21 Cara Menggemukkan Badan dengan Cepat, Mudah dan Tetap Sehat

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 30 Agustus 2019 07:47
21 Cara Menggemukkan Badan dengan Cepat, Mudah dan Tetap Sehat
Bagi sebagian orang menggemukan badan itu sulit. Coba dulu 21 cara menggemukan badan yang cepat dan mudah berikut ini.

Dream - Masalah berat badan bisa dialami oleh siapa saja. Selain kegemukan, beberapa orang juga merasa menghadapi masalah besar jika punya tubuh yang terlalu kurus. Berbagai cara menggemukkan badan sudah banyak dilakukan tapi tetap saja tak berhasil.

Untuk orang yang memiliki berat badan terlalu kurus, sangat disarankan untuk menambah bobot tubuhnya. Tidak hanya menunjang penampilan, bobot badan idel juga bisa menunjang kesehatan.

Berat badan ideal bagi setiap orang memang berbeda-beda. Namun umumnya bisa diterjemahkan dengan porsi yang tidak terlalu kurus maupun gemuk. Porsi badan seperti inilah impian setiap orang.

Bagi kalian yang merasa terlalu kurus, bisa mencoba 21 cara menambah berat badan yang cepat dan mudah berikut ini.

1 dari 5 halaman

Cara Menggemukkan Badan dengan Melebihkan Makan

Menggemukkan Badan© Shutterstock

Melebihkan Porsi Makan

Porsi makan yang banyak tidak hanya soal menambah jumlahnya. Kamu juga harus memperhitungkan jumlah kalori dan nutrisinya. Cara untuk menggemukkan badan yang efektif ialah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori.

Menambah Jumlah Makan per Hari

Tidak hanya porsi makan, frekuensi kita makan dalam sehari juga sebaiknya ditambah. Jika biasanya 3 kali sehari, tingkatkan frekuensi makan kita menjadi 4 kali ditambah sarapan yang rutin. Perhatikan pula kandungan nutrisi makanan ya.

Mengonsumsi Makanan Cair

Selain dua cara menggemukkan badan di atas, kita juga bisa mengonsumsi makanan dengan cara menghaluskan makanan atau mengonsumsi makanan halus, seperti oats, susu, sayuran dan buah-buahan yang dihaluskan.

2 dari 5 halaman

Cara Menggemukkan Badan dengan Menambah Konsumsi Nutrisi

Melebihkan Konsumsi Kalori

Konsumsi makanan yang mengandung banyak kalori sangat efektif untuk menaikkan angka timbangan. Perbanyak makanan sehat berkalori tinggi seperti kacang-kacangan, kentang, daging, dan produk olahan susu.

Melebihkan Konsumsi Protein

Cara menggemukkan badan tidak cukup dengan konsumsi kalori saja. Protein juga sangat penting untuk membangun otot, sehingga makanan yang dicerna tidak menjadi lemak jahat yang justru menyebabkan obesitas. Perbanyak konsumsi dada ayam, tuna, dan telur.

Konsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

Menggemukkan Badan© Shutterstock

Kalori dan protein hanya sebagian dari begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Untuk menggemukkan badan, nutrisi tubuh juga harus terpenuhi. Konsumsi pula sayuran dan buah-buahan sebagai camilan.

Konsumsi Banyak Air Putih

Perbanyak konsumsi air putih juga akan membantu tubuh untuk menambah angka di timbangan. Air putih sangat baik bagi tubuh untuk memperlancarkan pencernaan. Dalam sehari, konsumsi minimal 2 liter air, dan dibagi mulai dari pagi, siang, sore, dan malam.

3 dari 5 halaman

Cara Menggemukkan Badan dengan Olahraga dan Latihan

Menambah porsi dan jumlah makan, konsumsi makanan sehat dan bernutrisi saja tidak akan cukup untuk menambah berat badan apabila tidak diiringi dengan olahraga dan latihan yang sesuai. Banyak makan tanpa olahraga justru akan menyebabkan kegemukan.

Menggemukkan Badan© Shutterstock

Latihan Angkat Beban

Salah satu latihan dan olahraga yang dapat membantu berat badan bertambah ialah angkat beban. Selain itu, kamu juga bisa melakukan squats dan deadlift untuk mengganti latihan angkat beban yang berat. Dengan dua latihan ini, kita mampu meningkatkan massa otot yang akan mempengaruhi berat badan tubuh.

Latihan Membentuk Otot

Dengan massa otot yang tinggi, berat badan juga akan bertambah. Cara menambah berat badan dengan latihan membentuk otot sangat efektif karena mampu membakar lemak jahat dalam tubuh dan meningkatkan massa otot.

Membatasi Latihan Kardio

Terlalu banyak melakukan latihan kardio justru akan menurunkan berat badan. Jenis olah fisik in sangat tidak dianjurkan bagi orang yang ingin menggemukan badannya.

Konsisten Olahraga dan Latihan

Olahraga dan latihan yang dilakukan tidak akan efektif kalau dalam pelaksanaannya tidak diikuti dengan konsistensi. Komitmen untuk rutin olahraga dan latihan, sangat penting dalam cara menggemukkan badan yang cepat.

4 dari 5 halaman

Cara Menggemukkan Badan dengan Gaya Hidup Sehat

Istirahat yang Cukup

Sibuk dengan olahraga dan latihan saja tidak akan efektif untuk menambah berat badan. Otot dan tubuh juga memerlukan istirahat. Sisakan beberapa jam dalam sehari untuk benar-benar istirahat. Selama istirahat usahakan untuk menambah porsi makan.

Menghindari Begadang

Gaya hidup yang tidak sehat seperti kerap begadang akan sangat berpengaruh ke berat badan. Banyak orang yang gemar begadang memiliki tubuh yang kurus, dan ada pula orang yang gemar begadang dengan camilan tidak sehat di malam hari, justru mengalami obesitas. Lebih baik hindari begadang terlalu sering.

Tidak Merokok

Tidak hanya begadang saja, rokok juga harus dihindari untuk menambah berat badan tapi tetap sehat dan bugar. Kandungan bahan kimia dalam rokok hanya menambah masalah kesehatan tubuh.

Tidak Mengonsumsi Alkohol

Selain rokok, konsumsi alkohol juga tidak dianjurkan ketika kita ingin menggemukan badan. Bahkan, hampir di semua jenis diet sehat, konsumsi alkohol tidak dianjurkan.

Hindari Camilan Tidak Sehat

Menggemukkan Badan© Shutterstock

Menambah porsi makan bukan berarti bisa makan camilan sembarangan. Dalam cara menggemukkan badan dengan cepat tapi sehat, kita harus benar-benar memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari.

5 dari 5 halaman

Cara Menggemukkan Badan dengan Kebiasaan Baik

Wajib Sarapan

Menambah jumlah makan per hari memang jadi cara menggemukan terbaik. Menu yang tak boleh kamu lupakan adalah sarapan. Penambahan jumlah makan dalam sehari lebih baik dihitung di luar makan pagi atau sarapan.

Menghindari Minum Sebelum Makan

Minum air sebelum makan akan membuat kita merasa lebih kenyang. Cara menambah berat badan yang ideal adalah menambah jumlah porsi makan. Artinya, kita harus menghabiskan makanan yang ada di piring tanpa sisa. Jika kamu sedang ingin menambah berat badan, coba dulu hindari minum sebelum makan.

Rutin Memeriksakan Kesehatan

Menggemukkan Badan© Pixabay

Melakukan berbagai cara menggemukan badan dan diet penambah berat badan akan percuma apabila kita tidak melakukan kontrol perkembangannya. Melakukan pemeriksaan kesehatan rutin menjadi cara mudah mengetahui hasil dari upaya menambah berat badan yang sudah kita lakukan selama ini.

Membuat Jurnal Kesehatan

Setiap melakukan pengecekan kesehatan, catat hal penting yang disampaikan oleh dokter dalam jurnal kesehatan yang bisa kamu buat sendiri. Jangan lupa catat konsumsi nutrisi dan olahraga yang sudah kita lakukan. 


Mengunyah Makanan Sampai Halus

Satu lagi cara menggemukan badan yang sering dianggap remeh adalah mengunyah makanan sampai benar-benar halus. Dengan makanan yang sudah halus, kinerja organ pencernaan akan semakin lebih ringan. Penyerapan sari-sari makanan yang memiliki nutrisi penting buat tubuh juga lebih mudah.

Sumber: Stronglifts dan Fimela

Beri Komentar