Kenali Saraf Kejepit pada Tangan

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 28 Maret 2019 13:13
Kenali Saraf Kejepit pada Tangan
Jika dibiarkan, saraf akan mati dan kerusakannya tidak bisa dibenahi.

Dream - Sahabat Dream mungkin sering mendengar istilah saraf kejepit. Ketika saraf terhimpit oleh bagian sekitarnya, tubuh akan mengirim sinyal berupa rasa kebas hingga pegal dan nyeri.

Banyak cara dilakukan orang untuk mengatasi saraf kejepit, mulai dari pijat tradisional hingga massage ke tempat spa. Tak sedikit pula yang membiarkan sembuh dengan sendirinya.

Padahal kondisi ini tidak boleh diremehkan, terutama jika terjadi pada tangan yang notabene merupakan bagian tubuh paling aktif.

Saraf kejepit merupakan jenis gangguan fungsi saraf tepi (neuropati) yang terjadi akibat jeratan. Pada tangan, neuropati lebih dikenal sebagai Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

" Di pergelangan tangan ada terowongan berisi saraf yang diapit oleh tulang dan jaringan keras. Posisi statis dan berulang dalam jangka waktu lama bisa mengakibatkan saraf terhimpit oleh jaringan di sekelilingnya," tutur Manfaluthy Hakim, Dokter Spesialis Saraf di acara Neurobion, Jakarta, kemarin. 

 Neurobion

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Saraf yang terjepit pada awalnya menimbulkan sensasi kebas dan kesemutan. Jika dibiarkan, saraf akan mati dan kerusakannya tidak bisa dibenahi. Pasien tak dapat menerima sensori hingga kehilangan kemampuan motorik.

Penderita CTS pada umumnya ditemukan di kalangan pekerja kantor yang bekerja di hadapan laptop secara terus-menerus. Selain tangan, CTS juga dapat menyerang siku bagian dalam dan telapak tangan.

" Pasien CTS harus memakai perban khusus untuk mengurangi tekanan saraf. Dibutuhkan terapi obat dan vitamin neurotropik agar tidak semakin parah," imbuhnya. (ism)

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting