Penderita Darah Tinggi, Ini Cara Aman Makan Kambing

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 2 Agustus 2020 17:02
Penderita Darah Tinggi, Ini Cara Aman Makan Kambing
Cari tahu cara mengolahnya dengan sehat.

Dream - Hari raya Idul Adha identik dengan hidangan daging kambing. Segala macam olahan kambing biasanya tersaji di meja makan. Bagi penderita darah tinggi, mungkin takut untuk mengonsumsinya.

Hal ini karena ada anggapan makan kambing bisa meningkatkan level tekanan darah. Ternyata anggapan itu kurang tepat. Dikutip dari KlikDokter, berbagai studi ilmiah membuktikan bahwa daging kambing dan tekanan darah tidak memiliki hubungan yang saling mempengaruhi.

Salah satu studi yang membuktikannya adalah sebuah penelitian di India yang dipublikasikan oleh Pubmed Central pada 2014. Dalam studi tersebut, peneliti membandingkan antara orang yang jarang makan daging, orang yang sering makan daging kambing, dan orang yang sering makan daging ayam. Hasilnya, sering mengonsumsi daging kambing maupun ayam tidak menyebabkan tekanan darah naik.

Fakta yang benar adalah daging kambing mengandung sejumlah kolesterol di dalamnya yang efeknya bisa berdampak pada kenaikan kolesterol dan bisa memicu komplikasi. Beberapa ahli menyarankan untuk membatasi konsumsi semua daging merah, termasuk daging kambing, tak lebih dari 90 gram per hari.

 

1 dari 7 halaman

Olah dengan Tepat

Daging kambing juga mengandung zat bermanfaat bagi tubuh. Seperti protein yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta zat besi yang diperlukan sebagai bahan pembentuk sel darah merah.

Nah, agar manfaat tersebut benar-benar dirasakan, daging kambing harus diolah dengan cara yang benar. Hindari memasak daging kambing dengan suhu terlalu tinggi (di atas 250?C), karena dapat merusak kandungan gizi yang ada di dalamnya. Ini berarti, daging kambing sebaiknya tidak dibakar, digoreng, atau dipanggang.

 Semur Kambing© Shutterstock

Cara memasak daging kambing yang paling baik adalah dengan merebus atau mengukusnya. Namun, agar kandungan kolesterol di dalam daging kambing tidak bertambah, sebaiknya jangan gunakan santan saat proses pengolahannya. Banyak resep sehat yang dapat Anda kombinasikan dengan rebusan daging kambing. Misalnya, menjadikannya rawon, sup, atau semur.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

2 dari 7 halaman

5 Langkah Agar Terhindar dari Tekanan Darah Tinggi

Dream - Meningkatnya penderita hipertensi di Indonesia tiap tahunnya sangat mengkhawatirkan. Hal ini karena hipertensi menjadi 'pintu pembuka' penyebab komplikasi penyakit lainnya seperti jantung, strok, dan ginjal.

“ Hipertensi itu terbagi menjadi primer dan sekunder. Hipertensi primer biasanya keturunan sedangkan yang sekunder, biasanya ada keluhan pada organ tubuh, seperti pada jantung, ginjal, dan otak. Oleh sebab itu, kontrol dalam konsumsi garam sangat penting dilakukan,” kata Dr. dr. Yuda Turuna, Sp.S di acara kampanye CERAMAH di Jakarta, 19 September 2019.

Untuk itu penting untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin. Jika hasilnya menuju hipertensi atau sudah hipertensi, segera konsultasi dengan dokter. Penting juga untuk menjaga tekanan darah dengan lima langkah berikut.

3 dari 7 halaman

Olahraga

 Olahraga Kecil Atasi Ketegangan Otot Saat Bekerja© MEN


Olahraga teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti bersepeda santai, jogging atau jalan santai. Lakukan olahraga ringan selama 30-40 menit selama 3 kali dalam seminggu.

4 dari 7 halaman

Diet Seimbang

 Resep Menu Diet Sehat Siang Hari © MEN

Bagi penderita darah tinggi, konsultasi juga ke dokter gizi untuk mendapatkan diet yang sesusai. Perbanyaklah makanan yang mengandung kalium, kalsium dan magnesium.

“ Penderita hipertensi harus menjaga pola diet, kurangi konsumsi garam dan perbanyak sabu-sabu (sayur dan buah),” ujar dr. Tunggul Situmorang SpPD-KGH.

5 dari 7 halaman

Jangan Banyak Konsumsi Garam dan Sodium

 Garam Jangan Sampai Setengah Sendok Makan© MEN

Jika memang sulit untuk tidak makan garam, lebih baik kurangi takaran garam dan kurangi konsumsi makanan yang terkandung sodium. Perhatikan juga kandungan garam di minuman dan camilan yang levelnya juga sangat tinggi

6 dari 7 halaman

Kontrol Berat Badan

 Ngemil Malam Tak Pengaruhi Berat Badan?© MEN

Mengontrol kolesterol dan cek diabetes sangatlah penting bagi penderita hipertensi. Konsultasikan pada ahli gizi agar pola makan bisa disesusaikan dan tidak meningkatkan tekanan darah.

7 dari 7 halaman

Tidak Merokok

Merokok dan meminum alkohol dapat melukai pembuluh darah. Dengan berhenti merokok dan meminum alkohol, kita secara langsung sudah berupaya menuju pola hidup sehat agar terhindar dari hipertensi.

Dengan menjaga pola hidup sehat dan sadar akan pentingnya pengecekan tekanan darah, dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi penyakit seperti strok, serangan jantung, diabetes dan lain-lain.

 

Laporan: Razdkanya Ramadhanty

Beri Komentar