10 Peristiwa Ilmiah Teraneh Sepanjang 2015

Reporter : Puri Yuanita
Sabtu, 2 Januari 2016 17:02
10 Peristiwa Ilmiah Teraneh Sepanjang 2015
Beberapa peristiwa yang terjadi sepanjang 2015 ini mungkin bisa dibilang yang paling aneh dan paling menakjubkan.

Dream - Ada beberapa hal-hal aneh yang terjadi selama tahun 2015 di seluruh dunia. Termasuk beberapa berikut ini yang mungkin yang paling aneh, dan bisa dibilang paling menakjubkan.

1. Air Darah

Musim gugur lalu, warga beberapa desa di barat laut Spanyol menjadi khawatir ketika air di air mancur lokal mereka berubah warnanya menjadi merah darah. Tapi air berwarna merah darah di Spanyol itu bukanlah karena sihir atau kutukan; itu sebenarnya hasil dari proses alam.

Sebuah studi yang diterbitkan di September 2015 menemukan bahwa air darah Spanyol disebabkan oleh ganggang air tawar mikroskopis Haematococcus pluvialis, yang menghasilkan pigmen merah ketika mereka sedang stres.

Ganggang itu biasa muncul di belahan dunia lainnya, tetapi mereka jarang muncul di barat laut Spanyol, kata para ilmuwan. Namun, para peneliti di balik penelitian terbaru tentang " hujan darah" belum menentukan bagaimana ganggang tersebut menemukan jalan ke air mancur desa.

2. Parasit Mengejutkan

Seorang pria Kolombia mengidap tumor paru-paru yang memiliki pertumbuhan dalam cara yang sangat tidak biasa: Sebuah cacing pita yang tumbuh dalam dirinya mengandung sel-sel kanker yang menyebar ke sel-sel tubuhnya yang akhirnya membunuhnya.

Itu adalah laporan pertama yang diketahui seseorang menjadi sakit karena sel-sel kanker yang berkembang menjadi sebuah parasit, kata para peneliti yang mempelajari kasus pria itu.

Pria 41 tahun itu HIV positif, yang mungkin telah melemahkan sistem kekebalan tubuhnya, yang memungkinkan sel-sel kanker bersifat parasit tumbuh tak terkendali di dalam tubuhnya, kata para peneliti.

3. Percobaan Bau Badan

Berapa lama Anda bisa tahan tidak mandi? Dua hari? Tiga? Mungkin seminggu penuh? Nah, satu orang baru-baru ini mengumumkan bahwa ia belum mandi dalam 12 tahun - dia melakukannya untuk sebuah tujuan.

Pria, seorang ahli kimia di Boston, mengatakan ia percaya bahwa manusia tidak perlu mandi untuk menjadi sehat. Bahkan, ia mengatakan bahwa mandi dapat mengupas kulit bakteri menguntungkan yang menjaga bakteri penyebab bau menjauh.

Percobaannya ini juga dibarengi dengan pengembangan tentang body spray yang mengandung bakteri yang mencegah bau badan, bahkan meski tidak mandi setiap hari.

4. Masalah Kotoran Berwarna

Untuk Halloween tahun ini, Burger King meluncurkan sebuah item menu yang tidak biasa: sebuah roti bun Whopper warna hitam. Pada awalnya, roti bun tersebut tampak seperti cara yang menyenangkan dan aneh dalam merayakan malam Halloween.

Namun setelah dicerna, Halloween Whopper hitam itu menghasilkan kejutan yang aneh, berupa kotoran berwarna hijau.

Kotoran warna zamrud itu kemungkinan besar hasil dari terlalu banyaknya pewarna makanan dalam roti hitam tersebut, yang sering tidak sepenuhnya diserap oleh usus, sehingga menghasilkan kotoran berwarna aneh.

5. Kuku Jari Terpanjang di Dunia

Banyak rekor dunia dihasilkan pada tahun 2015, tapi mungkin yang paling aneh dari penghargaan tersebut pemberian penghargaan kepada seorang pria di India yang belum memotong kukunya sejak tahun 1952.

