Penyebab Bibir Bintik-Bintik dan Gatal Serta Rekomendasi Obatnya

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 24 Oktober 2020 11:01
Penyebab Bibir Bintik-Bintik dan Gatal Serta Rekomendasi Obatnya
Banyak penyebab bibir mengalami kondisi bintik-bintik dan gatal, misalnya reaksi alergi, cedera bibir, dan infeksi.

Dream – Bibir yang bintik-bintik dan gatal sangatlah mengganggu kenyamanan si penderita. Penyebabnya mungkin tidak begitu serius. Akan tetapi tetap saja kondisi bibir yang seperti itu mengganggu penampilan dan kenyamanan.

Kondisi bibir bintik-bintik dan gatal bisa disembuhkan dengan perawatan sederhana sendiri di rumah. Namun tidak jarang bibir bintik-bintik dan gatal akan terasa menyakitkan sehingga harus segera ditangani supaya tidak semakin parah.

Lebih baik Sahabat Dream segera konsultasikan ke dokter supaya bisa segera mendapatkan resep obat untuk menyembuhkannya. Banyak penyebab bibir mengalami kondisi bintik-bintik dan gatal, misalnya reaksi alergi, cedera bibir, dan infeksi.

Lantas apa saja sih penyebab bibir bintik-bintik dan gatal? Dan obat apa saja yang bisa digunakan untuk mengobatinya?

Berikut ini Dream akan memaparkan berbagai kemungkinan penyebab bibir bintik-bintik dan gatal serta rekomendasi obat untuk menyembuhkannya, seperti dilansir dari SehatQ.

1 dari 5 halaman

1. Virus Herpes Simplex (HSV)

Ilustrasi© freepik.com

Kondisi bibir terkena virus herpes.

Penyebab bibir bintik-bintik dan gatal yang pertama adalah virus herpes simplex (HSV). Infeksi virus herpes simplex bisa menyebabkan lepuhan pada bibir dan sekitar mulut yang berisi cairan kecil.

Kondisi ini biasanya terasa nyeri dan gatal. Selain itu infeksi virus ini bisa menular apabila terjadi kontak langsung dengan luka penderita.

Luka herpes akan sembuh dengan sendirinya dalam satu minggu. Obat bibir bintik-bintik dan gatal karena virus herpes complex adalah dengan pemberian obat antivirus.

Kemudian penderita herpes simplex juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh serta istirahat cukup guna memperkuat imunitas tubuh.

2 dari 5 halaman

2. Cheilitis Kontak Alergi

Ilustrasi© freepik.com

Kondisi bibir terkena alergi.

Penyebab bibir bintik-bintik dan gatal selanjutnya adalah cheilitis kontak alergi yaitu reaksi alergi yang muncul ketika melakukan kontak dengan allergen (pemicu alergi). Banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan kontak alergi di antaranya adalah:

  1. Makanan seperti seafood, kacang tanah, telur, dan sebagainya.
  2. Bulu hewan peliharaan.
  3. Produk kosmetik (kandungan pada lipstick atau bedak).
  4. Cuaca dan produk kimia lainnya.

Keadaan bibir bintik-bintik dan gatal yang disebabkan oleh alergi seringkali muncul secara mendadak dan bisa hilang dengan sendirinya. Tapi jika kondisi tidak membaik selama 24 jam sebaiknya hubungi dokter untuk meminta resep obat.

Jika Sahabat Dream memiliki alergi maka sebaiknya selalu menghindari kontak dengan allergen atau pemicu alergi kambuh.

3 dari 5 halaman

3. Dermatitis Perioral

Ilustrasi© freepik.com

Dermatitis perioral merupakan bintik-bintik pada bibir yang mirip seperti jerawat atau rosacea. Biasanya gejala yang terlihat adalah ruam kecil kemerahan yang ebrgelombang di area mulut dan dagu.

Penyebabnya belum bisa dipastikan, sebab banyak gangguan kesehatan lain yang membuat kondisi bibir menjadi semacam itu. Jika kondisi bibir sangat mengganggu sebaiknya periksakan diri ke dokter.

4 dari 5 halaman

Perawatan Sederhana Atasi Bibir Bintik-Bintik dan Gatal

Bibir bintik-bintik dan gatal bisanya dapat sembuh dengan perawatan sederhana dan alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah, seperti:

  1. Hindari menyentuh, mencubit dan menggosok bintik-bintik pada bibir karena bisa menyebabkan iritasi.
  2. Selalu jaga kebersihan wajah dan mulut.
  3. Pilih produk pelembab bibir dari bahan alami yang bebas allergen.
  4. Pakai air hangat untuk membasuh wajah hingga benjolan pada bibir hilang, gunakan sabun pembersih setelahnya.
  5. Keringkan wajah dengan menepuk-nepuk perlahan, jangan menggosoknya.
  6. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan konsumsi makanan sehat.
  7. Minum banyak air putih.
  8. Istirahat yang cukup.
5 dari 5 halaman

Rekomendasi Obat Bibir Bintik-Bintik dan Gatal

Cara di atas adalah perawatan sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah. Namun jika kondisi tidak kunjung membaik setelah melakukan perawatan sederhana, segera hubungi dokter untuk mendapatkan resep obat yang cocok.

Berikut adalah sejumlah rekomendasi obat bibir bintik-bintik dan gatal yang bisa diambil untuk atasi kondisi tersebut:

1) Jika disebabkan penyakit infeksi, maka dokter akan meresepkan antibiotik untuk infeksi bakteri, obat antijamur untuk infeksi jamur, dan obat antivirus untuk infeksi virus.

2) Jika penyebabnya adalah karena alergi, dokter mungkin akan kasih resep obat antihistamin.

3) Jika mengalami kasus herpes, obat bibir bintik-bintik dan gatal bisa berupa pemberian krim untuk meredakan rasa sakit dan iritasi serta obat antivirus.

4) Jika penyebabnya adalah dermatitis perioral, dokter mungkin akan meresepkan antibiotic oral atau topikal jika kondisinya parah, misalnya tetrasiklin, doksisiklin, minosiklin, atau eritromisin.

5) Obat bibir bintik-bintik dan gatal akan diberikan sesuai dengan penyebabnya. Mungkin dokter akan memberikan obat yang berbeda jika kondisi itu disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan lainnya.

Beri Komentar