Potensi Besar, Kemenpar Targetkan 12 Juta Wisman di 2016

Reporter : Ramdania
Kamis, 31 Desember 2015 11:32
Potensi Besar, Kemenpar Targetkan 12 Juta Wisman di 2016
Setiap tahun, Kementerian Pariwisata terus meningkatkan target wisatawan mancanegara (wisman). Untuk tahun 2016, kementerian targetkan 12 juta wisman bertandang ke tanah air.

Dream - Potensi pariwisata Indonesia yang demikian besar membuat sektor ini terus digenjot untuk menaikan devisa negara. Pada 2016 mendatang, kementerian yang dipimpin Arief Yahya ini telah mentapkan target untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 12 juta kunjungan dengan jumlah devisa sebesar Rp 172 triliun.

Sedangkan, untuk jumlah kunjungan wisatawan nusantara ditargetkan pada kisaran 260 perjalanan. Dengan proyeksi pembelanjaan sekitar Rp 223,6 triliun. Lalu dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru yang dapat menyerap 11,7 juta tenaga kerja.

Demi mewujudkan hal itu, kemenpar telah menyiapkan sejumlah strategi pemasaran. Terutama penguatan branding mengenai 'Wonderful Indonesia' di negara-negara yang dilirik menjadi pasar utama.

Selain itu, kegiatan semacam advertising dan selling yang melibatkan pelaku bisnis pariwisata akan semakin ditingkatkan. Ditambah dengan penyelenggaraan familiarization trip dengan mengundang pemangku kepentingan pariwisata dunia untuk mengunjunhi destinasi wisata Indonesia.

" Kita undang tour operator, media cetak dan elektronik, penggiat sosmed dan bloger ke Indonesia dalam rangka seeing is beliving," ungkap Arief Yahya yang dijumpai di gedung Sapta Pesona Jakarta, pada Rabu 30 Desember 2015.

Selanjutnya kemenpar telah mempersiapkan pula 28 standard pariwisata. Serta menyiapkan 1.500 auditor standard pariwisata.

" Pariwisata sejak jauh hari telah mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA terutama dalam menyiapkan SDM untuk bidang hotel dan restoran, spa biro perjalanan wisata, tour leader, tata boga, MICE, arung jeram dan selam," tandasnya.

Laporan Ratih Wulan Pinandu

Beri Komentar