Virus Covid-19 Terus Bermutasi, Terapkan 4 Langkah Simpel Tingkatkan Imunitas Tubuh

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Selasa, 1 Maret 2022 13:34
Virus Covid-19 Terus Bermutasi, Terapkan 4 Langkah Simpel Tingkatkan Imunitas Tubuh
Imunitas tubuh yang kuat menjadi benteng pertahanan diri agar terhindar dari ancaman virus Covid-19

Dream - Pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama dua tahun. Namun pandemi belum menunjukkan akan berakhir karena virus corona terus bermutasi.

Saat ini, Indonesia sedang menghadapi gelombang ke tiga virus Covid-19 dengan berkembangnya varian omicron. Walaupun gejala varian omicron secara umum seperti demam, batuk, flu, dan sakit tenggorokan dikatakan tidak separah varian sebelumnya, namun penyebarannya sangat cepat.

Tentunya hal ini cukup mengancam orang lanjut usia, orang yang belum divaksinasi serta orang-orang yang memiliki penyakit penyerta dengan potensi penyakit berat.

Terbukti dari data kasus harian Covid-19 yang masih naik turun di angka 57 ribu, dengan angka kematian harian di Indonesia masih berada di urutan ke-lima tertinggi di Asia per 24 Februari 2022.

Menjaga imunitas tubuh menjadi kunci penting untuk terus sehat di masa pandemi. Karena sistem imun yang diproduksi dalam tubuh memiliki sistem kekebalan yang bisa menjadi benteng pertahanan diri agar terhindari dari ancaman virus dan bakteri.

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Selama masa pandemi masih berlangsung, masyarakat tetap perlu konsisten dalam menjalankan protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh. Sistem imunitas didesain untuk mengenal dan menghancurkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh manusia termasuk bakteri dan virus," jelas Dokter Spesialis Gizi Klinik, Marya Haryono, pada konferensi virtual Jaga Imunitas Tubuh dengan Susu, Jumat 25 Februari 2022.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap terjaga dari virus Corona. Simak beberapa cara yang dibagikan dr. Marya untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

1 dari 5 halaman

1. Nutrisi yang Menunjang Imunitas Tubuh

Sistem imunitas merupakan proses yang kompleks dalam tubuh kita sampai tingkat sel. Untuk menunjang kerja sistem imunitas tubuh hingga ke tingkat sel diperlukan kualitas kesehatan yang baik termasuk dari nutrisi.

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh tetap optimal adalah dengan melakukan gaya hidup sehat aktif dan mengonsumsi asupan nutrisi alami yang lengkap makronutrisi dan mikronitrisi yang meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan zink serta mineral," tambah Marya.

 

 

2 dari 5 halaman

2. Asupan Vitamin

Tubuh membutuhkan asupan vitamin secara alami maupun suplemen. Beragam vitamin dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk memerangi bakteri dan virus yang datang.

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Vitamin B12, D, A, E dan C yang berperan penting dalam memaksimalkan fungsi imunitas tubuh. Asupan vitamin tersebut berperan penting dalam dalam menjaga sistem imun, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan," tambah Marya.

3 dari 5 halaman

3. Olahraga dan Istirahat Cukup

Nutrisi dan asupan yang sudah terpenuhi harus diimbangi dengan aktivitas fisik yang dapat menunjang imunitas tubuh. Untuk itu, berolahraga penting dilakukan sejak usia muda.

Setelah beraktivitas seharian, jangan lupa untuk beristirahat cukup. Karena saat tidur tubuh mengalami regenerasi yang sangat penting untuk menunjang imunitas tubuh.

Pastikan tidur cukup hingga 8 jam agar setiap sel maksimal menjalankan fungsinya.

4 dari 5 halaman

4. Penuhi Kebutuhan Harian dengan Tambahan dari Susu

Jika nutrisi pada makanan harian belum mencukupi kebutuhan, maka pilihlah susu yang mengandung serat dan cairan untuk mendukung asupan harian

" Beberapa sumber asupan kita sehari-hari bisa melengkapi kebutuhan ini seperti yang terkandung dalam susu. Susu merupakan salah satu sumber protein yang baik yang bisa memaksimalkan kerja sistem imun dalam melawan berbagai infeksi, susu juga mengandung Zink atau seng yang dapat mendukung respons sistem imun tubuh dalam melawan virus atau bakteri," tambah dr. Marya.

Sejalan dengan ini, Anlene menghadirkan susu dengan kandungan protein, kalsium tinggi, vitamin B6, dan kolagen, juga diperkaya dengan Zink, Vitamin E dan C (HI ZEnC) di Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X.

" Kandungn HI ZEnC sangat berpengaruh terhadap fungsi normal sistem imun tubuh dalam mencegah ataupun membantu penyembuhan terhadap penyakit menular seperti infeksi virus dan bakteri patogen dan tidak menular seperti degeneratif, diabetes, darah tinggi, osteoporosis, osteoarthritis serta mempercepat pemulihan,” jelas Scientific and Nutrition Fonterra Brands Indonesia, Haryadi Raharjo pada kesempatan yang sama. 

5 dari 5 halaman

Fungsi Zinc, Vitamin E dan Vitamin C

Zinc, vitamin E dan vitamin C yang tergabung pada HI ZEnC cukup untuk mendukung tubuh agar memiliki sistem imun tubuh yang baik.

Zinc atau zat besi berfungsi untuk perkembangan sel-sel imun, dan antioksidan dalam melindungi sel-sel imun. Sedangkan Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan kuat, melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, dan anti-inflamasi, serta mengatur masuknya leukosit ke tempat terjadinya infeksin dan inflamasi.

Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Tangkapan Layar Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Sementara Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan kuat, melindungi sel-sel tubuh termasuk sel-sel imun dari radikal bebas yang dibebaskan saat proses melawan virus dan bakteri patogen atau tekanan oksidatif lainnya, dan mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan produksi kolagen," tambah Haryadi Raharjo.

Beri Komentar