Siap-siap, Sederet Keluhan Usai Santapan Lezat Hari Raya

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 3 Juni 2019 08:01
Siap-siap, Sederet Keluhan Usai Santapan Lezat Hari Raya
Meski tersaji berbagai hidangan nikmat, Sahabat Dream perlu rem sedikit hasrat makan.

Dream - Hari Raya Idul Fitri jadi momen untuk berkumpul bersama keluarga besar. Tak lengkap rasanya jika di momen ini tak ada hidangan istimewa. Sajian makanan super lezat pasti ada di depan mata.

Seperti opor ayam, rendang, semur, lidah sambal ijo, sambel goreng ati, sayur labu santan, sate dan masih banyak lagi. Belum lagi minuman dan kue-kue khas seperti putri salju, kastengel dan nastar.

Meski tersaji berbagai hidangan nikmat, Sahabat Dream perlu 'rem' sedikit hasrat makan. Pasalnya, risiko keluhan kesehatan bakal muncul jika tidak dilakukan. Waspada saja dengan keluhan berikut setelah makan enak di hari raya.

- Tekanan darah tinggi

Makanan gurih dengan garam tinggi akan dengan mudah memicu naiknya tekanan darah. Tak hanya itu, kadang perjalanan mudik yang melelahkan memicu stres dan membuat tekanan darah naik drastis. Bagi yang memiliki riwayat darah tinggi, penting untuk mengonsumsi obat. Kontrol asupan dan perbanyak minum air putih.

- Asam lambung

Kuah santan yang gurih di setiap hidangan Idul Fitri memang sangat menggoda. Pastikan jangan berlebihan mengonsumsinya. Santan bisa dengan mudah memicu asam lambung, apalagi perut sudah terbiasa kosong saat puasa. Ingat, kuncinya adalah mengontrol. Bukan tidak boleh tapi jangan berlebihan.

 

1 dari 1 halaman

Waspada Juga Keluhan Ini

- Kolesterol tinggi

Keluhan satu ini juga kerap dialami banyak orang setelah hari raya. Bagaimana tidak, hidangan terdiri dari daging dan santan.

Sebenarnya boleh mengonsumsi makan tersebut tapi porsinya sedikit saja. Perbanyak minum air putih. Jika merasa pusing atau tak enak badan segera cek kolesterol.

Apa yang Terjadi Saat Kadar Gula Darah Tinggi?© MEN

- Kadar gula darah tinggi

Untuk mereka yang memiliki riwayat diabetes, momen seperti hari raya memang harus melakukan kontrol ekstra. Terutama pada minuman, kue dan puding manis.

Ini termasuk ketupan dan lontong yang kadar gulanya juga cukup tinggi. Ingat, konsumsi saja secukupnya. Jangan biarkan kadar gula tak terkontrol.

Beri Komentar