Gigi Bungsu Kamu Harus Dicabut, Kalau Kondisinya...

Reporter :
Rabu, 27 Maret 2019 08:41
Gigi Bungsu Kamu Harus Dicabut, Kalau Kondisinya...
Jangan takut untuk memeriksakannya ke dokter.

Dream - Gigi bungsu, merupakan gigi geraham ketiga di bagian paling belakang mulut. Pertumbuhannya paling terakhir dan pada sebagian orang, menimbulkan masalah mulut dan syaraf yang sangat mengganggu.

Banyak yang beranggapan kalau gigi bungsu yang tidak dicabut akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Mulai dari berlubang, pertumbuhannya yang tak penuh sehingga menekan saraf dan memicu nyeri serta sakit kepala hebat.

Meski demikian, ada juga yang memiliki gigi bungsu dengan kondisi sehat. Jika tumbuh secara baik, tidak rusak, posisinya tidak menusuk mulut, bisa dibersihkan secara mudah, maka gigi bungsu tak perlu dicabut.

Namun, seringkali, gigi bungsu tidak memiliki ruang untuk tumbuh dengan baik dan dapat menyebabkan masalah. Gigi bungsu yang erupsi dapat tumbuh pada berbagai sudut di rahang, terkadang bahkan secara horisontal.

Dalam kondisi tersebut biasanya akan muncul keluhan berupa nyeri, sakit kepala, migrain atau bengkak. Segera periksakan ke dokter gigi jika gigi bungsu tak keluar atau tumbuh hanya sebagian.

Nantinya, dokter gigi akan merujuk ke dokter spesialis bedah mulut untuk menganalisis apakah dibutuhkan pencabutan atau tidak. Gigi bungsu kemungkinan besar bakal dicabut jika tidak tumbuh secara normal, terperangkap dalam rahang atau hanya keluar sebagian.

Posisi tersebut dapat mengakibatkan infeksi atau dapat menyebabkan kista yang dapat merusak akar gigi atau penyangga tulang rahang lainnya. Nyeri terus menerus, infeksi berulang, terdapat kista serta penyakit gusi juga bisa jadi pertanda kalau gigi bungsu harus dicabut.

(ism, Sumber: Self)

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup