Menguak Asam Lemak Unik dalam Segelas Susu

Reporter :
Rabu, 6 Desember 2017 10:41
Menguak Asam Lemak Unik dalam Segelas Susu
Asam lemak ini penting dalam mencegah tubuh dari risiko terpapar penyakit-penyakit tidak menular.

Dream - Susu, selalu erat dikaitkan dengan kandungan kalsiumnya yang baik untuk kepadatan tulang bagi orang dewasa. Namun, tak banyak yang menyadari selain kalsium, susu mengandung komposisi asam lemak yang unik dan kompleks dibandingkan dengan asupan lainnya.

Asam lemak ini penting dalam mencegah tubuh dari risiko terpapar penyakit-penyakit tidak menular.

Dr. Marudut, MPS, ahli gizi yang juga dosen di Jurusan Gizi – Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II yang juga anggota Bidang Penelitian dan Pengembangan Gizi, Persatuan Ahli Gizi
Indonesia (PERSAGI), mengatakan komposisi asam lemak susu yang unik dan kompleks tersebut terutama karena tiga hal.

Pertama karena tersusun atas lebih dari 50 jenis asam lemak. Kedua, susu memiliki kandungan karbon rantai ganjil yakni asam pentadecanoat dan asam heptadecanoat atau asam margarat (17:0) yang merupakan indikator konsumsi susu.

Lalu ketiga, memiliki asam lemak trans yang dihasilkan melalui biohidrogenasi dengan bantuan enzim bakteri yang terdapat di saluran pencernaan.

" Keunikan dan kekompleksan asam lemak inilah yang justru memberikan banyak keuntungan bagi tubuh manusia yang mengonsumsi susu,” ujar Dr Marudut.

Ia juga memaparkan hasil metaanalisis dari 22 penelitian yang dipublikasi tahun 2016. Hasilnya, asupan susu yang tepat dapat membantu menstabilkan berat badan pada orang dewasa.

Informasi penting ini merupakan bagian dari proses edukasi kepada masyarakat yang selama ini dijalankan oleh Frisian Flag Indonesia, sebagai sebuah perusahaan produsen produk-produk gizi berbasis susu.

 Diskusi Frisian Flag

Keluarga kuat dan sehat, bagi Frisian Flag Indonesia, yang telah menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia selama 95 tahun, adalah tujuan utama. Untuk itu,
edukasi kepada keluarga-keluarga di Indonesia mengenai pentingnya gaya hidup sehat,” ujar Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia.

Lebih lanjut Andrew menjelaskan, salah satu bentuk kegiatan edukasi yang dilakukan Frisian Flag Indonesia adalah dengan menggelar kampanye “ Drink. Move. Be Strong”, yang
dilandasi oleh hasil temuan SEANUTS yang mengungkapkan bahwa anak-anak Indonesia kekurangan vitamin D, serta kurang aktif.

“ Kampanye ini merupakan wujud dari misi kami untuk senantiasa meningkatkan status gizi anak-anak di Indonesia melalui gaya hidup sehat dan aktif melalui edukasi keluarga dan anak anak Indonesia," ungkap Andrew. (ism) 

Beri Komentar
Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan