkembangan darah baru di jaringan kanker, serta penyebaran sel kanker.

7. Jaga Kesehatan Kulit

Manfaat vitamin D untuk kulit di antaranya yaitu, mengurangi peradangan pada kulit (psoriasis, eksim, dan vitiligo), mengurangi risiko kanker kulit, sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan mempercepat regenerasi kulit.

5 dari 6 halaman

8. Meningkatkan Kualitas Sperma

Ilustrasi© Pixabay.com

Manfaat vitamin D untuk pria yang sangat penting adalah mampu meningkatkan kualitas sperma. Hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal Human Reproduction menunjukkan, pria yang mengalami defisiensi (kekurangan) vitamin D mengalami pergerakan sperma yang lambat dan bentuknya tidak sempurna.

Hal itu tentu saja mengurangi kesuburan pria. Tak hanya itu, manfaat vitamin D untuk pria akan meningkatkan kecepatan sperma menuju sel telur dan mempermudah pembuahan sel telur.

9. Meningkatkan Kejantanan Pria

Manfaat vitamin D untuk pria bisa membantu meningkatkan libido seks. Sejumlah penelitian mengaitkan kekurangan vitamin D terkait dengan penurunan produksi hormon seks testosteron.

Usia yang sudah lanjut menjadi salah satu faktor risiko penurunan libido yang terjadi secara alami. Hasil penelitian yang melibatkan 2299 laki-laki berusia rata-rata 62 tahun juga menunjukan hubungan antara vitamin D dengan peningkatan kadar testosteron. Asupan suplemen vitamin D rutin dapat meningkatkan libido pria, yang pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan produksi sperma berkualitas.

6 dari 6 halaman

10. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat vitamin D untuk pria selanjutnya adalah kemampuannya untuk meningkatkan daya ingat. Vitamin D dianjurkan dikonsumsi tak hanya usia 65 tahun ke bawah, tetapi juga baik untuk asupan nutrisi para lansia.

Penelitian menyebutkan vitamin D mampu meningkatkan daya ingat, analisis, dan kemampuan untuk fokus. Namun, mengonsumsi vitamin D sebagai suplemen tambahan masih perlu diteliti lebih lanjut secara klinis.

11. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat vitamin D untuk pria juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Kadar vitamin D yang rendah di dalam tubuh bisa menimbulkan risiko gangguan kesehatan, seperti serangan jantung dan stroke.

Namun jika hendak mengonsumsi vitamin D untuk mengobati penyakit tersebut dianjurkan berkonsultasi ke dokter.

Jika kadar vitamin yang ada di dalam tubuh tinggi akan membahayakan jantung dan pembuluh darah karena bisa meningkatkan kadar kalsium di dalam darah.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar