4 Penyebab Puting Payudara Menghitam

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 26 November 2020 14:42
4 Penyebab Puting Payudara Menghitam
Wajarkah puting payudara menghitam?

Dream - Selain ukuran dan bentuk, payudara juga mengalami perubahan warna seiring dengan berjalannya waktu. Penyebebnya pun beragam.

Mulai dari pengaruh masa pubertas, kehamilan, menyusui hingga gejala penyakit kronis. Hal tersebut bisa membuat puting payudaramu menghitam.

Dilansir dari Sehatq.com, berikut penjelasan seputar penyebab puting payudara menghitam.

Pubertas

Produksi hormon estrogen akan membuat puting payudaramu menghitam. Tidak hanya itu, kamu juga akan mengalami penumpukan lemak pada jaringan payudara, sehingga payudaramu membesar.

1 dari 4 halaman

Menstruasi

Menstruasi© Shutterstock.com


Biasanya, kamu akan mengalami pembengkakan atau melunaknya payudara menjelang maupun ketika menstruasi. Beberapa wanita juga akan mengalami puting payudara menghitam.

Mengonsumsi pil KB

Konsumsi pil KB bisa menyebabkan perubahan produksi hormon estrogen dan progesteron. Hal inilah yang menyebabkan perubahan warna pada puting payudara.

Perubahan pigmen kulit tersebut disebut melasma dan bisa hilang ketika berhenti mengonsumsi pil KB.

Hamil

Puting payudara akan menghitam ketika produksi ASI dimulai. Di samping itu, kamu pun akan merasa nyeri, bengkak atau lunaknya payudara. Perubahan pigmen kulit ini bisa dialami di beberapa bagian tubuh lain dan bisa sembuh sendiri.

(Sumber: Sehatq.com)

2 dari 4 halaman

5 Penyebab Rasa Sakit di Puting Payudara

Dream - Merasa sakit di area payudara mungkin telah sering dialami. Namun, pernahkah kamu merasa sakit hanya di area puting?

Sama seperti payudara, rasa sakit di area puting juga disebabkan oleh beberapa hal. Kondisi itu bisa saja hanya sakit biasa dan hilang sendiri atau yang membutuhkan pengobatan.

Dilansir Sehatq.com, berikut penyebab rasa sakit pada puting.

Gesekan

Umumnya, rasa sakit akibat gesekan pada puting terjadi akibat pemakaian bra yang berukuran lebih kecil serta berbahan tidak menyerap keringat.

Hal ini sangat tidak nyaman, terutama jika dirasakan saat berolahraga. Putingmu bisa nyeri, luka dan berdarah. Maka dari itu, pastikan bra yang digunakan berukuran tepat dan berbahan nyaman.

3 dari 4 halaman

Menstruasi


Menstruasi© Shutterstock.com

Menstruasi juga bisa menyebabkan puting terasa sakit. Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen dan progesteron yang menarik lebih banyak cairan pada payudara. Sehingga, payudaramu terasa bengkak dan menyebabkan rasa sakit di area puting.

Alergi dan dermatitis atopik

Kedua hal ini bisa terjadi di area kulit manapun, termasuk puting. Alergi dan dermatitis atopik bisa ditandai dengan munculnya kemerahan, gatal atau bersisik.

Biasanya, hal ini disebabkan oleh pemakaian deterjen, pelembut pakaian, lotion, sabun mandi, parfum atau bahan pakaian yang memicu alergi.

Konsultasikan ke dokter untuk bisa mengetahui jelas penyebab alergi dan cara mengatasinya.

 
4 dari 4 halaman

Infeksi


Puting bisa terinfeksi jamur Candida albicans ketika mengalami luka akibat gesekan atau alergi. Rasa sakitnya pun akan meningkat dan terasa seperti terbakar. Disarankan untuk berkonsultasi ke dokter agar infeksi bisa segera diatasi.

Hamil dan menyusui

Wanita Hamil© Shutterstock.com

Payudara dan puting akan terasa nyeri saat hamil. Bagian areola pun akan menggelap. Pastikan kamu memakai payudara dengan ukuran yang pas.

Kompres payudara dengan es untuk meredakan rasa sakit. Jenis pompa ASI, bayi mulai tumbuh gigi serta infeksi pada saluran ASI juga bisa menyebabkan rasa sakit di area payudara maupun puting.

(Sumber: Sehatq.com)

Beri Komentar