Liburan Seru Bareng Anak, Tanpa Khawatir Rewel!

Reporter : Kusmiyati
Jumat, 25 Maret 2016 15:01
Liburan Seru Bareng Anak, Tanpa Khawatir Rewel!
Tidak sedikit orang memilih tempat baru untuk menghabiskan Libur akhir pekan. Namun rupanya hal ini bisa saja menjadi masalah untuk anak-anak yang jarang keluar rumah.

Dream - Tidak sedikit orang memilih tempat baru untuk menghabiskan Libur akhir pekan. Namun rupanya hal ini bisa saja menjadi masalah untuk anak-anak yang jarang keluar rumah.

Dikuti Idiva, Jumat 25 Maret 2016, saat di tempat baru cukup banyak anak yang menangis di tempat yang baru dikunjunginya.

Rupanya hal itu bentuk dari penyesuaian diri dengan lingkungan sekitar. Rasa tidak nyaman pada awalnya akan muncul dan membutuhkan waktu untuk menyesuaikannya.

Saat penyesuaian sebaiknya orangtua hindari perilaku yang membuat dirinya justru semakin tertekan seperti berbicara dengan keras atau marah-marah. Lama atau tidaknya waktu penyesuaian anak tergantung dari orangtuanya.

Untuk meminimalisir hal ini, sebaiknya para orangtua sudah membiasakan beberapa hal sebelum liburanL 

1. Selalu mengajak anak di pertemuan keluarga, pesta ulang tahun toko atau tempat ibadah. Hal ini dilakukan agar mereka mengenal lingkungan tempat mereka tinggal.

2. Melakukan aktivitas tidak hanya di rumah saja. Lakukan aktivitas seperti bermain, makan atau liburan ke luar rumah.

3. Kontrol emosi, ketika anak berada pada masa stres jangan melampiaskannya kepada anak.

4. Hadirkan aktivitas menyenangkan seperti merencanakan liburan bersama keluarga besar atau teman-teman main anak.

5. Saat waktu penyesuaian ibaratkan Anda adalah anak tersebut yang butuh waktu. Setiap anak memiliki perasaan yang berbeda di tempat umum. Mereka hanya membutuhkan pengertian dan perhatian. Perlakukan mereka dengan nyaman. (Ism) 

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie