4 Destinasi Wisata Syariah Paling Populer

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 29 September 2015 11:15
4 Destinasi Wisata Syariah Paling Populer
Seorang tokoh Islam ternama Imam Al Bukhori diketahui dikuburkan di Uzbekistan.

Dream - Wisata bernuansa keagaman menjadi populer di kalangan para wisatawan beberapa tahun belakangan. Tidak sekadar menyediakan destinasi Islami, beberapa negara juga menyasar kuliner dan hotel halal.

Selain negara-negara Timur Tengah, kini pasar pariwisata Asia juga tengah disemarakan dengan kesiapan menyajikan wisata halal atau friendly tourism. Indonesia sebagai negara yang berpenduduk mayoritas muslim juga mulai melirik pasar wisata religi sebagai peluang besar.

" Wisata syariah kita masih kalah dengan Thailand. Padahal penduduk muslim kita lebih banyak dibanding kedua negara tersebut," tutur menteri Pariwisata Arief Yahya.

Masjid dengan arsitektur unik, kuliner lezat, pusat fesyen atau situs-situs peninggalan sejarah Islam, banyak menarik kunjungan wisatawan dari negara berpenduduk muslim. Seperti di bawah ini ada beberapa destinasi wisata religi yang mulai ramai dikunjungi wisatawan mancanegara, di antaranya:

1. Tiongkok


Di negara Tiongkok yang terkenal dengan wisata tembok besar China ini, juga menyimpan pesona wisata untuk umat muslim. Salah satunya yaitu, keindahan Niujie Mosque yang merupakan pusat komunitas muslim beijing dengan jumlah mencapai 200 ribu jiwa.

Arsitekturnya didesain sangat unik dengan menggabungkan desain bangunan khas Tiongkok dan Islam. Masjid terbesar di Beijing ini juga menjadi titik awal masuknya Islam di daratan Tiongkok.

2. Thailand


Pattaya Floating Market menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Thailand. Tapi ada juga perkampungan muslim bernama  Koh Panyee yang cukup unik. Rumah-rumah panggung berjejal terapung di antara pulau-pulau kapur yang menjulang di Teluk Phang Nga, Thailand bagian selatan.

Menurut sejarah, kampung apung ini dibangun dua nelayan asal pulau Jawa. Sehingga mayoritas penduduknya bergama muslim. Kampung ini memiliki berbagai fasilitas umum yang juga terapung seperti masjid dan lapangan sepak bola yang menarik untuk dikunjungi.

3.Uzbekistan


Di salah satu daerah di Uzbekistan yang bernama Bukhara, pernah hidup ulama nomor satu di bidang hadist. Seorang tokoh Islam ternama Imam Al Bukhori diketahui dikuburkan di negara itu. 
Kemudian keberadaan makam Imam Al Bukhori mengundang rasa penasaran dari seluruh umat muslim di seluruh dunia. Menjadikan negara ini sebagai salah satu negara yang selalu dikunjungi pelancong muslim.

4.Turki

Konya menjadi salah satu tempat wisata religi di turki. Dimana terdapat makam seorang punyair yang melahirkan tarian khas turki yang terkenal di seluruh dunia.

Makam penyair yang di kenal Jalaluddin Jumi ini terletak di sebuah area Melvana Museum. Yang menarik tempat ini ialah ciri bangunannya yang mempunyai ciri khas sederha, elegan, akan tetapi memiliki kerumitan di beberapa sisinya.

Beri Komentar