16 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Perawatan Wajah

Reporter : Sugiono
Rabu, 17 Juli 2019 11:12
16 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Perawatan Wajah
Bisa memperlambat penuaan hingga mengatasi kulit berminyak.

Dream - Air kelapa memiliki banyak manfaat yang luar biasa kKhususnya untuk ibu hamil dan perawatan.

Manfaat air kelapa untuk perempuan memang sangat banyak. Hal ini akan menjadi sumber inpirasi bagi ibu yang tengah hamil dan kaum remaja yang mendambakan kulit halus.

Namun tidak semua air kelapa memiliki manfaat untuk ibu hamil dan perawatan wajah. Ada jenis kelapa tertentu yang harus dikonsumsi agar memperoleh manfaat air kelapa.

Sahabat Dream perlu ketahui bahwa air kelapa hijau adalah yang paling bagus khasiatnya untuk ibu hamil dibandingkan air kelapa biasa.

Sementara untuk perawatan wajah, kamu bisa menggunakan air kelapa tua atau air kelapa biasa yang banyak dijual di pasar.

Lantas, apa saja manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan perawatan wajah?

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 16 manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan perawatan wajah, dari anti aging hingga mengatasi kulit berminyak

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

1. Sebagai Anti Aging

Manfaat air kelapa yang pertama adalah sebagai anti aging atau anti penuaan dini. Ini karena sifat dari air kelapa muda yang dapat membantu memperbaharui sel-sel tubuh. Air kelapa muda juga sangat baik dikonsumsi setelah kehamilan, untuk mengatasi masalah stretch mark.

2. Sebagai Diuretik Alami

Manfaat air kelapa untuk kehamilan yang kedua adalah sebagai diuretik alami. Karenanya, sangat steril dan aman dikonsumsi terutama bagi ibu hamil.

Sebagai makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki sifat diuretik alami, air kelapa muda dapat bermanfaat melancarkan proses pembuangan urine, membersihkan saluran kemih, membantu mengeluarkan zat racun yang masuk ke dalam tubuh, dan dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih.

1 dari 6 halaman

Meningkatkan HDL dan Fungsi Pencernaan

3. Untuk Meningkatkan HDL

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang keempat adalah untuk meningkatkan HDL. Air kelapa muda terbukti memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh.

HDL dapat menekan tingginya angka kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, dan dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis lain yang disebabkan oleh tingginya kadar LDL di dalam tubuh. Gangguan kehamilan ini juga akan terjadi pada ibu hamil yang memiliki kecenderungan kadar LDL yang tinggi.

 Manfaat Air Kelapa Sebagai Toner Alami Wajah

4. Untuk Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Fungsi pencernaan pada ibu hamil biasanya akan mengalami gangguan seperti pelambatan mencerna makanan. Karenanya, air kelapa dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaannya.

Apabila fungsi pencernaan terjaga dan tetap fit, maka beberapa gangguan pencernaan pada ibu hamil dapat dicegah.

2 dari 6 halaman

Sumber Vitamin C dan Vitamin B

5. Sebagai Sumber Vitamin C

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil berikutnya adalah sebagai sumber vitamin C. Salah satu kandungan penting dari air kelapa adalah kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C pada air kelapa muda ini dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap harinya, terutama bagi ibu hamil.

 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

6. Sebagai Sumber Vitamin B

Vitamin B juga salah satu jenis vitamin yang terkandung di dalam air kelapa muda. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil sebagai sumber vitamin B, sehingga membantu penggantian jaringan-jarinagn tubuh yang rusak.

3 dari 6 halaman

Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah dan Meningkatkan Metabolisme

7. Untuk Mencegah Penyumbatan Pada Pembuluh Darah

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Karena air kelapa muda memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh.

 Menguak Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

8. Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang kedelapan adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Karena metabolisme tubuh sangat penting bagi ibu hamil, peran air kelapa muda sangat besar.

4 dari 6 halaman

Sumber Elektrolit dan Menjaga Kesehatan Jantung

9. Sebagai Sumber Elektrolit Alami

Elektrolit merupakan salah satu jenis mineral yang dapat membantu ibu hamil dalam mengembalikan fungsi cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas. Biasanya kekurangan cairan atau dehidrasi kerap dialami ibu hamil. Mengonsumsi air kelapa jadi hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

 Air kelapa

10. Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat air kelapa selanjutnya untuk ibu hamil adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dan magnesium tinggi yang terkandung pada air kelapa muda dapat membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatan jantung, seperti serangan jantung dan detak jantung yang tidak stabil. Kondisi ini juga diperlukan untuk ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin.

