Waktu Ideal untuk Berjemur di Pagi Hari

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Jumat, 5 Juli 2019 07:47
Waktu Ideal untuk Berjemur di Pagi Hari
Dapatkan asupan vitamin D secara optimal.

Dream - Sinar matahari merupakan sumber utama vitamin D alami bagi tubuh. Sangat mudah untuk mendapatkan sinar matahari di negara tropis seperti Indonesia, khususnya pada pagi hari.

Namun ada anjuran khusus untuk menerima asupan vitamin D dari terik matahari. Berjemur tak boleh dilakukan sembarangan, terutama di musim panas saat ini.

Tak seperti yang orang pikirkan, waktu terbaik untuk berjemur adalah di atas jam 9 pagi. Sebab sinar matahari di bawah jam 9 pagi belum mengandung sinar ultraviolet (UV) B yang dibutuhkan untuk memecah pro vitamin D menjadi vitamin D murni.

" Sinar UV B itulah yang dibutuhkan. Jam 9 perlu waktu berjemur 15 menit, kalau jam 11 perlu waktu 5 menit. Semakin siang maka semakin sedikit waktunya," kata Siti Setiati, dokter Spesialis Geriatri dan Ketua Pergemi di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, Kamis 4 Juli 2019.

1 dari 5 halaman

Lakukan 3 Kali Seminggu

Berjemur hanya boleh dilakukan sampai waktu menunjukkan pukul 12 siang. Sahabat Dream dapat melakukannya 3 kali dalam seminggu.

 Jemur

" Lakukan pada bagian wajah dan tangan. Kalau takut menghitam bisa gunakan punggung dan kaki," ujarnya.

Sinar matahari sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh di masa tua. Faktor risiko penyakit degeneratif hingga penyakit psikologis seperti demensia dapat berkurang dengan rutin mendapat asupan sinar matahari.

Meski berperan untuk kesehatan tubuh, sebaiknya kamu tetap bijak dalam berjemur di bawah terik matahari. Usai berjemur, jangan lupa gunakan tabir surya untuk mencegah kulit dari penyakit yang tidak diinginkan.

2 dari 5 halaman

3 Tip Sederhana Agar Kulit Lebih Glowing Saat Cuaca Panas

Dream - Sulit menjaga kulit agar tetap kenyal selama musim panas? Ya, cuaca panas sangat berpengaruh pada kesehatan kulit.

Polusi dan udara lembap bisa membuat kulit kamu terlihat kusam dan kurang segar. Sama seperti saat cuaca dingin, kamu perlu memberi kulit dengan perawatan spesial juga.

Menurut para ahli kecantikan, kamu perlu menggunakan tabir surya dan pelembap yang mampu menjaga produksi minyak pada kulit.

Selain itu, Sahabat Dream juga bisa menggunakan cara lain untuk melembapkan kulit seperti banyak minum air putih dan makan buah.

Ikuti tiga tip yang dilansir oleh Times of India ini untuk mendapatkan kulit glowing dan sehat saat musim panas.

3 dari 5 halaman

Menggunakan Pelembap

Gunakan pelembap berbahan ringan dan menenangkan. Cara ini akan membantu menjaga kulit kamu tetap kenyal dan mampu mencegah produksi minyak berlebih.

4 dari 5 halaman

Jaga Kulit agar Tetap Lembap

Saat cuaca panas, kulitmu akan terasa gatal. Jadi disarankan untuk memilih makanan yang kaya akan kandungan air agar kulit tetap lembap sepanjang hari.

Konsumsi buah-buahan dan sayuran seperti semangka, jeruk, mentimun, seledri serta wortel. Dan yang paling penting, minum air putih yang cukup.

 shutterstock

5 dari 5 halaman

Selalu Memakai Tabir Surya

Tabir surya wajib dimiliki ketika musim panas agar kulit tetap terlindungi dari paparan sinar UV yang berbahaya. Aplikasikan tabir surya dua kali untuk membuat kulitmu lebih kenyal dan halus.

 shutterstock

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup