Amankah Menggunakan Obat Nyamuk?

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 21 Juni 2017 13:50
Amankah Menggunakan Obat Nyamuk?
Mana lebih bahaya, obat nyamuk semprot atau bakar?

Dream - Gigitan nyamuk tentu membuat kita kesal. Bekas gigitannya membuat kulit kita gatal dan bentol. Apalagi, sejumlah nyamuk menyebabkan penyakit yang berbahaya seperti demam berdarah, malaria, kaki gajah, virus zika ataupun ensefalitis.

Untuk menghadapi gigitan nyamuk, mayoritas orang menggunakan obat nyamuk, entah itu bakar, semprot, elektrik, ataupun lotion. Lantas, apakah peremasalahan nyamuk selesai? Ternyata tidak, obat nyamuk ternyata menimbulkan masalah baru.

Baik apapun bentuknya, nyatanya obat nyamuk tak aman bagi kesehatan manusia. Prinsip dasar yang mesti dipahami orang bahwa zat yang ada di dalam obat nyamuk adalah racun. Toh, tak ada racun yang benar-benar aman bagi manusia.

Misalnya obat nyamuk semprot, di dalamnya mengandung dua racun utama yakni propoxur dan dicholorovinyl dimethyl phosphate (DDVP). Dua kandungan ini bersifat karsinogenik yang bisa memicu kanker dan mengganggu sistem reproduksi.

Sedangkan obat nyamuk bakar, tak kalah berbahaya dengan rekannya. Menurut penelitian The United State National Institute of Health partikel-partikel kecil dan bahan karsinogenik yang dihasilkan obat nyamuk bakar setara dengan pembakaran 50-130 batang rokok.

Sedengakan obat nyamuk elektronik ternyata sama saja. Kandungan obat nyamuk bakar, semprot, maupun elektronik juga bisa memicu pneumonia dan gangguan pernafasan.

Sementara obat nyamuk oles juga mempunyai bahaya bila digunakan. Zat kimia aktif diethyltoluoamide (DEET) dalam obat nyamuk lotion dapat menyebabkan alergi kulit, iritasi, eritema (kemerahan kulit) dan bahkan kanker kulit apabila penggunaan DEET di atas 30 persen.

Sahabat Dream, obat nyamuk yang berada di pasaran hampir semuanya tidak aman. Lantas, apa yang bisa digunakan untuk melindungi keluarga kita dari gigitan nyamuk? Jawabannya adalah penggunaan tanaman yang mengandung minyak atsiri.

 Baby Go© Dream.co.id

Namun sering kali kita tak mau repot mengolah tanaman anti-nyamuk agar mengeluarkan minyak atsiri. Tak usah khawatir. Kini ada BabyGo Slap Mosquito Repellent Bracelet yang menggunakan minyak atsiri alami sehingga tak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Wadahnya menggemaskan dengan bentuk seperti gelang tangan dengan warna-warni yang cerah dan menarik. Diisi dengan natural oil #penangkalnyamuk yang berbentuk polymer khusus, gelang anti nyamuk BabyGo secara perlahan (slow release) akan mengeluarkan aroma yang efektif mengusir nyamuk. Satu polymer isi ulang ini dapat bertahan selama 15 hari. Termasuk 2 pcs refill untuk 2x 15 hari perlindungan.

Ayo lindungi keluargamu dari bahaya gigitan nyamuk dengan BabyGo Slap Mosquito Repellent Bracelet. #babygoindonesia

Beri Komentar