13 Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Telat Haid dan Setelah 1 Minggu Pertama

Reporter : Sugiono
Rabu, 28 November 2018 17:30
13 Tanda-tanda Kehamilan Sebelum Telat Haid dan Setelah 1 Minggu Pertama
Para ibu muda sebaiknya mengenal tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid dan kehamilan muda 1 minggu pertama. Demi mempersiapkan diri menjalani masa kehamilan selanjutnya.

Dream - Kehamilan adalah momen istimewa yang sangat ditunggu oleh pasangan muda yang baru menikah.

Meski begitu, tak sedikit ibu muda yang baru pertama kali hamil kurang mengenali tanda-tanda kehamilan.

Terkadang, ibu muda yang baru pertama kali hamil salah mengira sindrom menjelang haid (PMS) sebagai tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid.

PMS dan tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid memang agak mirip. Mulai dari payudara yang mengencang hingga perut kram.

Namun ada perbedaan antara PMS dan tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid jika kita cukup teliti membedakannya.

Tubuh perempuan akan mengalami banyak perubahan jelang munculnya tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid atau kehamilan muda 1 minggu pertama.

Hal itu terlihat pada beberapa tanda-tanda kehamilan yang paling sering tampak dan mudah diketahui oleh ibu hamil.

Karena itu para ibu muda sebaiknya mengenal tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid dan kehamilan muda 1 minggu pertama. Demi mempersiapkan diri menjalani masa kehamilan selanjutnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah penjelasan tentang munculnya tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid dan kehamilan muda 1 minggu pertama.

Tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid

Bagi ibu muda yang baru pertama kali hamil, mungkin akan bingung melihat kenyataan bahwa telat haid atau datang bulan bukan merupakan tanda-tanda kehamilan yang utama.

Ternyata, ada juga beberapa gejala atau tanda-tanda kehamilan lainnya yang muncul sebelum kamu telat haid.

Berikut adalah 10 tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid yang wajib diketahui oleh ibu muda:

1. Sering buang air kecil

Jika diamati, tanda-tanda kehamilan di awal akan membuat wanita lebih sering buang air kecil. Ini disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kantong kemih.

2. Mudah lelah

Rasa mudah lelah tanpa sebab seringkali muncul di awal gejala kehamilan. Kelelahan umumnya terjadi karena meningkatnya kadar progesteron dalam tubuh, meningkatnya detak jantung, dan perubahan di sistem metabolisme tubuh. Hindari mengatasi kelelahan ini dengan mengonsumsi kafein karena bisa membahayakan janin.

3. Sering pusing

Pusing kerap menyertai rasa lelah yang datang sebagai tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid. Sering pusing ini akibat menurunnya tekanan darah dan menyempitnya pembuluh darah.

4. Munculnya bercak darah

Munculnya bercak darah yang keluar dari vagina merupakan tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid yang wajib diketahui para ibu muda. Bercak darah yang keluar menjadi tanda menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim.

5. Sering mual dan muntah

Mual dan muntah seringkali menjadi tanda-tanda kehamilan yang utama. Hal ini biasanya terjadi di pagi hari karena menumpuknya asam lambung selama tidur. Untuk mencegahnya, jangan biarkan perutmu kosong. Berusaha makan dengan cara sedikit demi sedikit namun sering.

6. Konstipasi

Perubahan hormon yang menyertai tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid akan menyebabkan kerja sistem pencernaan melambat sehingga membuatmu mengalami konstipasi.

7. Hilangnya nafsu makan

Meningkatkan kadar hormon di awal kehamilan, seringkali membuat wanita kehilangan nafsu makan.

8. Perubahan payudara

Tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid berikutnya adalah terjadinya perubahan pada payudara. Perubahan serangkaian hormon membuat payudara jadi lebih padat, sensitif, dan lebih kencang. Puting akan lebih menonjol serta berwarna lebih gelap.

9. Mood swing

Mood swing atau perubahan suasana hati yang mendadak jelas akan terjadi di awal kehamilan akibat perubahan hormon.

10. Sensitif terhadap aroma tertentu

Tanda-tanda kehamilan sebelum telat haid yang terakhir adalah munculnya rasa mual karena sensitif terhadap aroma tertentu. Hal ini terjadi karena indera penciuman yang lebih tajam dari biasanya menjadi.

Demikianlah 10 tanda-tanda kehamilan sebelum haid yang wajib diketahui oleh para ibu muda. Dengan mengetahui tanda-tanda kehamilan sebelum haid ini, para ibu muda diharapkan akan lebih siap seandainya muncul gejala-gejala tersebut.

Berikutnya kita akan membahas tentang tanda-tanda kehamilan muda 1 minggu pertama yang dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 1 halaman

Tanda-tanda kehamilan muda 1 minggu pertama

Setelah mengalami tanda-tanda kehamilan di atas yang disertai dengan terlambat datang bulan, kamu pun melakukan tes kehamilan dengan hasil yang positif.

Nah, sekarang kamu mulai masuk dalam fase kehamilan muda 1 minggu pertama. Ternyata ada beberapa tanda-tanda kehamilan yang menyertainya seperti penjelasan berikut ini.

Kram

Kram yang muncul di kehamilan muda rasanya tidak jauh berbeda dengan kram yang biasanya kamu alami menjelang menstruasi. Namun jika kram yang terjadi lebih sakit daripada biasanya dan disertai dengan kontraksi yang terjadi setiap 5 hingga 20 menit sekali, ada baiknya kamu memeriksakan kondisi ini pada dokter kandungan.

Mual

Mual menjadi tanda-tanda kehamilan muda yang biasanya berlangsung hingga di minggu kedua belas. Meski mual biasanya lebih sering terjadi saat di pagi hari, namun ada pula wanita yang mengalami mual sepanjang hari.

Untuk mengatasinya, hindari aroma yang bisa memicu kamu mengalami mual, makan dengan porsi sedikit namun sering, dan perbanyak minum air putih sebab mual biasanya juga disertai dengan muntah yang bisa menyebabkan dehidrasi.

Pendarahan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pendarahan terjadi sebagai tanda dari embrio yang menempel di dinding rahim. Namun kamu tetap perlu waspada jika pendarahan yang terjadi berwarna merah terang atau merah mudah disertai munculnya keputihan yang menyerupai gumpalan darah. Apalagi jika disertai dengan rasa kram yang menyiksa.

Keputihan

Keputihan memiliki fungsi untuk menjaga sistem reproduksi agar tetap bersih dan bebas infeksi. Keputihan yang muncul di masa awal kehamilan juga memiliki tugas untuk melindungi sistem reproduksi dari infeksi.

Namun kamu perlu waspada jika keputihan berjumlah banyak, berwarna kuning atau hijau, berbau tidak sedap, dan disertai dengan rasa nyeri.

Begitu tadi tanda-tanda kehamilan muda 1 minggu pertama yang wajib diketahui oleh para ibu muda. Apapun yang terjadi selama gejala awal kehamilan, kamu harus siap menerima setiap perubahan dan masalah yang timbul pada tubuh.

Kehamilan terkadang membuat para ibu muda yang baru pertama kali hamil selalu deg-degan. Tapi, tidak usah khawatir. Selama bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh dan janin, semuanya akan baik-baik saja. Semoga informasi ini bermanfaat.

Dirangkum dari berbagai

Beri Komentar
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim