5 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Kamis, 8 Agustus 2019 19:16
5 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Mengonsumsi Makanan Ini
Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakt yang kerap dijumpai. Nah, berikut informasi mengenai cara menutunkan darah tinggi dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini.

Dream – Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa berakibat fatal bagi kesehatan seseorang. Bahkan, tidak jarang pula tingginya tekanan darah pada seseorang bisa mengakibatkan kematian.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu kondisi, adanya peningkatan pada tekanan darah di dinding arteri hingga mencapai batas kronis.

Batas kronis berbeda-beda tergantung dengan usia seseorang. Namun pada umumnya dikatakan sebagai hipertensi, jika tekanan darah telah melebihi dari 140/90 mmHG (millimeter raksa).

Lantas, tahukah kalian apa penyebabnya?

Penyebab munculnya tekanan darah tinggi pada seseorang paling sering disebabkan oleh faktor keturunan serta gaya hidup.

5 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Mengonsumsi Makanan Ini© MEN

(Foto: pixabay.com)

 

Meskipun sering dianggap remeh, hipertensi yang tidak segera diatasi bisa menimbulkan berbagai penyakit terutama penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Mengonsumsi berbagai jenis obat saja tidak cukup untuk bisa mengatasi tekanan darah tinggi ini. Kalian juga memerlukan perubahan terhadap pola hidup terutama dengan pola makan sehat.

Terdapat beberapa jenis makanan dan buah-buahan yang dipercaya sebagai salah satu cara menurunkan darah tinggi. Penasaran apa saja? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Darah Tinggi: Buah Bit

Sudah banyak penelitian yang dilakukan dan semuanya mengatakan bahwa cara menurunkan darah tinggi pada seseorang bisa dengan menggunakan buah bit.

Tidak hanya itu saja, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Notrition Journal pada tahun 2013 juga mengatakan hal yang sama.

Tim peneliti ini telah membuktikan, setelah 6 jam mengonsumsi jus buah bit muncul adanya penurunan tekanan darah sistolik.

Hal ini akan semakin terlihat pada penderita dengan jenis kelamin pria.

5 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Mengonsumsi Makanan Ini© pixabay.com


Mengapa demikian? Menurut professor emerita di Georgia State University, Christine Rosenbloom PhD, kandungan nitrat banyak sekali ditemukan pada buah bit.

Hal ini tentu saja akan melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa menurun secara signifikan. Bagi yang ingin mencobanya, kalian bisa mengonsumsinya sebagai minuman jus ataupun dimasak dengan matang.

2 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Darah Tinggi: Susu Skim

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Human Hypertension pada tahun 2012 menghasilkan, susu skim bisa masuk ke dalam salah satu cara menurunkan darah tinggi.

Menurut tim peneliti ini, adanya sebuah hubungan antara mengonsumsi susu skim dengan penurunan kadar resiko tekanan darah tinggi. Susu skim sendiri merupakan susu rendah lemak.

5 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Mengonsumsi Makanan Ini© pixabay.com


Mengapa demikian? Susu skim mengandung kalsium yang sangat tinggi. Kalsium ini dapat membantu seseorang untuk menurunkan tekanan darah tingginya.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, susu skim juga memiliki knadungan lemak yang sangat rendah sehingga akan aman jika dikonsumsi oleh para penderita.

3 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Darah Tinggi: Ikan Mengandung Omega-3

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal, mengatakan bahwa dengan mengonsumsi ikan berlemak seperti ikan salmon seminggu tiga kali mampu untuk menurunkan tekanan darah diastolik seseorang.

Tidak tanggung-tanggung, menurut mereka penurunan tersebut mampu bertahan selama lebih dari delapan minggu.

5 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Mengonsumsi Makanan Ini© pixabay.com


Tidak hanya itu, beberapa penelitian lainnya juga mengatakan ikan yang memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi mampu untuk memberikan efek penurunan tekanan darah

seseorang. Selain ikan salmon, terdapat bebrapa jenis ikan lainnya yang juga bisa menurunkan darah tinggi seperti ikan trout, ikan mackerel, ikan tuna dan ikan sarden.

Tidak hanya mengandung omega-3 saja, ikan-ikan ini apalagi ikan trout memiliki kandungan vitamin D yang sangat tinggi.

4 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Darah Tinggi: Dark Chocolate

Cara menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah dengan mengonsumsi dark chocolate. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh BMC Medicine pada tahun 2010, mengatakan pasien penderita darah tinggi dianjurkan untuk mengonsumsi dark chocolate.

Hal teresbut disebabkan karena dark chocolate mampu untuk membantu dalam proses penurunan tekanan darah pada seseorang.

5 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Mengonsumsi Makanan Ini© pixabay.com


Kandungan flavonoid yang sangat tinggi di dalam dark chocolate dipercaya mampu untuk menurunkan tenakan darah tinggi.

Flavonoid sangat berhubungan dengan adanya pembentukan oksida nitrat di dalam tubuh. Dengan adanya kondisi itu membuat pembuluh darah menjadi melebar sehingga dapat memperlancar aliran darah.

Seperti yang dikatakan oleh penelitian lain, kondisi tersebut akan mengahasilkan penurunan tekanan darah para seseorang.

5 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Darah Tinggi: Yogurt

Salah satu penyebab seseorang terkena tekanan darah tinggi adalah kurangnya konsumsi kalsium. Salah satu makanan yang mengandung kalisum sangat tinggi adalah yogurt.

Selain digunakan untuk memperlancar sistem pencernaan, ternyata yogurt juga menjadi salah satu cara menurunkan darah tinggi yang efektif. 

Di setiap 170 gram yogurt akan mengandung 300 mg kalsium. Dengan mengonsumsinya membuat kebutuhan akan kalsium akan terpenuhi setidaknya hampir 1/3 nya.

5 Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Mengonsumsi Makanan Ini© pixabay.com


Tidak perlu khawatit, yogurt memiliki kandungan natrium yang sangat rendah sehingga akan aman dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

Dalam bebebrapa penelitian disebutkan, yogurt juga mengandung protein probiotik yang sangat tinggi. Probiotik ini sendiri akan membantu mengoptimalkan penurunan darah tinggi yang sedang terjadi. (ism, Sumber: hellosehat)

Beri Komentar