Shridhar Chillal memecahkan rekor Guinness World Record karena memiliki kuku sepanjang 9 meter, yang belum dipotong dalam 62 tahun terakhir.

Tentu, kuku yang panjang membuat tugas-tugas sehari-hari menjadi lebih sulit (bahkan tidur sepanjang malam adalah masalah), tapi sekarang pria berusia 78 tahun itu memiliki sebuah plakat yang bagus untuk menunjukkan kelebihannya.

6. Robot Petarung

Bicara tentang pertempuran paling canggih tahun ini, maka tak akan lepas dari MegaBots. Sebuah startup robotika di Boston yang baru-baru ini menantang satu-satunya pesaing, Suidobashi Heavy Industry dari Jepang, untuk berduel.

MegaBots membangun robot raksasa yang dikemudikan manusia seperti dalam film-film robot dari Jepang. Robot setinggi 4,6 meter yang dinamakan Mark II akan bertarung dengan ciptaan Suidobashi bernama Kuratas yang memiliki tinggi 4 meter pada tahun 2016.

7. Makanan Ringan Berduri

Seekor ular di Afrika Selatan memilih makanan yang tidak biasa yang justru malah merenggut nyawanya. Ular jenis python sepanjang 3,9 meter menelan seluruh landak pada bulan Juni lalu. Makan seekor landak seharusnya bukan sebuah hal yang normal bagi ular di Lake Eland Game Reserve di KwaZulu-Natal, Afrika Selatan itu.

Tapi apa yang terjadi selanjutnya benar-benar mengejutkan. Python tersebut tewas saat sedang mencerna santapannya. Petugas taman memperkirakan python itu jatuh dari langkan berbatu saat mencerna landak tersebut.

Saat tubuhnya terhempas di tanah, duri-duri landak kemungkinan menembus saluran pencernaan python dan menyebabkannya tewas.

8. Hujan Laba-laba

Pada bulan Mei, penduduk barat daya Australia memiliki cuaca yang tidak biasa. Jutaan laba-laba kecil " menghujani" wilayah New South Wales dan melingkupi tanah dengan jaring lengket mereka.

" Hujan laba-laba" atau " rambut malaikat" , terjadi ketika laba-laba menunjukkan perilaku yang dikenal sebagai ballooning sebagai cara untuk berpindah lokasi memanfaatkan angin.

Biasanya, ballooning terjadi tanpa disadari oleh kebanyakan manusia. Tapi kadang-kadang, kondisi cuaca mencegah laba-laba melakukan ballooning selama berminggu-minggu. Ketika cuaca buruk pergi, jutaan laba-laba akan ballooning sekaligus sehingga muncullah apa yang disebut hujan laba-laba.

9. Simulasi Zombie

Sebuah pertanyaan yang sangat penting dijawab pada tahun 2015: Di mana wargaAmerika harus bersembunyi jika terjadi kiamat zombie? Para peneliti dari Cornell University di Ithaca, New York, melakukan simulasi komputer skala penuh untuk menentukan bagaimana " wabah zombie" akan menyebar melalui Amerika Serikat.

Para ilmuwan menemukan bahwa tempat terbaik untuk lari ketika semua tetangga Anda berubah menjadi monster pemakan daging adalah Rocky Mountains, suatu daerah yang sulit diakses dan jarang penduduknya. Tempat terburuk untuk bersembunyi ketika wabah zombie muncul adalah kota, setiap kota, kata para peneliti.

10. Robot Hotel

Tahun ini, pengembang di Jepang mengumumkan pembukaan jenis layanan unik dari hotel. The Henn-na Hotel, yang diterjemahkan menjadi " hotel aneh" , dikelola hampir seluruhnya oleh robot. Mulai dari petugas resepsionis, pelayan, staf cleaning service dan staf laundry semuanya adalah robot yang bisa berbicara. Pembantu humanoid ini " bekerja" di hotel di luar Huis Ten Bosch, sebuah taman bermain di Nagasaki yang desainnya mengambil ciri khas kota Belanda.

(Ism, Sumber: livescience.com)

Beri Komentar