Lakukan Hal Ini Ketika Anak Pergoki Orangtua Berhubungan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 10 September 2021 07:02
Lakukan Hal Ini Ketika Anak Pergoki Orangtua Berhubungan
Jangan panik dulu.

Dream - Banyak orangtua yang masih tidur dengan anaknya hingga usia tertentu. Kebiasaan ini bisa membuat orangtua lebih dekat dengan anak.

Namun di saat yang sama, tidur dengan anak juga bisa membuat orangtua kurang leluasa ketika berhubungan seks.

Bila usia anak masih di bawah 2 tahun, mungkin mereka belum terlalu mengerti jika terbangun dan melihat orangtuanya berhubungan seks. Tapi, bagaimana jika anak sudah cukup dewasa dan mengerti apa yang dilakukan orangtuanya?

Anak yang berusia 3 tahun mungkin akan mengira ibunya sedang disakiti oleh sang ayah. Sedangkan, anak yang berusia 12 tahun mungkin sudah mengerti seputar hubungan intim.

Hal inilah yang perlu diwaspadai orangtua agar dapat memberikan pengertian serta edukasi tepat seputar hubungan seks pada orang dewasa.

Orangtua juga harus mulai menyediakan kamar pribadi untuk anak yang sudah bisa mengerti seputar aktivitas seksual. Terlepas dari semua hal yang telah disebutkan, lakukanlah hal berikut ketika ketahuan anak ketika sedang berhubungan seks.

1 dari 2 halaman

Tetap tenang

Kamu tidak perlu panik ketika anak melihat aktivitas seksualmu dengan pasangan. Tutuplah kegiatan seksualmu dengan pasangan menggunakan selimut dan berikan senyuman pada anak agar mereka bisa menanggapinya lebih tenang serta tidak menganggap hal tersebut aneh atau salah.

Lihat reaksi anak

Memberikan Penjelasan Pada Anak© Shutterstock

Jangan lupa perhatikan reaksi anak. Bisa jadi, mereka memerlukan sesuatu seperti makanan atau ingin pergi ke kamar mandi.

Namun jika mereka menunjukkan ekspresi kaget, kamu bisa memberikan penjelasan secara perlahan agar anak lebih tenang.

2 dari 2 halaman

Jelaskan dengan kata-kata yang aman

Sebelum memberikan penjelasan, tanyakan persepsi anak seputar apa yang mereka lihat. Kemudian, coba jelaskan apa yang sebenarnya terjadi dengan kalimat bernada positif.

Dilansir dari Sehatq, kamu bisa menjelaskan bahwa kegiatan tersebut tidak dimaksudkan untuk menyakiti siapapun dan hanya sedang bercanda. Atau ayah dan ibu sedang tidak berpakaian karena akan pergi mandi.

Beri penjelasan sederhana

Anak yang sudah berusia cukup dewasa mungkin akan merasa malu dan lebih memilih kabur ketika melihat orangtuanya berhubungan seksual.

Cobalah ajak anak untuk mengobrol bersama dan berikan penjelasan sederhana bahwa aktivitas tersebut dilakukan oleh orang yang sudah menikah serta saling mencintai.

Jika sudah memberikan penjelasan, berhati-hatilah ketika akan berhubungan seks bersama pasangan agar tidak ketahuan anak dan membuat keadaan canggung.

Beri Komentar