Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami dan Tradisional, Tanpa Obat Kimia

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami dan Tradisional, Tanpa Obat Kimia Ilustrasi Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami Dan Tradisional. (Foto: Shutterstock)

Dream - Hampir semua orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit kepala atau pusing. Sakit kepala banyak sekali pemicunya, mulai dari telat makan, kurang tidur, hingga mengalami stres berat.

Sayangnya, sebagian besar orang meremehkan sakit kepala karena menganggapnya sebagai penyakit biasa. Padahal, sakit kepala bisa membuat aktivitas kita menjadi terhambat karena susah untuk berkonsentrasi.

Banyak yang lebih memilih mengonsumsi obat sakit kepala sebagai cara menghilangkan sakit kepala dengan cepat. Mengonsumsi obat-obatan secara terus menerus tentu memberikan dampak bagi kesehatan tubuh.

Tahukah Sahabat Dream, aspirin sebagai salah satu obat untuk pereda sakit kepala jika sering diminum dalam jumlah banyak bahkan dapat merusak ginjal.

Karena itulah, jangan mudah menghilangkan sakit kepala menggunakan obat-obatan berbahan kimia. Karena ada cara menghilangkan sakit kepala secara alami dan tradisional, tanpa obat kimia.

Berikut akan diulas cara menghilangkan sakit kepala secara alami dan tradisional yang sudah digunakan secara turun-temurun, seperti yang dirangkum Dream dari berbagai sumber.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami dan Tradisional, Tanpa Obat Kimia

1. Menggunakan es batu

Cara menghilangkan sakit kepala sebelah yang mujarab secara alami bisa menggunakan es batu. Sensasi dingin es batu akan membuat otot menjadi rileks sehingga sakit kepala hilang dengan sendirinya.

Caranya adalah dengan membungkus bongkahan es batu dengan kain lalu usap-usapkan pada bagian kepala yang terasa sakit. Es batu juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala belakang.

2. Mengonsumsi kentang

Mengonsumsi kentang ternyata bisa menjadi cara menghilangkan sakit kepala secara alami tanpa obat kimia. Kentang merupakan sumber kalium yang penting bagi tubuh.

Sakit kepala juga bisa disebabkan karena tubuh sedang kekurangan kalium. Agar sakit kepala segera hilang, konsumsi kentang rebus segera. Cukup dengan kentang rebus saja, bukan jenis olahan kentang yang lainnya. Karena kentang olahan lain seperti kentang goreng mengandung minyak jenuh.

3. Mengonsumsi pisang

Pisang mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi. Kedua bahan itu ternyata dapat menghilangkan sakit kepala berkepanjangan secara alami.

Untuk menggunakan pisang sebagai cara menghilangkan sakit kepala berkepanjangan, konsumsi minimal 3 buah pisang setiap hari secara rutin.

Pisang 'Si Buah Surga' yang Kaya Manfaat

4. Memperbanyak minum air mineral

Terkadang sakit kepala merupakan indikasi atau peringatan tubuh bahwa aliran darah dan oksigen menuju otak mengalami gangguan. Akibatnya otak kekurangan oksigen dan darah.

Oleh karena itu ketika Sahabat Dream mengalami sakit kepala, cara menghilangkan sakit kepala yang perlu dilakukan pertama kali adalah dengan banyak minum air mineral. Ini bertujuan agar kamu tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan sehingga mengalami sakit kepala.

5. Mengonsumsi kopi secara tidak berlebihan

Mungkin terdengar aneh. Tapi cara menghilangkan sakit kepala dengan kopi terbukti mujarab. Di satu sisi, kebanyakan minum kopi memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Kafein yang ada dalam kopi jika dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung. Efek kopi berlebihan juga menyebabkan sakit kepala dikarenakan pembuluh darah mengalami penyempitan.

Namun di sisi lain, kandungan kafein dapat menenangkan sistem saraf yang tegang karena mengalami sakit kepala. Untuk itu cukup dengan meminum 1 gelas kopi untuk menenangkan saraf. Tentu saja bagi yang terlanjur kecanduan kopi, akan lebih bagus jika asupan kopi dikurangi.

6. Minyak kayu putih

Bau minyak kayu putih dapat membuat saraf yang tegang menjadi rileks dan juga dapat menenangkan pikiran. Kayu putih merupakan tanaman herbal yang kaya akan sineol, terpineol, aldehid valerat, dan butirat yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebelah.

7. Menghirup minyak atau lilin aromaterapi

Cara lain untuk menghilangkan sakit kepala hingga membuat rileks saraf yang tegang adalah dengan menghirup minyak atau lilin aromaterapi. Selain itu juga dapat menenangkan pikiran sehingga menjadi rileks dan sakit kepala hilang.

8. Mengonsumsi biji wijen

Biji wijen kaya akan vitamin E yang ternyata mampu digunakan sebagai cara menghilangkan rasa sakit kepala dengan cepat.

Ragam Manfaat Minyak Wijen untuk Rambut

 

Tidak hanya itu saja, kandungan magnesium yang tinggi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala belakang. Konsumsi biji wijen setiap hari agar sakit kepala hilang dan tidak kembali.

9. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint

Salah satu penyebab sakit kepala bisa saja karena telat makan atau karena maag. Sakit kepala yang disebabkan oleh maag tentu berbeda dengan jenis sakit kepala lainnya. Salah mengonsumsi obat bisa-bisa maag semakin akut.

Daun Mint

 

Cara menghilangkan sakit kepala yang tepat yang disebabkan oleh maag adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint. Kamu bisa mengonsumsi permen mint, minum teh mint, dan lainnya.

10. Menghirup uap air hangat yang dicampur minyak kayu putih

Cara menghilangkan sakit kepala dengan menghirup adalah menghirup uap air hangat yang dicampur dengan minyak kayu putih. Uap yang dihirup dapat membuat rileks pikiran sehingga sakit kepala mereda.

Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas. Hirup dalam-dalam uap air hangatnya.

Demikianlah 10 cara menghilangkan sakit kepala secara alami dan tradisional, tanpa obat kimia yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Efektif Menggunakan Teh, Tapi Ada Syaratnya

Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Efektif Menggunakan Teh, Tapi Ada Syaratnya

Apakah mengonsumsi teh dapat memberikan dampak positif terhadap sakit kepala atau justru memperparahnya?

Baca Selengkapnya
Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Terdapat solusi yang simpel untuk menghilangkan kutu rambut tanpa perlu bahan kimia keras atau produk dengan harga tinggi.

Baca Selengkapnya
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Ternyata kaki sakit sebelah kiri bisa disebabkan banyak faktor. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, Yuk penyebabnya terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami, Hanya dengan Kopi dan Satu Bahan Tambahan

Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami, Hanya dengan Kopi dan Satu Bahan Tambahan

Panduan mudah untuk merawat kulit alami dan efektif, tanpa perlu uang banyak atau perawatan yang rumit.

Baca Selengkapnya
4 Kunci Menjaga Kelembapan Kulit di Iklim Tropis

4 Kunci Menjaga Kelembapan Kulit di Iklim Tropis

Menjaga kelembapan dan kesehatan kulit tidak selalu mudah meski tinggal di lingkungan beriklim tropis. Lakukan 4 cara berikut untuk memastikan kulitmu lembap.

Baca Selengkapnya
Stop Memotong Kutikula, Cari Tahu Trik Merawatnya

Stop Memotong Kutikula, Cari Tahu Trik Merawatnya

Kutikula memiliki peran penting dalam melindungi kuku dan kulit di sekitarnya dari infeksi

Baca Selengkapnya
Sakit Kepala Sering Datang Saat Puasa Selepas Siang Hari? Pijat dengan 3 Gerakan Ini

Sakit Kepala Sering Datang Saat Puasa Selepas Siang Hari? Pijat dengan 3 Gerakan Ini

Meredakan sakit kepala saat berpuasa bisa dihilangkan dengan beberapa gaya pijatan. Kamu pun bisa melakukannya sendiri dengan mudah.

Baca Selengkapnya
BPOM Rilis Daftar 50 Obat Tradisional dan Suplemen yang Mengandung BKO: Bahaya Buat Hati, Ginjal serta Jantung

BPOM Rilis Daftar 50 Obat Tradisional dan Suplemen yang Mengandung BKO: Bahaya Buat Hati, Ginjal serta Jantung

BPOM rilis dafatr 50 obat dan suplemen berbahaya mengandung bahan kimia obat (BKO). Kandungan tersebut bisa sebabkan penyakit kronis.

Baca Selengkapnya