Keunikan Masjid Rancangan Walikota Bandung Diakui Dunia

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 24 Juni 2014 12:02
Keunikan Masjid Rancangan Walikota Bandung Diakui Dunia
Mendapatkan penghargaan "The Best 5 World Building of The Year 2011", sebagai salah satu desain terbaik tempat beribadah di dunia.

Dream - Bentuknya unik serta berbeda dari kebanyakan Masjid yang ada di Indonesia. Sekilas hanya seperti kubus besar, tanpa ada kubah. Dari luar terlihat garis-garis hitam di sekujur dinding Masjid.

Ya, itu adalah rupa Masjid Al-Irsyad. Desainnya memang dirancang mirip Kabah. Warna dasarnya abu-abu, penataan batu bata (concrete block) pada keseluruhan dinding terlihat sangat mengagumkan, membentuk kaligrafi tiga dimensi kalimat As-Syahadah.

Masjid ini diarsiteki langsung Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Pembangunan masjid yang menelam biaya sekitar Rp7 miliar itu dimulai sejak 7 September 2009 dan rampung pada Agustus 2010.

Mempunyai luas 1.871 meter persegi, Masjid ini hanya memiliki tiga warna yaitu putih, hitam dan abu-abu. Di bagian interior, terpasang 99 lampu sebagai simbol 99 nama-nama Allah atau Asmaul Husna. Masing-masing lampu yang berbentuk kotak itu memiliki sebuah tulisan nama Allah.

Masjid Al-Irsyad tidak memiliki tiang atau pilar di tengah untuk menopang atap, sehingga terasa begitu luas. Hanya empat sisi dinding yang menjadi pembatas sekaligus penopang atapnya. Masjid ini mampu menampung sekitar 1.500 jamaah.

Di bagian mimbar sengaja tanpa dinding, untuk menggambarkan bahwa setiap makhluk yang salat dia akan menghadap Allah. Lansekap dan ruang terbuka, sengaja dirancang berbentuk garis-garis melingkar yang mengelilingi bangunan masjid--terinspirasi dari konsep tawaf yang mengelilingi Kabah.

Maka tak heran kalau bangunan ini langsung mendapatkan penghargaan " The Best 5 World Building of The Year 2011" , sebagai salah satu desain terbaik tempat beribadah di dunia dari lima tempat ibadah yang ada di dunia.

Masjid yang berada di kota Baru Parahyangan, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat ini menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan Al Irsyad Satya Islamic School (berafiliasi dengan Madrasah Al-Irsyad Al-Islamiyah of Singapore).

(Berbagai sumber)

Beri Komentar