Teknik Baru Rapikan Gigi Lebih Singkat & Estetik, Mau Coba?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 17 Januari 2019 06:44
Teknik Baru Rapikan Gigi Lebih Singkat & Estetik, Mau Coba?
Teknik ini berbeda dengan metode behel.

Dream - Gigi tak hanya berfungsi sebagai alat mengunyah makanan. Seiring perkembangan zaman, gigi kini telah menjadi salah satu faktor penting dalam berpenampilan. Mereka akan memperhatikan benar kerapihan bentuk gigi. 

Belakangan memang semakin banyak orang memerhatikan kerapian dan kesehatan gigi. Mereka akan melakukan apapun untuk mendapatkan hasil terbaik dan kalau bisa dalam waktu singkat. 

Kamu pasti pernah mendengar teknik veneer atau behel yang banyak dilakukan anak masa kini agar penampilan gigi lebih baik. 

Tapi pernahkan Sahabat Dream mendengar istilah clear aligner?

" Beberapa perusahaan menemukan cara untuk merapihkan gigi tanpa behel, yaitu dengan clear aligner yang merupakan plastik transparan yang bentuk dan fungsinya mirip retainer," tutur Irwin Lesmono, Dokter Spesialis Ortodonsia di Penang Bistro, Jakarta Selatan, Rabu, 16 Januari 2019.

Plastik transparan tersebut dicetak menyerupai struktur gigi dan rahang pemakainya. Si pengguna bisa memakai atau melepas kapan pun dia suka.

1 dari 2 halaman

Cara Melakukan Clear Aligner

" Gigi pasien akan discan dulu untuk dicetak dan hasilnya akan dikirim ke Amerika. Lalu, dokter dan technician di sana akan menganalisa untuk membuat rencana perawatan. Setelah itu, mereka akan kirim simulasi perawatan dan alatnya," ungkapnya.

Dengan adanya analisa dan simulasi perawatan yang dikirim berupa dokumen digital, pasien bisa mengetahui perkembangan dari waktu ke waktu tanpa harus kontrol ke dokter setiap minggu.

 Clear Aligner/Cynthia Amanda Male-Dream.co.id

Foto: Clear Aligner/Cynthia Amanda Male-Dream.co.id

" Kontrolnya rata-rata sekitar 2 bulan sekali supaya perkembangannya sesuai prediksi simulasi," tambah Irwin.

Tidak hanya praktis, perkembangan gigi dengan clear aligner pun jauh lebih cepat, nyaman dan estetik.

2 dari 2 halaman

Perawatan tergantung tingkat kesukaran

" Lama pemakaiannya lebih bisa diprediksi dan cepat, lebih nyaman dipakai, bisa dilepas-copot, menghemat waktu kontrol ke dokter serta indah dilihat," jelasnya.

Setelah menyetujui pembuatan clear aligner, pasien akan mendapatkan sejumlah bentuk plastik transparan yang akan membentuk gigi dan rahang jadi lebih baik.

" Kalau kasusnya ringan, biasanya kurang dari 20 plastik. Ada yang hanya 18. Tapi, ada juga yang jumlahnya 70. Ada juga 30. Tergantung kondisi rahang dan giginya," imbuh Irwin.

 Clear Aligner/Cynthia Amanda Male-Dream.co.id

Foto: Clear Aligner/Cynthia Amanda Male-Dream.co.id

Sebenarnya, tidak semua kasus bisa ditangani dengan clear aligner. Beberapa kasus estetika gigi yang berat hanya bisa ditangani dengan behel.

" Case lebih kompleks, lebih cepat behel. Soalnya, sekali tarik, gigi yang dtarik banyak," katanya.

Kasus yang bisa ditangani dengan clear aligner di antaranya adalah rahang atas-bawah terlalu maju-mundur, gigi terlalu panjang, gigi renggang dan lain-lain.

Jenis perawatan ini sudah mulai diperkenalkan beberapa rumah sakit dan dokter spesialis dokter. Harga perawatannya pun berbeda-beda.

" Kembali lagi pada seberapa berat kasusnya. Kisarannya 5000 US Dolar. Tapi, nggak ada harga fix. Ada klinik yang nge-charge lebih mahal atau murah," pungkas Irwin.

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara