Kenali 6 Penyebab Tekanan Darah Tinggi dan Cara Perawatannya

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Selasa, 16 Juli 2019 06:13
Kenali 6 Penyebab Tekanan Darah Tinggi dan Cara Perawatannya
Apa saja yang jadi penyebab tekanan darah tinggi? Dan, bagaimana cara mengatasinya?

Dream - Tekanan darah tinggi, atau dikenal juga dengan hipertensi, bisa menyebabkan komplikasi parah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke hingga kematian.

Normalnya, tekanan darah manusia adalah 120 per 80 mmHg. Hipertensi bisa terjadi apabila angka tersebut melebihi 130 per 80 mmHg. Tekanan darah tinggi sudah jadi masalah kesehatan global.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sampai-sampai menaruh perhatian. Menurut laman Medical News Today, WHO menyarankan semua industri makanan mengurangi kandungan garam dalam produk mereka.

Garam memang menjadi salah satu pemicu tekanan darah tinggi. Apabila dikonsumsi terus-menerus, akan menyebabkan komplikasi yang parah.

Selain garam, masih banyak pemicu hipertensi, berikut di antaranya:

1 dari 6 halaman

Penyebab Tekanan Darah Tinggi, Usia

Usia© Pixabay

Usia menjadi penyebab tekanan darah tinggi yang paling umum, dan sering terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun.

Seiiring dengan bertambahnya usia, tekanan darah bisa meningkat secara tiba-tiba dikarenakan arteri yang semakin kaku, dan menyempit karena penumpukan plak.

Untuk mengatasi penyebab darah tinggi karena usia, bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti mengatur pola makan, latihan fisik ringan, dan rutin melakukan pengecekan tekanan darah.

Ada beberapa makanan yang harus diperhatikan orang tua yang memiliki tekanan darah tinggi, garam dan gula berlebih sangat tidak dianjurkan.

2 dari 6 halaman

Penyebab Tekanan Darah Tinggi, Etnis

Etnis© Shutterstock

Etnis menjadi penyebab tekanan darah tinggi selanjutnya. Beberapa etnis di dunia ini memiliki risiko tinggi untuk terkena tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena susunan genetik dan beberapa faktor lain yang bisa berpengaruh ke tekanan darah dalam tubuh.

Untuk penyebab tekanan darah yang satu ini, akan sulit untuk dicegah karena merupakan bawaan genetik. Namun, orang dengan etnis yang rentan hipertensi bisa melakukan beberapa perawatan, seperti menjalani pola hidup yang sehat, olahraga rutin, dan minum obat khusus dari dokter.

3 dari 6 halaman

Penyebab Tekanan Darah Tinggi, Ukuran Tubuh dan Berat Badan

Selain dua penyebab di atas, ukuran dan berat badan menjadi penyebab tekanan darah tinggi selanjutnya. Tekanan darah tinggi umumnya lebih kerap terjadi pada orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

Menurunkan Berat Badan© Shutterstock

 

Penyebab tekanan darah yang satu ini jadi penyebab yang paling umum dan utama dari hipertensi. Orang dengan kelebihan berat badan bisa melakukan perawatan dengan olahraga rutin, mengatur pola makan, mengurangi stres, hingga diet khusus.

4 dari 6 halaman

Penyebab Tekanan Darah Tinggi, Konsumsi Alkohol dan Rokok

Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa jadi penyebab tekanan darah tinggi, seperti mengonsumsi alkohol dan merokok. Konsumsi alkohol dan rokok dalam jumlah yang berlebihan, bisa menyebabkan tekanan darah menjadi lebih tinggi dan cepat.

Cara Berhenti Merokok© Pixabay

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh alkohol dan rokok, satu-satunya adalah dengan menghentikan konsumsi.

Dengan pembatasan konsumsi alkohol dan rokok, diiringi dengan gaya hidup yang sehat, akan membuat tekanan darah tinggi menurun dengan sendirinya.

5 dari 6 halaman

Penyebab Tekanan Darah Tinggi, Jenis Kelamin

Perempuan dan laki-laki© Shutterstock

Penyebab tekanan darah tinggi selanjutnya adalah jenis kelamin. Umumnya, pria usia muda lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi dibandingkan perempuan. Sedangkan perempuan akan lebih rentan ketika sudah berusia lanjut.

Jenis kelamin memang bisa jadi penyebab tekanan darah tinggi, namun tidak mutlak karena ada banyak faktor penyebab lainnya seperti makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup.

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh jenis kelamin, caranya adalah dengan rutin melakukan pengecekan tekanan darah.

Selain itu, gaya hidup juga menjadi pengaruh yang besar dalam hipertensi. Pria muda lebih beresiko terkena tekanan darah tinggi karena pola hidupnya yang tidak sehat.

Sedangkan dampak tekanan darah tinggi akan nampak pada perempuan saat sudah berusia lanjut.

6 dari 6 halaman

Penyebab Tekanan Darah Tinggi, Kondisi Kesehatan yang Buruk

null© Dream

Penyebab tekanan darah tinggi yang terakhir yaitu kondisi kesehatan. Apabila kondisi tubuh sedang tidak sehat, atau bahkan punya riwayat penyakit kronis seperti diabetes, penyakit ginjal, kolesterol yang tinggi, bisa menambah resiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Kondisi kesahatan yang buruk bisa memicu tekanan darah tinggi, dan untuk mengatasinya perlu perawatan dan pengobatan khusus. Hal ini disebabkan karena kompllikasi dari banyak penyakit, dan harus melakukan perawatan dan pengobatan dari dokter.

Tekanan darah tinggi bisa terjadi pada siapa saja yang bergaya hidup kurang baik dan tidak sehat. Oleh sebab itu, ayo mulai bergaya hidup sehat dan rajin olahraga ya, Sahabat Dream! Karena hipertensi tidak pandang bulu.

Semoga bermanfaat!

Beri Komentar