Yuk Kenali Stroke Sejak Dini

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 9 Juli 2019 17:36
Yuk Kenali Stroke Sejak Dini
Siapa sih yang tidak tahu stroke? Hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan penyakit ini. Yuk simak informasinya berikut ini.

Dream – Sebagian besar kaum muda menyepelekan informasi mengenai stroke. Penyakit stroke memang sering terjadi pada orang tua. Sehingga banyak anak muda yang tidak waspada dengan serangan penyakit tersebut.

Stroke merupakan salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Data Kementerian Kesehatan menyebut bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penderita stroke terbanyak di Asia. Satu dari tujuh penderita stroke bahkan meninggal dunia.

Dengan tingkat penderita penyakit stroke di Indonesia yang tinggi, sangat diharapkan masyarakat mulai mengenal penyakit ini. Untuk mengatasi peningkatan jumlah penderita, kesadaran masyarakat terhadap penyakit stroke sangat penting.

Jangan khawatir, Sahabat Dream. Berikut merupakan informasi mengenai penyakit stroke yang wajib kalian ketahui. Informasi ini meliputi apa itu penyakit stroke, gejala, dan penyebab penyakit stroke berdasarkan jenisnya.

Yuk simak informasinya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Penyakit Stroke

Stroke merupakan suatu penyakit yang terjadi karena adanya gangguan pasokan darah ke otak atau berkurangnya pasokan darah ke otak. Kondisi tersebut terjadi karena ada penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

Penyumbatan pembuluh darah bisa mnegakibatkan stroke iskemik. Sedangkan, pecahnya pembuluh darah bisa mengakibatkan stroke hemoragik.

Sebenarnya, stroke merupakan keadaan darurat medis yang disebabkan oleh sel otak yang bisa mati dalam hitungan menit saja. Ketika area sebagian otak mati, maka bagian tubuh yang dikendalikan oleh bagian otak tersebut juga akan tidak berfungsi dengan seharusnya.

Penanganan yang cepat oleh dokter dapat meminimalisir kerusakan otak yang lebih parah lagi. Bahkan dengan penanganan cepat bisa mengurangi risiko terkena komplikasi.

Kementrian Kesehatan Indonesia pada 2013 mengatakan bahwa lebih dari dua juta penduduk Indonesia menderita stroke. Presentase tersebut bisa dirasiokan dengan 12 dari 1000 penduduk Indonesia terkena stroke.

Selain itu, penyakit stroke merupakan salah satu penyebab kematian paling besar di Indonesia yang dimana lebih dari 15% kematian akibat menderita stroke.

2 dari 5 halaman

Gejala Stroke

Setiap orang akan mengalami gejala stroke yang berbeda-beda. Namun, ada beberapa gejala yang paling sering dialami oleh si penderita stroke. Berikut merupakan gejala yang umum terjadi pada penderita stroke:

  1. Tungkai terasa mati (mati rasa)
  2. Susah berbicara
  3. Berbicara menjadi kacau
  4. Wajah menjadi menurun
  5. Sakit kepala secara tiba-tiba
  6. Kelelahan
  7. Kehilangan keseimbangan
  8. Susah berjalan
  9. Penglihatan menjadi terganggu
  10. Kehilangan kesadaraan
3 dari 5 halaman

Penyebab Stroke

Penyebab stroke sangat bervariasi. Mulai dari gumpalan pembuluh darah, tekanan darah tinggi, pecahnya pembuluh darah, hingga pengaruh obat-obatan pengencer darah. Penyebab stroke secara umum yang sering terjadi pada pasien stroke adalah sebagai berikut.

  • Penyebab Stroke Iskemik
    Penyebab jenis stroke ini karena adanya penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh pembekuan darah. Stroke iskemik biasanya akan terjadi pada orang yang telah lanjut usia.
4 dari 5 halaman

Hemoragik

  • Penyebab Stroke Hemoragik
    Penyebab stroke ini terjadi karena pembuluh darah pecah atau bocor di dalam otak. Kondisi ini menyebabkan darah mengalir ke dalam otak bahkan hingga ke permukaan otak. Stroke hemoragik ini jarang sekali dialami oleh para pasien stroke. Namun, perlu kalian ketahui jenis stroke ini lebih mematikan daripada stroke iskemik.
5 dari 5 halaman

Stroke Ringan

  • Penyebab Stroke Ringan
    Penyebab stroke ini terjadi ketika darah beku atau plak yang ada di pembuluh arteri menghambat laju pembuluhu darah untuk memasok darah ke otak. Kondisi ini menyebabkan aliran darah menjadi tersumbat dan menimbulkan stroke ringan.

(Sumber: Alodokter.com dan hellosehat.com)

Beri Komentar