5 dari 6 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

11. Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Ibu hamil wajib menghindari terjadinya tekanan darah tinggi. Larangan ibu hamil ini memang penting, karena akan berpengaruh pada kondisi kesehatan janin.

 Level Tekanan Darah Ibu Bisa Tentukan Jenis Kelamin Bayi

Untuk mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil, maka air kelapa muda dapat dimanfaatkan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil ini disebabkan oleh kandungan potassium yang terkandung di dalam air kelapa muda alami.

6 dari 6 halaman

Manfaat Air Kelapa Untuk Perawatan Wajah

Selain untuk memasak, manfaat air kelapa yang lain adalah untuk perawatan wajah. Kandungan mineral serta vitamin yang ada pada air kelapa sangat dibutuhkan tubuh.

Seperti diketahui air kelapa mengandung berbagai zat yang dibutuhkan tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Seperti protein, karbohidrat, vitamin C, vitamin B kompleks dan lemah rendah.

Air kelapa juga mengandung asam amino yang terdiri dari serin, sistein, alanin dan argini. Asam amino merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh, terutama sebagai penyusun protein, termasuk perawatan wajah.

 Kelapa

Berikut ini adalah manfaat air kelapa untuk perawatan wajah yang perlu kamu ketahui.

1. Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat air kelapa untuk perawatan wajah adalah untuk melembabkan kulit wajah. Untuk mendapatkan khasiat air kelapa untuk melembabkan wajah ini cukup mudah. Kamu tinggal membasuhkan wajah dengan air kelapa segar hingga merata sambil digosok pelan. Dengan demikian kulit akan lebih lentur dan kencang dari sebelumnya. Selain itu, kamu bisa meminumnya secara rutin agar kulit menjadi lebih lembab dan terlihat lebih awet muda.

2. Untuk Obat Jerawat

Manfaat air kelapa untuk perawatan wajah berikut adalah sebagai obat jerawat. Caranya sangat mudah. Siapkan air kelapa sebanyak 1 gelas, kemudian campurkan dengan 3 sendok makan bubuk kunyit yang telah diparut.

Setelah itu simpan dalam lemari es semalaman. Kemudian, saring campuran air kelapa dan bubuk kunyit dengan kain dan oleskan airnya pada permukaan kulit secara merata sambil digosok pelan. Biarkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air sampai bersih.

3. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah penuaan dini adalah salah satu manfaat air kelapa untuk perawatan wajah. Kandungan asam lemak jenuh yang disebut sebagai sitokin atau asam laurat merupakan salah satu elemen penting dalam proses pengaturan dan pertumbuhan sel kulit.

Kedua elemen ini berfungsi untuk menghambat terjadinya penuaan pada kulit wajah maupun kulit tubuh lainnya. Selain itu, kandungan Antitrombotik serta Antikarsinogenik dalam air kelapa dapat menjaga jaringan kulit serta menyeimbangkan Ph pada kulit. Terlebih kandungan cytokinin pada air kelapa berkhasiat sebagai Antikanker dan Antipenuaan.

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Manfaat air kelapa untuk perawatan wajah berikutnya adalah untuk mengatasi kulit berminyak., Kulit berminyak akan membuat tampilan wajah terlihat kusam dan kotor, sehingga mengganggu penampilan sehari-hari. Untuk mengatasinya, lakukanlah perawatan dengan cara membasuh wajah dengan air kelapa secara rutin dan teratur 3 kali dalam satu minggu.

5. Menghilangkan Flek Hitam

Manfaat air kelapa untuk perawatan wajah selanjutnya adalah menghilangkan flek hitam. Kamu bisa menjadikan air kelapa muda sebagai masker wajah untuk menghilangkan flek hitam. Caranya, siapkan mentimun secukupnya, haluskan menggunakan blender sambil menambahkan 1 gelas air kelapa muda. Setelah itu, aplikasikan masker air kelapa pada kulit wajah secara merata, dan biarkan selama 30 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air sampai bersih.

Demikianlah 16 manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan perawatan wajah, dari anti aging hingga mengatasi kulit berminyak. Selamat mencoba. (mut)

Dirangkum dari berbagai sumber

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone