5 Tips Berkonsultasi dengan Psikolog untuk Pertama Kalinya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 25 Januari 2021 14:16
5 Tips Berkonsultasi dengan Psikolog untuk Pertama Kalinya
Agar sesi konseling lebih efektif dan nyaman.

Dream - Kesehatan mental menjadisalah satu hal yang menjadi perhatian di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, kebosanan yang dialami banyak orang bisa berujung pada stres.

Meskipun bukanlah hal baru untuk dialami, namun stres juga berbahaya jika mengganggu produktivitas dan kegiatan sehari-hari.

Maka dari itu, jasa psikolog sangat dibutuhkan untuk mengatasi stres dan masalah mental di tengah pandemi walaupun tidak bisa berkonsultasi tatap muka.

Jika baru pertama kali berkonsultasi dengan psikolog, berikut tips yang dilansir dari Thriveworks.com agar sesi konsultasi berjalan lancar.

1 dari 2 halaman

1. Berterima kasih pada diri sendiri

Pertama-tama, berterima kasihlah pada diri sendiri yang sudah berani untuk berkonsultasi pada psikolog

Bagi beberapa orang, membuka diri pada psikolog tentang masalah pribadi bukanlah hal mudah. Sehiingga, kamu perlu berterima kasih pada diri sendiri untuk hal tersebut.

2. Jangan takut bertanya

Di sesi pertama, mungkin kamu akan lebih segan untuk bertanya. Apalagi, hal ini menyangkut perasaan pribadimu.

Namun, jangan ragu untuk bertanya pada psikolog atau terapis agar sesi konsultasi bisa berjalan dengan lancar dan efektif.

2 dari 2 halaman

3. Temukan kenyamanan

Temukanlah kenyamanan saat berkonsultasi dengan psikolog atau terapismu. Sehingga, kamu bisa lebih terbuka dan membuat sesi konsultasi menjadi lebih efektif.

Kamu tidak perlu ragu untuk membuka diri pada psikolog atau terapis karena mereka tidak akan menyebarkan data pribadimu dan apa yang telah kamu ungkapkan.

4. Pikirkan hal yang ingin dicapai

Sebelum berkonsultasi, kamu bisa memikirkan tujuanmu melakukan konsultasi bersama psikolog atau terapis. Hal ini akan membantu memperlancar sesi konseling.

Bila perlu, catatlah apa yang ingin diungkapkan serta tujuannya dalam sebuah kertas agar lebih mudah diutarakan ketika konseling.

5. Sadari bahwa psikolog bertujuan untuk membantumu

Setelah berkonsultasi, ingatlah bahwa ini merupakan sesi konseling pertama. Sehingga, mungkin kamu belum bisa mengatasi masalah mental secara efektif.

Mungkin, kamu perlu melakukannya beberapa kali untuk bisa sehat secara mental. Ingatlah juga bahwa psikolog atau terapis yang berkonsultasi denganmu ingin membantu masalahmu, bukan membuatmu semakin stres.

(Sumber: Thriveworks.com)

Beri Komentar