Diberi Gelar Doktor, Raja Saudi Renovasi Masjid Al Azhar

Reporter : Eko Huda S
Sabtu, 20 September 2014 09:09
Diberi Gelar Doktor, Raja Saudi Renovasi Masjid Al Azhar
Tak hanya sebagai ungkapan terima kasih. Bantuan renovasi itu diberikan karena selama ini Al Azhar telah mendorong penyebaran paham Islam moderat.

Dream - Kepala Intelijen Arab Saudi, Pangeran Khaled bin Bandar, akan membantu renovasi Masjid Al Azhar di Kairo, Mesir. Penguasa Saudi, Raja Abdullah telah memberikan instruksi kepada jajarannya untuk proses pemberian bantuan.

“ Saya telah menyerahkan pesan Raja Abdullah untuk kepala Al Azhar, Ahmed Al Tayeb, mengungkapkan rasa terima kasihnya untuk Al Azhar dan berterima kasih kepada pihak berwenang yang telah memberinya gelar Doktor Kehormatan," kata Bandar di kutip Dream dari Arab News, Sabtu 20 September 2014.

Tak hanya sebagai ungkapan terima kasih. Bantuan renovasi itu diberikan karena selama ini Al Azhar telah mendorong penyebaran paham Islam moderat. Tak hanya di jazirah Arab, namun juga di seluruh penjuru dunia.

Masjid Al Azhar memang cukup bersejarah. Masjid itu telah berusia 1.000 tahun itu memiliki peran penting dalam syiar Islam. Akademisi-skademisi yang dilahirkan Al Azhar telah menyebar ke berbagai negara. Sehingga, jaringan intelektual Muslim lembaga ini sangatlah luas.

Sejumlah negara juga memberikan penghormatan untuk Al Azhar, atas upayanya memerangi paham kelompok ISIS yang dianggap radikal. Memang, beberapa waktu lalu ulama Al Azhar menyatakan ISIS sebagai kelompok kriminal yang mencoreng wajah Islam. (Ism)

Beri Komentar