9 Manfaat Minum Teh bagi Kesehatan yang Mungkin Jarang Diketahui

Reporter : Sugiono
Kamis, 8 Agustus 2019 11:48
9 Manfaat Minum Teh bagi Kesehatan yang Mungkin Jarang Diketahui
Katekin dalam daun teh mampu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan.

Dream - Siapa yang tak kenal dengan minuman teh? Hampir semua orang sangat menyukai minuman seduh menggunakan daun teh ini.

Selain itu, sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa minuman teh memiliki manfaat bagi kesehatan.

Namun, orang-orang lebih suka minum teh memakai gula agar rasanya manis. Padahal, minum teh tanpa pemanis jauh lebih menyehatkan.

" Teh berasal dari tanaman Camellia sinensis, yang mengandung antioksidan yang dikenal sebagai katekin. Kandungan katekin yang paling penting disebut dengan epigallocatechin gallate (EGCG)," kata Anthony Kouri, MD, seorang ahli bedah ortopedi di Toledo, Ohio.

Kouri menambahkan EGCG dalam daun teh mampu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan.

Menurut Kouri, itu adalah sebagian kecil dari manfaat minum teh bagi kesehatan yang ternyata banyak sekali.

Dikutip dari Reader's Digest, berikut adalah 9 manfaat minum teh bagi kesehatan yang mungkin jarang kamu ketahui.

1 dari 9 halaman

1. Menurunkan risiko kanker tertentu

Antioksidan dan senyawa yang ditemukan dalam teh telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker tertentu. " Manfaat minum teh ditemukan pada penderita kanker kulit, prostat, paru-paru, dan payudara," kata Uma Naidoo, MD, Direktur Nutrisi dan Psikiatri Gaya Hidup di Rumah Sakit Umum dan Fakultas Massachusetts di Harvard Medical School.

" Berbagai jenis teh memiliki manfaat pada kanker yang berbeda." Minum teh hanyalah salah satu cara sederhana untuk mencegah kanker.

2 dari 9 halaman

2. Menjaga kesehatan kulit

Minum teh hitam secara teratur dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker kulit. Menariknya, cara menyiapkannya akan memiliki dampak yang berbeda-beda.

" Teh hitam panas bermanfaat untuk skuamosa karsinoma pada kulit," kata Dr. Naidoo.

Teh panas lebih bermanfaat daripada yang sudah diberi es. Waktu mengaduknya bisa memiliki pengaruh yang berbeda.

3 dari 9 halaman

3. Menurunkan risiko diabetes

Minum teh hitam setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Teh hitam membantu mengendalikan gula darah setelah makan.

Menurut sebuah penelitian di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, teh hitam dapat menurunkan gula darah setelah mengonsumsi makanan yang mengandung sukrosa.

4 dari 9 halaman

4. Memperkuat gigi

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Oral and Maxillofacial Pathology, teh hijau memiliki efek antibakteri yang dapat mengurangi bakteri pembentuk rongga di mulut.

Minum teh hijau setiap hari juga bisa mencegah gigi berlubang menjadi bertambah parah.

5 dari 9 halaman

5. Menurut risiko serangan jantung

Khasiat antiinflamasi pada teh dapat membuat pembuluh darah jadi rileks dan jernih. Sehingga mengurangi tekanan pada jantung.

" Katekin mengurangi peradangan sehingga menghambat pembentukan plak di arteri vital,” kata Dr. Kouri.

Sementara itu Naidoo merekomendasikan minum tiga cangkir teh hitam per hari untuk menguatkan jantung.

6 dari 9 halaman

6. Menurunkan risiko Alzheimer

Didiagnosis menderita penyakit Alzheimer memang menakutkan. Karena itu penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan dini dan melakukan apa pun untuk mencegahnya.

" Teh hijau dapat membantu melawan resistensi terhadap stres, yang berpotensi menimbulkan penyakit Alzheimer," kata Dr. Naidoo.

" Polifenol dalam teh bisa melindungi sel otak dari kerusakan," tambahnya.

7 dari 9 halaman

7. Memperbaiki kualitas tidur

Jika susah tidur malam, cobalah bersantai sambil minum teh sebelum tidur. " Teh adalah obat dari Asia Timur yang dapat memperbaiki masalah insomnia," kata Dr. Naidoo.

Menurut sebuah penelitian di Integrative Medicine Research, minum teh dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan kualitas hidup pada mereka yang mengalami insomnia ringan hingga sedang.

8 dari 9 halaman

8. Memperbaiki konsentrasi

Jika kamu mengalami kesulitan dengan fokus atau konsentrasi, cobalah seduhan secangkir teh hangat tepat sebelum waktunya untuk bekerja. Kafein dalam teh dapat meningkatkan konsentrasi.

" Theanine adalah asam amino yang hanya ada di dalam teh," jelas Dr. Naidoo.

" Zat ini dapat meningkatkan konsentrasi dengan mengendurkan otak, tetapi mampu menstimulasi ketika saatnya untuk fokus."

9 dari 9 halaman

9. Mempercepat sistem metabolisme tubuh

" Kafein dalam teh membantu meningkatkan ketajaman mental serta meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak (hingga 100 kalori per hari)," kata Dr. Kouri.

Namun pastikan kamu tidak berlebihan soal kafein dalam teh ini. Satu cangkir teh hijau mengandung sekitar 40 miligram kafein, dan Dr. Kouri merekomendasikan untuk membatasi asupan kafein harian menjadi tidak lebih dari 300 hingga 400 miligram.

Beri Komentar