Insiden di Mandalika Picu Diplopia Marc Marquez Kambuh, Apa Itu?

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 23 Maret 2022 15:48
Insiden di Mandalika Picu Diplopia Marc Marquez Kambuh, Apa Itu?
Gangguan mata ini sudah dialami Marquez sejak 2021.

Dream - Pembalap muda asal Spanyol Marc Marquez kembali jadi bahasan hangat. Hal ini lantaran kondisi kesehatannya setelah mengalami insiden terpelanting dari motor saat uji coba sirkuit di Mandalika, beberapa waktu lalu.

Setelah kecelakaan tersebut, Marquez menjalani pemeriksaan medis. Hasilnya, ia mengalami gegar otak dan tak diperbolehkan bertanding karena membahayakannya nyawanya.

Sesampainya di Madrid, Spanyol Marquez kembali menjalani pemeriksaan medis dengan detail. Hasilnya, keluhan diplopia yang dialaminya juga kembali muncul. Gangguan mata tersebut memang sudah ada sejak November 2021 setelah insiden kecelakaan hebat yang juga dialaminya.

Benturan keras saat Marquez jatuh di Mandalika kembali memunculkan gejala tersebut. Lalu apa itu diplopia?

Diplopia, dikutip dari Sehatq merupakan gangguan penglihatan di mana seseorang akan melihat dua gambar dari objek yang sama padahal seharusnya hanya melihat satu. Kondisi medis ini membuat objek terlihat saling berdampingan, di atas satu sama lain atau bahkan keduanya.

Pasien Diplopia biasanya mengalami beberapa gejala. Antara lain satu atau kedua mata tidak sejajar, nyeri saat menggerakkan mata, nyeri di sekitar area mata, seperti alis atau pelipis, mata lemah, kelopak mata turun, sakit kepala, migrain, pusing, hilang keseimbangan, mual.

 

1 dari 4 halaman

Diplopia Monokular dan Binokular

Kondisi diplopia secara umum terbagi dua, yaitu monokular dan binokular. Pada pasien yang mengalami diplopia monokular, penglihatan ganda muncul saat salah satu mata ditutup atau terjadi pada satu mata. Biasa terjadi pada penderita astigmatisma, gangguan lengkung kornea, penderita katarak, dislokasi lensa mata, gangguan produksi air mata dan beberapa gangguan pada retina.

Sementara pasien diplopia binokular, penderita akan melihat objek ganda dengan kedua mata dan kemudian objek menghilang apabila salah satu mata ditutup. Pada diplopia jenis ini, pergerakan otot bola mata juga terganggu sehingga sudut kedua mata tidak sinkron (bisa juga merupakan tahap awal mata juling). Penyebabnya yaitu kerusakan saraf otot bola mata karena stroke, diabetes, cedera kepala, tumor otak dan infeksi otak.

MArc Marquez© Instagram

Marquez saat ini masih dalam pemulihan. Kondisinya kesehatannya dipantau oleh tim dokter khusus, baik dokter syaraf, maupun dokter mata. Ia juga sempat membagikan momen setelah dirinya jalani pemeriksaan dengan dokter matanya di Instagram @marcmarquez93.

2 dari 4 halaman

Viral! Netizen Pergoki Motor yang Bonceng Marc Marquez di Sirkuit Mandalika Pelatnya Mati

Dream - Gelaran MotoGP di Mandalika yang menorehkan juara Miguel Oliviera asal Portugal memang telah berakhir. Namun seri balapan kelas utama Grand Prix ini menuai banyak cerita menarik di baliknya.

Salah satunya di momen ketika pembalap Marc Marquez dinyatakan tak bisa ikut dalam balapan setelah mengalami kecelakaan hebat di tikungan tujuh pada menit akhir sesi pemanasan MotoGP.

© Dream

Usai jatuh dari motor, ketika hendak kembali ke paddock, Marquez dibonceng sepeda motor yang membuat banyak warganet salah fokus, karena nomor polisi yang sudah habis alias pelat mati.

Lantas momen ini menjadi viral dengan berbagai warganet yang membagikan detik-detik ketika Marquez dibawa ke paddock, dengan motor tersebut.

3 dari 4 halaman

Pajak Mati Sejak Februari 2021

Dalam sebuah video yang dibagikan warga Twitter @Rivo1014, Marquez masih sempat berjalan setelah terlempar dari motornya. Ia berjalan didampingi timnya.

“ jatuh..! dan berusaha untuk bangkit lagi, perjuangan yang kerass,” tulis akun Twitter @Rivo1014.

 

Lalu tidak lama setelah itu, seorang pria datang menjemput Marquez dengan membawa motor, pembalap berjuluk The Baby Alien ini langsung memboncengnya.

Namun kejelian warganet menangkap sisi lain dari momen ini, yaitu motornya telah habis pajak. Motor berplat DK itu ternyata sudah mati pajak sejak Februari 2021u.

“ Marc Marquez crash is indeed painful to watch, but there is one thing that makes +62 citizens not focused on it. The motorcycle tax is dead for a year! What a shame,” tulis akun Twitter @NHlala31.

 

4 dari 4 halaman

Berbagai tanggapan pun datang dari warganet, akun Instagram @insta_julid yang juga sempat membagikan video ini ramai dengan komentarnya. Ada yang memandang ini sebagai kelucuan MotoGP di Mandalika, hingga ledekan diburu Dirjen Pajak.

Marc Marquez Dibonceng Motor Pelat Mati© (Foto: Twitter @Rivo1014)

“ Cuma di indonesia banyak sekali kejadian2 unik nan lucu😂😂 netizennya pun merhatiin aje lagi😂😂,” tulis warganet.

“ Langsung diburu akun dirjen pajak,” tulis warganet.

“ Indonesia punya banyak yang cerita ❤️🔥😂,” tulis warganet.

“ Wwkwkwk netizen detail bgt yakkk, gw aja cuma fokus sama yg lgi di boncengin…” tulis warganet.

“ Wah langsung dilaminating tuh motor tempelin tembok dengan judul pernah mboncengin orang keren 👏,” tulis warganet.

 

Beri Komentar