Kenali 5 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Sering Terjadi

Reporter : Reni Novita Sari
Jumat, 22 Mei 2020 15:01
Kenali 5 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Sering Terjadi
5 Kondisi Perut ini Menunjukkan Kamu Sedang Hamil Muda

Dream- Kehamilan merupakan salah satu berita menggembirakan yang ditunggu-tunggu banyak pasangan suami istri. Namun, terkadang tanda-tanda hamil tidak disadari sebagian wanita. Terutama untuk kehamilan pertama.

Tanda-tanda kehamilan penting diketahui sejak dini. Pasalnya, banyak wanita yang tidak menyadari dirinya sedang hamil. Apalagi saat sedang hamil muda.

Pertanda hamil tahap awal memang sulit diketahui karena ciri-ciri hamil yang muncul biasanya tidak terlalu signifikan Gejalanya pun kadang mirip dengan gejala haid.

Beberapa wanita juga mungkin dapat merasakan ada yang berbeda. Namun menganggapnya sebagai tanda tubuh sedang kurang fit atau tidak sehat.

Mengetahui ciri-ciri hamil sangatlah penting agar ibu dapat menjaga kesehatan dirinya dan janin dengan baik. Diawali dengan mengatur tingkat aktivitas, asupan makanan, hingga pengendalian stres.

Mengapa ini sangat penting? Jika seorang wanita telat mengetahui kehamilan, maka gaya hidup sehat tidak segera dilakukan sehingga hal ini bisa membahayakan janin.

Dengan mengetahui ciri hamil sejak awal, tentu bisa langsung berhenti makan makanan yang tidak sehat untuk janin dan bisa segera memulai gaya hidup sehat.

Selain dapat diketahui dengan alat tes kehamilan atau test pack, kehamilan juga bisa diperhatikan dari tanda-tandanya. Mulai dari tanda-tanda yang melibatkan perubahan fisik hingga suasana hati.

Berikut Dream rangkum dari SehatQ.com, tanda-tanda hamil muda pada perut yang biasa terjadi di awal kehamilan: 

1 dari 7 halaman

1. Perut Kram

Salah satu tanda hamil muda yang biasanya dialami adalah kram perut ringan. Tanda-tanda hamil muda pada perut ini biasanya muncul berbarengan dengan flek darah yang mungkin menandakan implantasi (proses tertanamnya embrio ke rahim).

Kram perut saat hamil muda yang dirasakan kurang lebih sama dengan kram yang wanita rasakan saat sedang menstruasi. Kondisi ini yang membuat tanda hamil muda dan tanda menstruasi terkadang sulit untuk dibedakan.

Yang membedakan keduanya adalah, kram perut sebagai tanda-tanda hamil umumnya tidak terlalu sakit, hanya seperti dicubit dan berlangsung singkat. Kram bisa mulai terasa segera setelah ovulasi tapi mereda dalam hitungan jam.

Jika nyerinya berlangsung lama dan sakitnya terasa menyeluruh, ini kemungkinan besar kram gejala menstruasi bukan sebagai ciri-ciri hamil.

Saat kamu merasakan kram perut, hal penting yang harus dilakukan adalah beristirahat.

Untuk mengurangi kram perut kamu dapat mencoba hal-hal berikut ini:

  • Bergerak atau melakukan beberapa gerakan pelan guna mengatasi kram yang mungkin disebabkan oleh lambung bergas.
  • Mandi atau kompres perut dengan air hangat.
  • Berbaring atau duduk sementara waktu.
  • Jangan merokok dan minum minuman beralkohol.
2 dari 7 halaman

2. Perut Kembung

perut kembung tanda hamil muda© Ilustrasi foto : shutterstock

Tanda-tanda hamil muda pada perut berikutnya adalah perut terasa kembung. Sama seperti kram perut, perut kembung juga terkadang menjadi gejala menstruasi yang paling umum.

Kembung ketika hamil muda mungkin akan sulit dibedakan dengan kembung sebelum menstruasi. Tapi, itu adalah hal yang dirasakan banyak wanita segera setelah mereka hamil.

Saat hamil muda, perut kembung biasanya disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan sistem pencernaan melambat. Ketika sistem pencernaan melambat, makanan dan gas akan bertahan lebih lama di dalam perut.

Untuk mengatasi perut kembung saat hamil muda, sebaiknya kamu menghindari jenis-jenis makanan yang dapat membuat perut kembung, seperti kol, kubis, kacang-kacangan, dan lainnya.

3 dari 7 halaman

3. Perut Mual dan Muntah

Salah satu tanda-tanda hamil yang umum dirasakan adalah mual di pagi hari atau morning sickness. Mual dapat dialami dengan atau tanpa muntah.

Namun, meski namanya morning sickness, tanda -tanda hamil ini juga bisa terjadi sepanjang hari, yakni di siang, sore, atau malam hari. Ciri-ciri hamil yang satu ini umumnya baru muncul setelah kehamilanmu memasuki minggu ke-6.

Ada juga beberapa ibu hamil yang mengalami tanda-tanda hamil ini lebih cepat, yakni di minggu ke-2 atau segera setelah pembuahan terjadi. Morning sickness akan mereda perlahan seiring perkembangan usia kehamilanmu.

Yang sebaiknya kamu lakukan saat mengalami morning sickness saat hamil muda, yaitu memperbanyak asupan cairan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

4 dari 7 halaman

4. Perut Sembelit

peut sembelit tanda hamil muda© Ilustrasi foto : shutterstock

Sembelit atau BAB (Buang Air Besar) tidak teratur mungkin juga termasuk jadi salah satu tanda-tanda hamil. Ciri-ciri hamil muda ini muncul karena kenaikan hormon progesteron.

Ketika hormon progesteron tinggi, pergerakan usus jadi lebih lambat untuk menyalurkan makanan hingga ke ujung anus. Maka feses wanita hamil muda lebih sulit dikeluarkan.

Perubahan hormon saat hamil dapat menyebabkan sistem pencernaan melambat yang berakhir menjadi kondisi sembelit. Biasanya kondisi ini juga berbarengan dengan perut kembung.

Sebagai solusi untuk mengatasi perut sembelit saat hamil, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat, seperti buah-buahan dan sayuran hijau.

Tanda kehamilan ini bisa terjadi di minggu awal kehamilan, dan bahkan bisa berlanjut sampai beberapa bulan ke depan.

5 dari 7 halaman

5. Perut Kencang

Tanda-tanda hamil muda pada perut lainnya, yaitu perut terasa kencang. Beberapa wanita hamil mungkin ada yang merasakan sensasi otot seperti ditarik, ditusuk, atau diregangkan di bagian perut.

Salah satu penyebab kondisi ini dapat terjadi adalah rahim yang berkembang serta ligamen dan jaringan perut lainnya yang meregang dengan cepat sebagai cara untuk menyesuaikan pertumbuhan janin. Selain itu, perut kembung dan sembelit juga dapat menyebabkan perut terasa kencang saat hamil muda.

Untuk mengatasi perut kencang saat hamil muda, kamu bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Beristirahat
  • Perbanyak minum air agar tubuh tetap terhidrasi
  • Menggerakkan posisi tubuh agar perut terasa lebih relaks
  • Gunakan kompres hangat dan atau mandi air hangat
  • Lakukan pijatan lembut
6 dari 7 halaman

Segera Lakukan Tes Kehamilan

Tidak semua wanita menunjukkan tanda-tanda hamil yang seragam. Ada yang mengalami mual dan muntah tapi tidak merasa kram perut implantasi, atau sebaliknya.

Bahkan, perempuan yang sudah pernah hamil berkali-kali mungkin saja mengalami tanda-tanda hamil yang berbeda di setiap kehamilannya.

Ini terjadi karena tubuh setiap wanita pasti berbeda, sehingga bagaimana mereka bereaksi terhadap perubahan tubuhnya juga akan berbeda.

Untuk Memastikan wanita sedang hamil muda tidak cukup hanya dengan melihat tanda-tanda hamil yang dirasakan saja.

Namun bila merasa yakin hamil, ada baiknya segera cek dengan test packTest pack adalah alat tes kehamilan yang dapat diperoleh dengan mudah di apotek atau toko obat. Dengan alat ini, kamu bisa memastikan kehamilan lebih awal dan cukup akurat, sekitar 97-99 persen, tidak hanya dengan melihat tanda yang dialami saja.

Namun, kehamilan baru dapat terdeteksi secara akurat oleh alat setidaknya 10 hari setelah telat haid. Gunakan alat sesuai instruksi pada kemasan untuk hasil yang akurat.

7 dari 7 halaman

Periksa ke Dokter Kandungan

Tidak hanya mengandalkan test pack atau mengamati tanda-tanda hamil, kamu juga perlu periksa ke dokter untuk memastikan positif hamil atau tidak. 

Jika hasil test pack menunjukkan positif, kamu dapat segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan dan memeriksakan kondisi kandunganmu.

Selanjutnya, pemeriksaan kandungan secara rutin perlu dilakukan sesuai dengan instruksi dokter kandungan. Kamu juga perlu menemui dokter kandungan apabila mengalami terlambat datang bulan dan yakin dengan beberapa tanda-tanda hamil muda pada perut di atas. Biasanya dokter akan melakukan USG untuk menentukan apakah kamu sedang hamil muda atau tidak. (Sumber: SehatQ.com) 

 

Beri Komentar