Waduh, Punya Pinjaman Online Bisa Bikin Masalah Mental

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 18 Mei 2021 11:12
Waduh, Punya Pinjaman Online Bisa Bikin Masalah Mental
Hindari pemakaian jasa pinjaman online berlebihan agar tidak mengalami hal ini.

Dream - Pinjaman online merupakan hal yang sangat digemari oleh banyak orang beberapa tahun terakhir. Untuk bisa menggunakan layanan memang sangat praktis.

Pasalnya, cara mendaftarkan diri untuk bisa mendapatkan pinjaman online bukanlah hal sulit. Penggunanya hanya perlu mengisi data diri sesuai KTP.

Meski pendaftarannya mudah, namun banyak orang justru terlena dengan aplikasi tersebut dan melakukan pembelian secara impulsif.

Inilah yang membuat pinjaman online justru menjadi sumber stres dan masalah mental. Di samping itu, penggunanya juga bisa mengalami berbagai masalah lain akibat pinjaman online seperti yang dilansir dari Sehatq.com berikut ini.

1 dari 7 halaman

Depresi

Hal utama yang bisa dipicu oleh pinjaman online adalah depresi. Apalagi, jika kesulitan mengembalikan dananya. Ini akan membuat kita kurang produktif dan kualitas hidup pun menurun.

Kecemasan berlebih

Selain depresi, penggunanya pun akan merasa cemas berlebihan. Terutama, jika jumlah hutangnya cukup besar.

Mengubah perilaku

Memiliki hutang akan membuat pikiran tak karuan. Ini juga yang akan mengubah perilaku serta cara merespons terhadap sesuatu.

Ingin bunuh diri

Keinginan bunuh diri akibat terlilit hutang bukanlah hal baru. Bahkan, penelitian membuktikan bahwa 11 persen laki-laki bunuh diri akibat terlilit utang.

2 dari 7 halaman

Kisah Seleb yang Alami Gangguan Mental

Dream - Belakangan, masalah gangguan mental ramai diperbincangkan publik. Gangguan mental atau mental disorder merupakan suatu masalah yang menyerang kejiwaan seseorang yang kemudian memengaruhi cara berpikir dan bersikap si penderita.

Di Indonesia sendiri, membicarakan tentang gangguan mental masih dianggap sebagai hal yang tabu. Faktor inilah yang kemudian membuat banyak penderita mental disorder memilih bungkam dan enggan mencari bantuan medis.

Hal ini ternyata juga dialami oleh beberapa selebriti Tanah Air. Sebut saja seperti Marshanda, Ariel Tatum, Vidi Aldiano, juga Deddy Corbuzier.

Sempat menutupinya dari publik, namun akhirnya para selebriti ini memilih berbicara terus terang mengenai masalah kesehatan mental yang mereka hadapi.

Bagaimana kisah mereka? Simak ulasannya dilansir dari Brilio.net berikut ini:  

3 dari 7 halaman

1. Ariel Tatum

Ilustrasi© foto: Instagram/@arieltatum

Salah satu artis yang mengalami mental illness yakni Ariel Tatum. Dilansir dari Liputan6.com, Ariel sempat mendatangi psikolog akibat borderline personality disorder (BPD) yang dialaminya.

Ariel Tatum pertama kali mengetahui dirinya mengalami BPD saat berusia 13 tahun. Awalnya Ariel mengaku takut untuk menceritakan mental mental illness yang diidapnya ini.

Meski demikian, akhirnya Ariel bercerita kepada publik dan mengajak orang-orang yang sama sepertinya untuk selalu bahagia.

2. Vidi Aldiano

Ilustrasi© foto: Instagram/@vidialdiano

Gangguan mental juga dialami oleh penyanyi solo pria Indonesia Vidi Aldiano. Dilansir dari Liputan6.com, Vidi mengaku mengaku mengidap gangguan mental pada pertengahan tahun 2019 lalu.

Dalam pengakuannya itu, pelantun lagu status palsu ini mengalami anxiety attack. Belum terlalu parah gangguan mental yang diidapnya ini, akan tetapi Vidi pernah hingga pingsan ketika mengalami kecemasan saat hendak menyanyi di atas panggung.

4 dari 7 halaman

3. Marshanda

Ilustrasi© foto: Instagram/@marshanda99

Artis cantik yang sudah terjun ke dunia hiburan ini juga mengalami penyakit gangguan mental. Penyakit yang dialami oleh Marshanda ini mulai terlihat saat beberapa video aksinya yang sempat viral di media sosial beberapa tahun lalu.

Sempat mengunggah video seraya berjoget dan menangis pada tahun 2009, membuat Marshanda diklaim gila oleh netizen Indonesia.

Sejak beredarnya video tersebut, Marshanda mengakui bahwa dirinya mengidap gangguan mental berupa bipolar disorder tipe. Akibatnya, dirinya lebih hiperaktif dibandingkan dengan orang-orang pada umumnya.

4. Tamara Blezynski

Ilustrasi© foto: Instagram/@tamarablezynskiofficial

Sedikit berbeda dengan Tamara Blezynski. Ibunda Teuku Rasya ini memiliki gangguan belajar bernama disleksia. Dilansir dari Liputan6.com, Tamara mengaku mengalami kesulitan membaca dan mengingat urutan alfabet. Tidak hanya itu, menurut Tamara saat melihat huruf-huruf, seakan-akan huruf-huruf tersebut tengah menari-nari.

5 dari 7 halaman

5. Rachel Vennya

Ilustrasi© foto: Instagram/@rachelvennya

Selebgram Rachel Vennya juga mengalami gangguan mental seperti Marshanda, yakni bipolar disorder. Pengakuan mengenai mental illness yang dialaminya ini diungkapkan Rachel Venya melalui video yang diunggahnya ke YouTube.

Awalnya Rachel malu mengakui mental illness yang dialaminya ini. Rachel takut dan khawatir dengan stigma masyarakat atas bipolar disorder yang dialaminya. Namun Rachel tetap semangat berjuang untuk menghadapi mental illness ini.

6 dari 7 halaman

6. Niko Al-Hakim

Ilustrasi© foto: Instagram/@okinpth

Tidak hanya Rachel Venya, mental illness juga dialami oleh sang mantan suaminya, Niko Al-Hakim. Dari pengakuan sebuah video yang diunggah ke akun YouTube miliknya, Niko mengalami generalized anxiety disorder (gad) sejak tiga tahun belakangan ini.

Awalnya Niko tidak menyadari atas mental illness yang diidapnya ini. Ia baru menyadari setelah salah seorang publik figur membicarakan mengenai penyakit mental tersebut. Setelahnya, Niko kemudian menghubungi publik figur tersebut untuk bercerita dan memang benar dirinya didiagnosa penyakit tersebut.

7 dari 7 halaman

7. Tora Sudiro

Ilustrasi© foto: Instagram/@t_orasudi_ro

Dilansir dari Liputan6.com, aktor Tora Sudiro ternyata juga mengalami gangguan mental. Tora mengalami mental illness berupa tourette syndrome, yakni gangguan yang menyerang bagian syaraf.

Mental illness yang dialami oleh presenter Tora Sudiro ini merupakan penyakit turunan. Gejalanya ialah si pengidap seringkali berkata-kata dan melakukan tindakan di luar kendalinya.

8. Cerelia Raissa

Ilustrasi© foto: Instagram/@cereliaraissa

Dari video yang diunggah melalui akun YouTube Gritte Agatha, artis Cerelia Raissa mengaku mengalami mental illness. Tidak hanya satu, Cerelia Raissa mengaku mengalami lima jenis mental illness sekaligus. Awalnya artis FTV ini mengetahui dua penyakit yang dialaminya ketika duduk di bangku SMP.

Dua penyakit awal yang disadarinya itu yakni bipolar dan anxiety disorder. Baru setelahnya Cerelia kembali mengetahui bahwa dirinya juga mengidap mental illness berupa border personality disorder (BPD), binge eating disorder, dan anorexia disorder.

Beri Komentar