5 Tips Merawat Kuku Saat Cuaca Dingin

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 12 November 2019 15:20
5 Tips Merawat Kuku Saat Cuaca Dingin
Perhatikan langkah-langkahnya, Sahabat Dream!

Dream - Kita sering kli mengabaikan kesehatan kutikula. Maklum saja, letaknya di dasar kuku.

Karena tak begitu memerhatikan kesehatan kutikula, kita sering kali baru menyadari pentingnya perawatan bila sudah merasakan sakit pada bagian kutikula.

Kesehatan kutikula semakin rentan saat cuaca dingin. Jadi, sekaranglah saatnya untuk melakukan perawatan kutikula.

Dilansir oleh Boldsky.com, berikut enam cara menjaga kesehatan kutikula.

1 dari 5 halaman

1. Rendam Kuku dengan Air Hangat Seminggu Sekali

Jika merasa kutikulamu kering dan keras, rendamlah kuku dengan air hangat. Jangan sampai menggunakan air yang terlalu panas agar tidak merusak kuku.

Celupkan kukumu ke dalam air selama sekitar 10 menit, keluarkan, keringkan dengan handuk lembut dan oleskan pelembap bebas alkohol pada kutikula.

Agar lebih efektif, kenakan sepasang sarung tangan selama sekitar satu jam dan kamu akan memiliki kutikula yang lembut dan sehat pada akhirnya.

 kuku

2. Gunakan Pelembap Bebas Parfum

Sangat penting untuk menjaga tangan dan kutikula agar tetap lembap selama musim dingin. Jadi gunakanlah pelembap bebas parfum.

Pelembap berparfum biasanya mengandung alkohol dan membuat kutikula kering sehingga rentan terhadap kerusakan.

2 dari 5 halaman

3. Oleskan Lip Balm Pada Kutikula

Selain dapat digunakan pada bibir, lip balm juga dapat membantu melembutkan kutikula. Kutikula cenderung lebih kering di musim dingin dan mulai mengupas.

Jika itu terjadi, oleskan lip balm di atas kutikula agar tidak mengelupas dan pecah.

 shutterstock

4. Gunakan Penghilang Cat Kuku Bebas Aseton

Seringkali, penghapus cat kuku yang digunakan dapat merusak kutikula kita. Penghilang cat kuku yang mengandung aseton mengeringkan kutikula dan menyebabkannya mengelupas serta hancur.

Jadi, gunakanlah penghilang cat kuku bebas aseton.

5. Kenakan Sarung Tangan

Mencuci pakaian dengan sabun dan deterjen dapat merusak kutikula. Jadi saat melakukan pekerjaan rumah tangga, kenakanlah sarung tangan karet untuk mencegah kutikula dari kerusakan.

3 dari 5 halaman

Rahasia Memanjangkan Kuku Lebih Cepat

Dream - Bagi sebagian perempuankuku merupakan bagian yang sangat penting untuk dijaga dan dirawat. Tidak heran jika berbagai perawatan rela dilakukan untuk menghasilkan kuku yang cantik.

Sama seperti rambut, kuku juga terdiri dari protein yang disebut keratin. Meski berbeda disetiap orang, umumnya kuku akan tumbuh sekitar satu inci setiap bulan. Dan justru akan terhambat jika adanya ketidakseimbangan hormon, kekurangan gizi, gangguan kesehatan, atau mengkonsumsi obat tertentu.

Sayangnya, tidak ada cara yang benar-benar ampuh untuk meningkatkan pertumbuhan kuku secara cepat. Namun ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk membuat kuku tumbuh lebih cepat.

1. Lemon dan minyak kelapa
Merendam kuku didalam campuran lemon dan minyak kelapa dapat membuat kuku tumbuh lebih cepat. Caranya, ambil 5 sendok minyak kelapa dan tambahkan 5 tetes lemon, lalu panaskan dalam microwafe selama 20 detik. Kemudian rendam dan pijat kuku sekitar 10 menit.

2. Jus jeruk
Jeruk yang kaya akan asam folat dan vitamin C dapat mempercepat pertumbuhan kuku. Kamu hanya perlu merendam kuku ke dalam jus jeruk selama 5 menit, kemudian bilas hingga bersih dan keringkan.

4 dari 5 halaman

3. Bawang putih
Bawang putih dikenal dengan kandungan belerang yang dapat memperkuat dan meningkatkan pertumbuhan kuku.Campurkan bawang putih yang telah hancur ke dalam satu cangkir air. Tambahkan satu sendok lemon kemudian rebus campuran tersebut sampai mendidih. Setelah menunggu hingga dingin, kamu dapat mengoleskan campuran tersebut ke kuku setiap malam sebelum tidur.

4. Minyak zaitun
Memijat kuku dengan minyak zaitun sebelum tidur juga menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan. Karena kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat merangsang sirkulasi darah dan membuat kuku tumbuh lebih cepat.

5. Minyak kelapa dan madu
Asam laurat pada minyak kelapa yang dicampur dengan asam amino madu, dapat membuat kuku tumbuh lebih cepat. Juga, membuat kuku menjadi lebih bersinar dan mengkilap. Campur minyak kelapa dengan satu sendok madu dan pijat selama 15 menit.

6. Ekor kuda
Meski belum banyak dikenal, ramuan ekor kuda ternyata dapat membuat kuku tumbuh lebih cepat. Rebus satu cangkir bersama beberapa helai tanaman ekor kuda. Setelah disaring dan didiamkan hingga dingin, dan gunakan untuk merendam kuku selama 15 menit.

5 dari 5 halaman

7. Jus tomat dan minyak zaitun
Merendamkan kuku ke dalam larutan jus tomat dan minyak zaitun dapat membuat kuku lebih sehat dan tumbuh lebih cepat. Cukup campurkan jus tomat dan minyak zaitun dengan jumlah yang sama, lalu rendam kuku selama 10 menit.

8. Minyak biji rami
Lesitin dan asam lemak omega 3 yang terkandung dalam minyak biji rami dapat meningkatkan pertumbuhan kuku. Pijat kuku dengan minyak biji rami lalu diamkan sebentar dengan menggunakan sarung tangan. Lakukan cara ini dua kali sehari untuk hasil maksimal.

9. Teh hijau
Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat meningkatkan pertumbuhan kuku. Caranya, seduh satu cangkir teh hijau, diamkan hinggi dingin dan rendamkan kukumu selama 5 menit.

10. Garam
Merendamkan kuku ke dalam larutan air hangat yang telah dicampur garam dan tiga tetes rosemary oil selama 10 menit, dapat membuat kuku tumbuh lebih cepat. Untuk hasil maksimal, lakukan tiga kali selama seminggu.

11. Vitamin E
Vitamin E merupakan vitamin yang dapat merangsang pertumbuhan kuku secara cepat. Untuk itu, campurkan vitamin E yang telah berbentuk gel dengan beberapa tetes minyak lavender, lalu pijatkan ke kuku. Biarkan semalaman untuk hasil yang maksimal.

(Sah) 

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting