Ikuti 14 Cara Mengatasi Insomnia Ini, Efektif dan Mudah Dilakukan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 3 Oktober 2019 12:17
Ikuti 14 Cara Mengatasi Insomnia Ini, Efektif dan Mudah Dilakukan
Insomnia bisa terjadi karena kebiasaan. Bagaimana cara mengatasinya? Dalam artikel ini, Dream akan membahas bagaimana cara mengatasi insomnia yang efektif dan mudah dilakukan.

Dream - Gangguan tidur seperti insomnia bisa dialami oleh siapa saja. Ada insomnia jangka panjang dan ada juga insomnia jangka pendek.

Keduanya berawal dari kebiasaan dan pola tidur yang bermasalah. Penyebab ini bisa diatasi dengan mengubah kebiasaan tersebut.

Setiap orang memiliki pola tidur yang berbeda, inilah sebabnya cara mengatasi insomnia setiap orang berbeda-beda.

Kita tidak perlu menyamakan pola tidur dengan orang lain, cukup dengan membuat pola tidur sendiri sesuai kebutuhan tubuh.

Mengubah kebiasaan dan pola tidur memang tidak mudah, tapi tak ada salahnya juga mencoba. Yang terpenting dalam mengubah kebiasaan ialah niat dan konsistensi.

Apabila kita berhasil melakukan kebiasaan baru dalam 1-2 pekan, makan kebiasaan lama akan berubah.

Untuk mulai mengubah kebiasaan dan pola tidur, Sahabat Dream bisa mencoba 14 cara mengatasi insomnia yang bisa dilakukan di rumah berikut ini: 

1 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Insomnia dengan Penjadwalan Jam Tidur

1. Mengatur Jam Bangun Tidur

Cara mengatasi insomnia yang sangat mudah dilakukan ialah bangun di jam yang sama setiap hari. Kebiasaan ini akan membuat tubuh konsisten dan terbiasa bangun tepat waktu. Cara ini efektif untuk melatih tubuh penderita insomnia.

Masalah utama bagi penderita insomnia ialah balas dendam untuk tidur di akhir pekan, dan bangun siang. Siklus ini akan mengganggu jam tidur dan bangun, usahakan untuk tetap bangun tidur di jam yang sama.

 Cara Mengatasi InsomniaCara Mengatasi Insomnia © Shutterstock


2. Mengurangi Jam Istirahat

Susah tidur di malam hari bukan berarti kita bisa banyak beristirahat di siang hari. Apabila istirahat siang hari dilakukan, akan membuat tubuh bugar di malam hari dan gangguan insomnia kembali datang.

Untuk membuat tubuh istirahat dengan baik di malam hari, hindari untuk beristirahat di siang hari. Tubuh yang tidur dalam keadaan lelah, biasanya jauh lebih mudah terlelap dan kualitas tidur meningkat.

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Insomnia dengan Lingkungan Nyaman

3. Mengurangi Kegiatan Lain di Tempat Tidur

Cara mengatasi insomnia selanjutnya ialah dengan mengondisikan lingkungan sekitar tempat tidur menjadi nyaman dan mengurangi kegiatan lain di tempat tidur.

Apabila terlalu banyak kegiatan lain, selain tidur, di tempat tidur, akan membuat tubuh terbiasa untuk melakukan kegiatan lain tersebut dan jam tidur akan terganggu.

 Cara Mengatasi InsomniaCara Mengatasi Insomnia © Pixabay


4. Menciptakan Suasana Nyaman

Nyaman bagi setiap orang berbeda-beda, oleh sebab itu, ciptakan sendiri suasana nyaman menurut diri kita masing-masing sebelum tidur. Mungkin ada yang merasa nyaman dengan lampu yang menyala, tapi ada juga yang nyaman dengan lampu redup.

5. Mengurangi Stres dan Kekhawatiran

Satu hal yang perlu diingat sesaat sebelum tidur, yaitu menghilangkan segala kekhawatiran dan stres. Pikirkan sesuatu yang menyenangkan sebelum tidur, hindari pikiran-pikiran yang membuat khawatir dan membuat kita tambah stres.

Sahabat Dream bisa memikirkan rencana liburan, orang disayang atau pikiran-pikiran menyenangkan lainnya.

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Insomnia dengan Menghindari Makanan Tertentu

6. Menghindari Alkohol, Nikotin dan Kafein

Kebiasaan minum kopi, merokok dan alkohol, hanya akan menambah parah insomnia. Salah satu cara mengatasinya ialah dengan menghindarinya. Setidaknya mengurangi, dan menghindarinya saat mendekati jam tidur.

Mungkin cara mengatasi insomnia ini sedikit sulit dilakukan oleh orang yang sudah kecanduan. Apabila sulit untuk mengubah kebiasaan ini, segera konsultasikan dengan dokter untuk solusi yang lebih tepat.

 Cara Mengatasi InsomniaCara Mengatasi Insomnia © Shutterstock


7. Tidak Makan dan Minum Sebelum Tidur

Selain menghindari konsumsi makanan dengan kandungan di atas, ketika mendekati jam tidur, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman. Konsumsi makanan berat di malam hari, akan membuat sistem pencernaan kembali bangun dan mempersulit tubuh untuk tidur.

Minum terlalu banyak sebelum tidur, sebaiknya juga dikurangi. Konsumsi air terlalu banyak di malam hari, akan mudah membangunkan tubuh untuk buang air dan mengalami insomnia.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Insomnia dengan Konsumsi Magnesium dan Melatonin

8. Konsumsi Magnesium

Magnesium adalah mineral alami yang ampuh untuk meredakan stres dan merelaksasi otot tubuh. mengonsumsi makanan bermagnesium atau suplemen magnesium, ampuh untuk mengatasi insomnia dengan memberi efek tenang pada tubuh sebelum tidur.

Tapi perlu diingat, kalau konsumsi suplemen magnesium tidak bisa dilakukan setiap hari. Beri jeda selama beberapa hari, dan konsumsi dalam dosis yang cukup.

 Cara Mengatasi InsomniaCara Mengatasi Insomnia © Shutterstock


9. Konsumsi Melatonin

Selain magnesium, melatonin juga ampuh untuk memberi efek tenang pada tubuh. Melatonin juga bisa dikonsumsi pasien dengan riwayat kanker dan insomnia.

Tapi, konsumsi obat atau makanan yang mengandung melatonin tidak boleh berlebihan. Apabila konsumsi berlebihan, akan menyebabkan depresi, pusing dan iritasi.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Insomnia dengan Relaksasi Tubuh

10. Menggunakan Lavender

Aroma bunga lavender sangat cocok untuk insomnia. Aromanya mampu memberi efek tenang dan meningkatkan kualitas tidur seseorang. Sahabat Dream bisa mengoleskan minyak lavender sebelum tidur, atau meletakkan bunga lavender di dalam kamar untuk menagtasi insomnia.

11. Meditasi

 Cara Mengatasi InsomniaCara Mengatasi Insomnia © Shutterstock


Meditasi sangat penting untuk menciptakan ketenangan dan kestabilan berpikir pada tubuh. meditasi juga mampu mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi dan imunitas tubuh. Sahabat Dream yang mengidap insomnia, bisa mengikuti kelas meditasi atau melakukan meditasi sendiri di rumah.

12. Pijat Tubuh

Tubuh yang lelah dan otot tegang bisa meningkatkan risiko insomnia di malam hari. Untuk mengatasinya, Sahabat Dream bisa memijat tubuh dengan minyak alami, atau datang ke tempat pijat untuk merenggangkan otot dan menenangkan tubuh.

Dijamin setelah pulang dari pijat, tubuh akan terasa ringan dan mudah untuk tidur.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Insomnia dengan Olah Tubuh

13. Yoga

Yoga adalah satu satu olahraga yang memusatkan latihannya pada konsentrasi dan keseimbangan. Dengan melakukan yoga secara rutin, kualitas tidur akan meningkat dan terhindari dari insomnia. Setidaknya, lakukan latihan yoga selama 20 menit dalam sekali latihan.

Yoga juga bisa dilakukan tanpa ikut kelas khusus, dan  bisa dilakukan sendiri di rumah dengan video yoga yang bisa diunduh di Youtube. Tidak ada alasan untuk malas berolahraga, ya Sahabat Dream.

 Cara Mengatasi InsomniaCara Mengatasi Insomnia © Shutterstock


14. Olahraga Rutin

Selain yoga, usahakan untuk melakukan olahraga rutin untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, olahraga juga baik untuk meningkatkan energi, mengatur berat badan dan meningkatkan kualitas tidur.

Setidaknya, lakukan olahraga ringan selama 20 menit per hari. Bisa olahraga lari, bersepeda, renang atau kegiatan olahraga lainnya.

(ism, Sumber: Healthline dan WebMD)

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna