Manfaat Bekam di Kepala Bagi Kesehatan, Serta Efek Samping yang Menyertainya

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 10 Mei 2022 06:47
Manfaat Bekam di Kepala Bagi Kesehatan, Serta Efek Samping yang Menyertainya
Bekam di kepala berkhasiat melancarkan sirkulasi darah dan membersihkan darah dari racun-racun.

Dream - Terapi dengan metode bekam dikenal sebagai pengobatan alternatif yang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat. Metode ini dilakukan di beberapa titik tubuh, salah satunya di kepala. Manfaat bekam di kepala bagi kesehatan bisa melancarkan peredaran darah, sehingga bisa mengurangi ketegangan pada otot-otot.

Terapi bekam di kepala dilakukan dengan menggunakan cangkir atau mangkuk yang telah dipanaskan. Kemudian diletakkan di atas kulit untuk kemudian dihisap. Cangkir untuk bekam biasanya terbuat dari kaca, bambu, dan tembikar. Teknik bekam dibagi menjadi tiga yaitu bekam kering, bekam basah, dan bekam luncur.

Lantas apa saja manfaat bekam di kepala bagi kesehatan? Agar lebih jelasnya, simak informasi selengkapnya di bawah ini, dirangkum Dream dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Bekam di Kepala Bagi Kesehatan

Manfaat bekam di kepala bagi kesehatan diyakini sebagai metode terbaik. Sebab bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Namun begitu, bekam di kepala perlu ditangani oleh orang yang sudah ahli. Karena perlu teliti untuk menemukan titif saraf yang harus diketahui dalam menjalankan bekam di kepala. Adapun manfaat bekam di kepala bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Sarana untuk Detoks Raun dari Tubuh

Manfaat bekam di kepala bagi kesehatan yang pertama adalah sebagai sarana untuk detoks racun dari dalam tubuh. Berbagai makanan yang dikonsumsi sehari-hari tidak jarang membawa racun hingga akhirnya menumpuk di dalam tubuh.

Manfaat bekam di kepala ini bisa membantu membersihkan darah dari berbagai racun dan menghilangkan sel darah yang sudah tidak berfungsi.

Jika sel darah merah sehat, maka kondisi kesehatan tubuh pun juga pasti akan meningkat. Inilah mengapa penting untuk membersihkan darah dari berbagai racun.

2 dari 4 halaman

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Selain mendetoks racun dalam darah, manfaat bekam di kepala bagi kesehatan juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah. Metode bekam bisa mengeluarkan darah kotor yang tidak berfungsi, sehingga berdampak baik pada tubuh.

Sirkulasi darah yang lancar akan membuat darah terbebas dari gumpalan darah patogen. Sebenarnya manfaat ini juga bisa didapatkan dengan bekam pada bagian tubuh lainnya selain kepala.

 

3. Mengatasi Migrain

Migrain adalah masalah kesehatan yang kerap mengganggu aktivitas. Salah satu untuk mengatasi migrain adalah dengan mengambil manfaat bekam di kepala.

Kepala memiliki sekitar 100 titik bekam yang paling baik. Saat darah keluar melalui bekam, maka gangguan kepala seperti migrain bisa diatasi dengan aman tanpa pengobatan kimia. Perlu diperhatikan, kamu perlu mendapatkan manfaat bekam di kepala ini dengan melakukannya bersama orang yang sudah profesional.

3 dari 4 halaman

4. Bisa Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat bekam di kepala juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Jerawat pada wajah bisa disebabkan salah satunya karena penumpukan darah kotor dan sel-sel kulit mati.

Dengan melakukan bekam di kepala, maka sirkulasi darah akan kembali lancar serta berbagai racun akan keluar melalui darah kotor. metode bekam di kepala ini diyakini bisa membantu mengatasi masalah jerawat. Karena sel darah diganti dengan yang baru, sehingga mencegah munculnya jerawat.

4 dari 4 halaman

Efek Samping Bekam di Kepala

Itulah beberapa manfaat bekam di kepala bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Tetapi selain manfaatnya yang luar biasa, metode bekam di kepala juga memiliki beberapa efek samping.

Dampak dari bekam di kepala ini akan terasa selama perawatan atau segera setelah perawatan. Efek sampingnya bisa berupa pusing, memicu keringat, hingga mual.

Bahkan kulit di sekitar bekam dapat iritasi dan berpotensi terkena infeksi. Meskipun kecil, namun risiko infeksi perlu kamu waspadai.

Risiko ini bisa dihindari jika praktisi bekam melakukan pembersihan pada kulit untuk mencegah infeksi sebelum dan sesudah perawatan.

Ahli bekam juga perlu mengenakan celemek, sarung tangan sekali pakai, dan kacamata atau pelindung mata lainnya demi menjaga kulit pasien tetap bersih. Tak hanya itu, peralatan yang digunakan juga harus dipastikan higienis.

Beri Komentar