3 Jenis Pencahayaan Penting dalam Rumah

Reporter :
Selasa, 20 Desember 2016 17:16
3 Jenis Pencahayaan Penting dalam Rumah
Bukan hanya mengandalkan fungsional yaitu sebagai penerangan, tapi juga tetap menonjolkan sisi estetika.

Dream - Pencahayaan bisa membuat suasana dalam rumah jadi sangat berbeda. Dengan pencahayaan yang tepat bisa membuat rumah jadi terkesan hangat, nyaman dan membuat betah. Tapi efek sebaliknya bisa muncul jika pencahayaan yang dipilih terlalu gelap atau terlalu terang.

Michael Murphy, seorang desainer interior, mengungkap tiga trik utama dalam menata pencahayaan dalam rumah. Bukan hanya mengandalkan fungsional yaitu sebagai penerangan, tapi juga tetap menonjolkan sisi estetika. Menurutnya ada tiga jenis pencahayaan yang penting dalam rumah.

Ambient lighting
Cahaya ambien ini biasanya berasal dari lampu chandelier, sconce atau lampu-lampu besar yang memang menerangi seluruh ruangan. Cobalah untuk menggunakan kontrol level cahaya, berupa tombol putar untuk mendapat pencahayaan yang tepat.

" Jika ingin mendapat kesan ceria, nyalakan lampu dengan sangat terang. Tapi saat ingin membuat suasana hangat atau romantis, pilih level cahaya yang sedikit remang," kata Murphy.

Task lighting
Pencahayaan ini sangat penting jika ingin melakukan aktivitas yang spesifik, seperti ketika memasak, belajar, atau berdandan. Cahayanya akan lebih terfokus pada area yang diinginkan.

" Lampu task lighting ini biasanya mudah dipindah dan bentuknya bisa disesuikan dengan kebutuhan. Untuk menambah kesan estetika, pilih yang desainnya unik tapi berkesan modern agar bisa menjadi bagian dekorasi dalam ruangan," ujar Murphy.

Accent lighting
Murphy merekomendasikan menggunakan accent lighting untuk menonjolkan karya-karya seni atau koleksi unik di rumah. Hal ini bisa menambah kesan dramatis dan menonjolkan keindahan dari benda-benda tersebut.

" Benda seni atau koleksi jangan hanya ditaruh di rak, pamerkan juga dengan pencahayaan yang pas. Pasti akan menarik perhatian siapapun yang melihat," kata Murphy.

(Sah/Sumber: Country Living)

 

Beri Komentar
Doa Malam Lailatul Qadar