Cegah Osteoporosis, Pilih Susu Nabati atau Hewani?

Reporter : Ervina
Selasa, 11 November 2014 19:02
Cegah Osteoporosis, Pilih Susu Nabati atau Hewani?
dr Grace Tumbelaka SpKO menyebut kandungan kalsium dalam susu hewani lebih berkhasiat mencegah osteoporosis dibandingkan susu nabati. Mengapa demikian?

Dream - Asupan kalsium dalam tubuh sangat berperan besar untuk mencegah seseorang menderita osteoporosis. Selain dapat diperoleh dari hewan, kalsium juga bisa diperoleh dari sumber nabati yakni sejumlah sayur, buah dan kacang-kacangan.

Susu sebagai salah satu sumber kalsium diyakini mampu memperkuat dan memadatkan tulang. Selain susu hewani, kini banyak juga orang yang memilih mengkonsumsi susu nabati salah satunya berupa susu kedelai.

" Susu nabati memang baik, tapi kandungan kalsium komposisi tinggi lebih banyak ditemui pada susu hewani. Selain itu ada kalsium pada susu hewani yang memiliki tingkat penyerapan lebih tinggi dibandingkan tingkat penyerapan kalsium lainnya," ujar pakar osteoporosis, dr Grace Tumbelaka, SpKO saat ditemui Dream.co.id beberapa saat lalu di Jakarta.

Dr Grace menyebut proses penghambatan osteoporosis dapat dilakukan sebelum seseorang memasuki usia 30 tahun. Meskipun umumnya seseorang rentan mengidap osteoporosis di usia lebih dari 50 tahun dan tidak menutup kemungkinan kepadatan tulang manusia akan berkurang 1% setiap tahunnya setelah usia 30 tahun.

" Gaya hidup yang kontra seperti merokok, minum alkohol, kafein, soda melebihi batas yang dianjurkan bisa mengurangi kalsium dalam tulang. Jadi bukan tidak mungkin bagi seseorang yang belum memasuki usia manopouse telah mengalami pengeroposan tulang dan biasanya juga dipengaruhi gangguan hormonal," kata dr Grace lagi.

Meski bukan penyakit keturunan, namun osteoporosis sangat dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang. Olahraga dan pola makan sehat merupakan salah satu kunci agar memiliki tulang kuat dan padat. (ism)

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'