Susah Hamil Karena Pelihara Kucing? Ini Kata Dokter Hewan

Reporter : Gladys Velonia
Senin, 27 November 2017 06:44
Susah Hamil Karena Pelihara Kucing? Ini Kata Dokter Hewan
Bukan hanya kucing yang bisa membawa penyakiy tokso dan rubella.

Dream - Masih banyak masyarakat yang tak mau memelihara kucing karena khawatir dirinya, atau anak perempuannya akan hamil. Angela Maharani, seorang dokter hewan menegaskan anggapan tersebut tak sepenuhnya tepat. 

Menurut Angela, penyakit tokso plasma dan rubella sebetulnya tak hanya berasal dari kucing.

" Tokso plasma dan rubella itu sebenernya tidak hanya ada di kucing, karena ini merupakan mikro organism yang ada di semua hewan, baik unggas maupun mamalia," tuturnya di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Angela menjelaskan, mikro organisme pemicu toksoplasma dan rubella bisa masuk ke dalam tubuh kucing karena hewan tersebut senantiasa mengonsumsi makanan mentah. Selanjutnya virus tersebut kembali ikut terbawa saat kucing mengeluarkan kotoran.  

Virus itu selanjutnya bisa menempel dalam rambut kucing jika tempat penampunagan kotorannya tak pernah dibersihkan. " Terus kita elus, begitu kita makan tidak cuci tangan, makanya tokso masuk ke kita," jelas Angela.

 Terungkap! Kenapa Kucing Suka Dielus di Bagian Kepala

Tak hanya dari hewan peliharaan, virus yang berbahaya saat seorang ibu mengandung itu juga bisa datang dari kebiasaan manusia yang senang mengonsumsi makanan setengah matang. Tak hanya steak, sate, atau sushi, virus itu juga bisa menempel dalam menu makanan seperti lalapan atau karedok. 

" Kelima mqkanan itu beresiko menyebabkan tokso. Kenapa ibu hamil tidak boleh makan makanan setengah mateng, itu akibatnya. Telur setengah matang pun tidak boleh," imbuh Angela.

Satu-satunya cara untuk mencegah agar tak terkena tokso adalah dengan berkomitmen menjaga kebersihan diri. Biasakan pula untuk selalu mencuci tangan sebelum makan. 

" Selain itu, jangan takut bawa ke dokter untuk konsultasikan mengenai manajemen kesehatannya. Kalau hewan kita sehat, kita pun akan sehat," tambahnya.

(Sah)

 

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik