Jenis Olahraga Ini Bisa Bantu Turunkan Level Stres, Coba Yuk!

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 2 Agustus 2021 10:12
Jenis Olahraga Ini Bisa Bantu Turunkan Level Stres, Coba Yuk!
"Olahraga bisa menghasilkan endorphin hormon yang dihasilkan saat orang merasa bahagia".

Dream – Kondisi yang serba tak pasti saat pandemi seperti sekarang bukan hanya memicu masalah kesehatan fisik, tapi juga mental. Level stres sudah sangat tinggi dan jika tak terkontrol bisa menjadi depresi.

Sangat disarankan oleh para ahli kesehatan jiwa, meski kamu di rumah tetap lakukan olahraga rutin. Aktivitas fisik yang teratur akan membantu menjaga suasana hati lebih baik dan mengurangi level stres.

Olahraga merupakan aktifitas fisik yang menyenangkan. Selain untuk membuat badan sehat, olahraga juga bisa memperbaiki mood dan membantu regenerasi sel-sel otak lainnya. Tidak harus melakukan olahraga yang berat, ternyata olahraga ringan juga bisa membantu tubuhmu menjadi lebih baik.

David Muzina, MD, Direktur di Cleveland Clinic, mengungkap latihan fisik dapat menstimulasi saraf otak, dan menghasilkan energi yang dapat mencegah depresi.

" Olahraga bisa menghasilkan endorphin hormon yang dihasilkan saat orang merasa bahagia," ujarnya.

 

1 dari 4 halaman

Lalu apa saja jenis olahraga yang bisa membantu meredakan stres? Berikut daftarnya.

1. Aerobik/ dance
Olahraga yang menyenangkan dengan latar musik seru bisa membantu memperbaiki mood. Melakukan aerobik atau dance minimal 20 menit, setiap hari akan sangat membantu mengurangi stres.

Aktivitas yang seru ini dikenal dengan sebutan runners high. Yaitu ngkapan saat orang merasa bahagia, karena mencapai olahraga yang menyenangkan dan menghasilkan keringat di tubuhnya.

2. Angkat beban
Untuk kamu yang suka angkat berat dan membentuk tubuh, cobalah jenis olahraga dengan beban. Membangun otot dengan cara mengangkat bebam secara berulang, membuat tubuh jadi lebih kuat. Ini juga akan merangsang endhorphin dalam tubuh.

 

2 dari 4 halaman

3. Jalan kaki
Nah, ini dia olahraga yang cocok untuk kamu yang suka jalan-jalan keliling komplek. Kamu bisa jalan di pagi atau sore hari secara bergantian agar tidak merasa bosan.

Bisa juga mengitari rumahmu selama 15-30 menit setiap hati. Jalan kaki akan membuat perasaanmu menjadi lebih baik, dan membuat otot kakimu menjadi lebih lentur.

4. Yoga
Latihan pernapasan dan menenangkan pikiran dalam yoga juga cukup efektif mengurangi level stres. Tubuh menjadi rileks dan segar, bisa membantu mengurangi pikiran negatif dan membuat tidur lebih nyenyak.

" Yoga adalah obat anti depresi yang natural, efeknya dapat memperbaiki fleksibilitas tubuh dan membuat otot menjadi kuat, napas pun menjadi lebih ringan," ujar Norman E.Rosenthal, Md, seorang Profesor psikatri, di Georgetown University.

Laporan : Delfina Rahmadhani/ Sumber: Everyday Health

3 dari 4 halaman

Kondisi Mood Buruk Bisa Jadi 'Bahan Bakar' Berolahraga

Dream – Rasa sedih, marah, atau gembira bisa jadi berpengaruh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ada kalanya kita merasa sangat cemas, emosi naik turun dan tak bergairah karena faktor hormon atau eksternal.

Dalam kondisi ini coba salurkan suasana hati atau mood yang buruk dengan berolahraga. Erin Schirack seorang instruktur fitness dan pendiri CHI-SOCIETY mengatakan bahwa endorphin yang dilepaskan tubuh saat berolahraga dapat meningkatkan mood dan energi.

“ Olahraga sangat penting untuk kesehatan mental karena mengurangi kecemasan, depresi, dan suasana hati negatif,” ujarnya dikutip Real Simple.

Beragam mood yang kamu rasakan, bisa disesuaikan dengan jenis olahraga dilakukan. Berikut panduannya, bisa dicoba untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

1. Saat tak berenergi
Kekurangan energi atau motivasi akibat terlalu lama bekerja bisa menyebabkan produktivitas rendah. Kamu bisa olahraga yang menargetkan beberapa latihan otot sekaligus seperti clean-to-press untuk angkat besi, burpee, atau single-arm renegade rows.

2. Saat merasa cemas
Keith Hodges seorang personal trainer dan pendiri Mind in Muscle Coaching menyarankan, untuk mengurangi rasa cemas dan stres hindari untuk sementara latihan kardio yang intensfif. Alihkan pada latihan pernapasan dengan yoga atau pilates. Bisa juga melakukan gerakan tai chi atau peregangan ringan. Olahraga ini dapat membantu menenangkan sistem saraf.

 

 

4 dari 4 halaman

3. Saat merasa sedih
Rasa sedih bisa kamu lawan dengan melakukan aktivitas yang menantang dan membawa kebahagiaan seperti lari, bermain basket, tenis, atau sekadar jalan sore.

Jika kamu kesulitan untuk berlari, kamu bisa mencoba jalan cepat, bersepeda, atau mendaki setidaknya 30 menit.

4. Saat merasa senang
Tentunya tak selamanya kita memiliki mood buruk. Saat merasa senang dan mood sedang baik, disarankan untuk melakukan latihan beban. Lakukan repetisi atau tambahkan satu hingga dua set. Jika suka berlari, larilah lebih cepat atau lebih jauh.

Laporan Elyzabeth Yulivia

Beri Komentar